5 Bahan Alami yang Tidak Bisa Digunakan Sebagai Scrub

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 26 Mei 2020 11:12
5 Bahan Alami yang Tidak Bisa Digunakan Sebagai Scrub
Wajahmu bisa iritasi.

Dream - Perawatan kulit menggunakan bahan alami diklaim lebih aman dan minim efek samping. Namun, tidak semua bahan alami bisa digunakan untuk merawat kulit.

Di antaranya justru dapat membahayakan kesehatan kulit ketika dijadikan scrub. Sehingga, kita juga harus berhati-hati dalam memilih bahan alami untuk perawatan kecantikan.

Dilansir Miss Kyra, berikut bahan alami yang sebaiknya tidak digunakan untuk scrub kulit. 

Garam

 Garam© Pexels.com

Garam dan bahan dapur berbentuk bubuk seperti baking soda memiliki tekstur kasar yang dapat melukai kulit jika dijadikan scrub. Hindari bahan alami bertekstur kasar agar kulitmu tetap sehat.

1 dari 4 halaman

Gula

 Gula© Pexels.com

Sama seperti garam, gula bertekstur kasar dan dapat membuat kulit memerah. Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kulit, namun teksturnya yang kasar dapat menyebabkan peradangan dan mengganggu produksi melanin, sehingga kamu bisa mengalami hiperpigmentasi.

2 dari 4 halaman

Kulit Kacang

 Kacang Kulit© Pexels.com

Kulit kacang sangat tajam pada kulit, sehingga dapat menyebabkan luka ketika dijadikan scrub. Hindari mencampur bahan ini agar kulitmu tidak mengalami iritasi.

3 dari 4 halaman

Essential Oil

 Essential Oil© Shutterstock.com

Kandungan aroma yang mudah menguap pada essential oil dapat menyebabkan iritasi serta ruam. Menambahkan essential oil pada scrub akan memperparah kondisi kulit.

4 dari 4 halaman

Lemon

 Lemon© Shutterstock.com

Lemon merupakan buah yang memiliki kadar asam tinggi dan dapat membuat kulit kering serta meradang. Kulitmu pun akan lebih rentan terhadap paparan sinar matahari.

(Sumber: Miss Kyra)

Beri Komentar