5 Bahan Ampuh Atasi Kulit Dehidrasi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 29 November 2019 19:55
5 Bahan Ampuh Atasi Kulit Dehidrasi
Penting untuk semua jenis kulit.

Dream - Semua jenis kulit bisa mengalami dehidrasi, bahkan yang berminyak sekalipun. Pada kulit kering, dehidrasi ditandai dengan pengelupasan, kasar atau bersisik.

Sedangkan pada kulit berminyak, dehidrasi ditandai dengan produksi sebum berlebih yang dapat memicu beruntusan.

Jika merasa kulitmu dehidrasi, berikut beberapa tips mengatasinya yang dilansir oleh Miss Kyra.

Kunyit dan Minyak Kelapa

Kunyit dapat membantu mengurangi peradangan dan kulit kering. Sedangkan, minyak kelapa bermanfaat untuk melembapkan, menenangkan, dan menyegarkan kulit.

Tambahkan beberapa tetes minyak kelapa ke setengah mangkuk kunyit. Kamu bisa menambahkan minyak almond atau susu untuk membuat campurannya lebih kaya manfaat dan mempertahankan kelembapan kulit.

Gunakan Serum yang Melembapkan

Oleskan serum yang melembapkan kulit sebelum memakai pelembap. Pastikan serumnya mengandung asam hialuronat yang juga diproduksi secara alami oleh kulit, Memenuhi asupan yang dibutuhkan kulit dapat menjaga kesehatannya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat melembapkan kulit dalam waktu singkat. Bahan ini kaya akan asam lemak dan antioksidan yang dapat melembapkan kulit. Campurkan dengan pelembab atau scrub saat mengaplikasikannya.

Susu

Susu mengandung asam laktat yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan membantu menjaga kelembapan kulit. Coba gunakan susu ketika sedang mandi atau memakai lulur.

Madu

Madu memiliki sifat humektan, antioksidan dan antimikroba yang dapat melembapkan. Madu juga mengandung mineral dan vitamin yang penting untuk kulit. Gunakan madu pada kulit sebelum mandi dan lihat perbedaannya.

1 dari 6 halaman

Trik Menjaga Kesehatan Kulit di Cuaca Panas

Dream- Belakangan ini terik matahari terasa lebih menyengat dari bisasanya. Cuaca panas membawa pengaruh buruk bagi kulit. Seperti tubuh, kulit manusia juga bisa dehidrasi.

Kadar air pada kulit berperan penting dalam menjaga kelembapan dan regenerasi kolagen. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit terasa kering, berisisik hingga memicu tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput.

" Keep hydrate, jangan sampai kurang minum air. 2 liter per hari sudah paling minimum," ujar dr. Devina Nova Estikaratri, Head of Erha.DNA di Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

  summer

Sahabat Dream juga bisa menyemprotkan face mist agar kulit wajah tetap segar. Selain menjaga kadar air dari dalam, gunakan produk skincare untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan debu di cuaca panas.

2 dari 6 halaman

Perlindungan Kulit

Sunscreen merupakan produk yang tidak boleh Sahabat Dream lewati. Bukan hanya kulit wajah, seluruh tubuh harus terlindungi dari sinar matahari.

Gunakan sunblock atau body lotion yang mengandung SPF dan UV filter. " Di kawasan Asia, jumlah minimunnya 30 SPF. Jangan malas reapply," tegasnya.

  sunscreen

Sunscreen idealnya diaplikasikan kembali pada kulit setelah empat jam pemakaian. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan kembali sunscreen.

Di cuaca terik, jangan langsung mencuci wajah memakai air dingin usai berpanas-panasan. Perubahan yang terlalu mendadak dapat membuat kulit mengalami syok.

Aplikasikan sunscreen setelah wajah bersih. " Jangan lupa dipakai ke leher. Kadang wanita lupa memakai skincare di sana, akibatnya leher jadi bintik-bintik flek hitam," katanya.

3 dari 6 halaman

Keren, Pilih Skincare yang Pas Kini Bisa Lewat Tes DNA

Dream - Tren skincare yang semakin beragam membuat orang mudah tergiur untuk mencoba berbagai jenis produk perawatan. Banyak pilihan produk yang bisa dipilih untuk mengatasi masalah kulit.

Namun memilih skincare bisa dibilang susah-susah gampang. Setiap kulit manusia terdiri dari komponen genetik yang menghasilkan tipe kulit tertentu.

Dalam mengidentifikasi jenis kulit, biasanya menggunakan empat klasifikasi. Terdiri dari kering, berminyak, kombinasi dan sensitif.

" Padahal tipe kulit tidak cuma ada empat. Dari parameter tersebut, kita akan mendapatkan 16 turunan dari berbagai jenis kombinasi," ujar dr. Devina Nova Estikaratri, Head of Erha.DNA di Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

   dr. Devina Nova Estikaratri, Head of Erha.DNA

Salah memilih skincare dapat memicu reaksi yang sangat mengganggu seperti jerawat, beruntusan atau iritasi yang terjadi secara tidak wajar.

" Meski hal tersebut tak selalu menjadi tanda kamu salah memilih skincare, harus ada suatu pengukuran alat untuk mendeteksi kulit secara akurat," tuturnya.

4 dari 6 halaman

Alat Deteksi DNA Kulit

Guna menawarkan kemudahan dalam mengidentifikasi tipe kulit dan jenis skincare yang tepat, Erha meluncurkan DNA Smart Skin Solution berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI).

Perangkat ini terdiri dari tiga rangkaian sistem terpadu untuk membaca DNA kulit. Sistem pertama adalah Smart Assistant - Erha.DNA Mobil App, software pintar untuk membantu identifikasi jenis kulit, memantau perkembangan dan memberi informasi terkait kulit wajah.

  Moisture Tester dan Skin Lens

" Setelah itu nanti diarahkan untuk mendapatkan Smart Innovation - Erha.DNA Test Kit yang terdiri dari DNA Swab untuk membaca DNA, Moisture Tester untuk memantau kelembapan dan Skin Lens untuk memantau pori-pori," ujarnya.

Moisture Tester dan Skin Lens lalu dilakukan dengan cara menempelkan alat ke permukaan kulit. Sedangkan DNA Swab terdiri dari cotton bud yang dipakai untuk mengambil sample pipi bagian dalam.

" Setelah itu cotton bud harus langsung disimpan di dalam wadah yang tersedia. Hanya tinggal hubungi kurir untuk mengantar sample DNA agar dapat diperiksa di laboratorium dan mendapatkan hasil tes kulit," ungkapnya.

  Moisture Tester dan Skin Lens

Setelah mengidentifikasi jenis kulit, Sahabat Dream akan diarahkan ke sistem Smart Treatment - Erha.DNA Skincare Products berupa Cleanser, Day Cream, Sunscreen, Essence dan Night Cream yang telah disesuaikan dengan jenis kulit.

5 dari 6 halaman

Kandungan Wajib Skincare untuk Atasi Kulit Kering

Dream - Kulit wajah yang kering memang membutuhkan produk perawatan khusus. Pemakaian produk yang tidak tepat bisa memperparah kondisi kulit kering.

  Sering Diabaikan, 8 Hal Ini Pantang Dilakukan Setelah Facial

Kulit kering yang dibiarkan dapat memicu berbagai masalah, mulai dari jerawat sampai mempercepat timbulnya garis halus dan kerutan.

Oleh karena itu, Sahabat Dream butuh skincare dengan kandungan bahan spesifik. 

“ Kandungan yang memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit lebih lama, yaitu seperti shea butter dan glycerin,” ujar spesialis kecantikan, Kevin A Maharisdi acara peluncuran Bio-Oil Gel Kulit Kering, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu kemarin. 

Berikut merupakan kandungan terbaik skincare untuk mengatasi kulit kering:

PurCellin Oil

  skincare

Bahan ini mampu mengurangi kepekatan dalam suatu produk hingga terasa ringan dan mudah diserap kulit. Berfungsi juga sebagai emolien yang membuat kulit halus, lembut dan kenyal.

Niacinamide B3 

Zat ini merupakan bentuk sintetis dari vitamin B3 yang berfungsi untuk memperkuat ketahanan kelembapan dan meningkatkan elastisitas kulit.

6 dari 6 halaman

Shea Butter

  Shea Butter

Kandungan vitamin dan asam lemak alami pada shea butter membuatnya tidak hanya dapat menutrisi namun juga melembapkan kulit dengan baik.

Shea butter dapat melindungi minyak alami pada kulit sehingga cocok untuk Sahabat Dream yang memiliki kulit sangat kering hingga mengelupas.

Glycerin

Bahan aktif pada glycerin berfungsi mengurangi tingkat penguapan kelembapan dari permukaan kulit, mencegah kulit menjadi kusam dan bersisik.

(ism, Laporan: Alfi Salima Puteri)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone