5 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 27 Mei 2020 16:12
5 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami
Bibir terlihat merah alami, menjadi impian semua orang terutama wanita.

Dream - Bibir yang terlihat merah tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri. Namun juga pertanda kondisi bibir yang sehat. Bibir berpigmen gelap terkadang menjadi masalah yang akhirnya melunturkan rasa percaya diri kamu.

Namun kondisi bibir yang gelap bukan akhir dunia. Banyak trik dan tips bisa kamu praktikkan dengancara sederhana. Kamu dapat dengan mudah menjadikan bibir kembali lembut dan terlihat merah secara alami.

Ada banyak cara membuat bibir merah yang dapat dilakukan kamu lakukan tanpa perlu mengeluarkan kocek cukup dalam. Tidak harus menggunakan produk mahal, kamu dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kita. Kabar baiknya, waktu yang dibutuhkan untuk mencerahkan bibir secara alami juga bervariasi. Tergantung seberapa konsisten dalam mengaplikasikan bahan-bahan yang digunakan tersebut.

1 dari 6 halaman

Penyebab bibir terlihat gelap

Beberapa penyebab utama bibir terlihat gelap adalah paparan sinar matahari langsung, reaksi alergi, penggunaan kosmetik dalam jangka panjang, merokok secara berlebihan, asupan kafein yang tinggi dan ketidakseimbangan hormon.

Selain itu, bibir terlihat gelap juga dipicu karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Anemia juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab bibir kehilangan kecerahannya. Untuk itu, menjaga kesehatan tubuh dan menghindari faktor-faktor penyebabnya adalah satu kunci untuk membantu mengatasi bibir yang gelap.

Sudah banyak cara tentang bagaimana memerahkan bibir secara alami. Namun berikut dirangkum, 5 cara memerahkan bibir secara alami yang dilansir dari medium.com.

2 dari 6 halaman

Madu dan Gula

 Madu© Pixabay.com

Kamu dapat menggunakan campuran madu dan gula sebagai scrub alami. Scrub ini terasa lembut dibibir. Sehingga aman digunakan pada bibir. Selain itu, scrub gula sangat ampuh untuk menghilangkan sel-sel mati pada bibir. Dan dapat membuat bibir kamu terlihat lebih cerah.

Biasanya madu dapat dicampurkan dengan gula putih. Karena teksturnya yang berbatu. Namun, ternyata penggunaan gula merah sebagai bahan campuran madu juga bagus. Gula merah kaya akan antioksidan, yang dapat melindungi bibir dari paparan sinar ultraviolet. Asam glikolat yang terdapat pada gula merah juga bagus untuk melindungi bibir dari racun.

Sedangkan madu mengandung humektan alami. Hal tersebut sangat bagus untuk menjaga kelembapan bibir. Madu juga dapat membantu menjaga bibir saat dehidrasi. Selain itu, enzim yang terdapat pada madu juga membantu meringankan bibir , sehingga dapat terlihat lebih cerah.

Cara membuat:

Masukkan 1 sendok makan gula merah ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalamnya. Campur bahan-bahan secara menyeluruh. Oleskan scrub ke bibir dengan jari. Pijat ringan di bibir selama 1 menit.

Pijatan tidak hanya membantu pengelupasan kulit, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah di bibir. Menjadikannya lebih sehat dan lebih ringan seiring waktu. Biarkan scrub di bibir selama beberapa menit sebelum mencucinya dengan air biasa. 

Lakukan hal ini 2-3 kali seminggu. Lakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

3 dari 6 halaman

Biji Delima dan Susu

 Delima© Pixabay.com

Biji delima juga ampuh untuk mencerahkan bibir. Kandungan punicalagin yang terdapat dalam biji delima, mampu mencegah produksi melanin dan mencegah bibir terlihat lebih gelap saat terkena sinar matahari.

Cara membuat:

Ambil segenggam biji delima dan haluskan. Campur biji delima halus dengan krim susu. Oleskan campuran ini ke bibir. Biarkan mengering selama sekitar 15 menit. Cuci bersih dengan air dingin.

Lakukan setiap hari selama 1 bulan. Dan kamu dapat melihat hasilnya.

4 dari 6 halaman

Rasberri, Lidah Buaya dan Madu

 Rasberry© Pixabay.com

Buah berri mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga bibir tetap sehat. Baik rasberi atau atau strawberi, sangat bagus untuk menjaga bibir yang terlihat gelap menjadi lebih cerah. 

Madu menjadi bahan yang sangat baik untuk membantu melembutkan dan mencerahkan bibir. 

Sedangkan lidah buaya, baik untuk mencegah bibir pecah-pecah dan membantu menjaga bibir dari paparan sinar matahari. Lidah buaya juga dapat membantu merasangang tumbuh sel-sel kulit baru pada bibir.

Cara membuat:

Campurkan sedikit rasberi, madu dan lidah buaya. Haluskan dan kemudian oleskan secara merata pada bibir. Biarkan selama sekitar 20 menit sebelum membersihkannya. Cuci dengan air dingin dan keringkan.

5 dari 6 halaman

Lemon dan Minyak Almond

 Lemon dan Minyak Almond© Pixabay.com

Lemon adalah salah satu buah-buahan yang sangat baik untuk mencerahkan kulit. Lemon banyak digunakan untuk menghilangkan kerusakan akibat paparan sinar matahari pada bibir. 

Selain itu, minyak almond sangat baik untuk melembabkan bibir. Minyak almond dapat membantu meratakan kecerahan bibir secara alami.

Cara membuat:

Peras ½ buah lemon kemudian campurkan pada 1 sdm minyak almond. Campur secara merata. Kemudia oleskan pada bibir. Untuk mendapatkan hasil maksimal, diamkan campuran dibibir selama semalam.

Lakukan secara konsisten setiap malam selama 3-4 minggu. Untuk dapat melihat hasil yang signifikan.  

6 dari 6 halaman

Lemon dan Gula

 Lemon© Pexels.com

Lemon sangat baik digunakan untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Asam sitrat dalam lemon juga berfungsi untuk membantu meringakan warna gelap dibibir. Sehingga bibir dapat terlihat lebih merah alami.

Namun yang perlu diperhatikan adalah kandungan asam pada lemon tidak selalu dapat digunakan pada semua jenis kulit. Terutama kulit sensitif. Harap diperhatikan, jika dalam penggunaanya terdapat iritasi, segera hentikan penggunaan. 

Cara membuat:

Potong lemon menjadi irisan titpis. Taburkan gula diatasnya. Gosokan irisan lemon yang sudah dicampur gula. Diamkan beberapa saat. Lalu bilas bersih dengan air.

Lakukan cara ini 3 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Beri Komentar