5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Mandi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 20 April 2021 09:34
5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Mandi
Jangan lakukan hal ini agar tidak merusak kulit.

Dream - Mandi merupakan kebiasaan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebersihan tubuh. Terutama, di era pandemi Covid-19.

Kamu juga bisa meredakan rasa pegal ketika mandi. Sehingga, tidur pun lebih nyaman dan berkualitas. Namun, mandi tidak selamanya berdampak baik bagi kesehatan. Kebiasaan mandi yang buruk bisa menyebabkan masalah kulit.

Selain itu, perawatan setelah mandi juga penting untuk diperhatikan agar kulitmu tetap sehat, lembap dan tidak cepat menua. Dilansir Skincare.comberikut perawatan yang perlu dihindari saat dan setelah mandi agar tubuh tetap sehat.

Mandi dengan air yang terlalu panas

Air bersuhu hangat-hangat kuku bisa meredakan rasa pegal. Namun jika suhu airnya terlalu panas, mandi justru akan menyebabkan kerusakan kulit. Kelembapan alami kulitmu akan terkikis dan menyebabkan kulit kering.

1 dari 2 halaman

Menggunakan sabun berbahan keras

Pemilihan sabun yang tepat akan sangat berpengaruh pada kesehatan kulitmu. Terutama, di area kulit yang sensitif seperti di sekitar miss V, ketiak dan lipatan tubuh lainnya.

Oleh karena itu, gunakanlah sabun berbahan ringan dan mampu menjaga kelembapan kulit sepanjang hari.

Alat mandi kurang bersih

Sebelum membersihkan tubuh, pastikan alat mandi yang digunakan juga bersih. Bakteri yang terdapat pada alat mandi bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Pastikan alat mandimu selalu bersih dan simpan di tempat yang kering.

© Dream
2 dari 2 halaman

Mengusap kulit terlalu kasar

Meski kamu harus memastikan seluruh tubuh benar-benar bersih, bukan berarti kulitmu bisa diusap secara kasar. Usaplah tubuh secara perlahan. Termasuk ketika menggunakan scrub.

Jika ingin menggunakannya, lakukanlah seminggu sekali agar tidak mengikis kelembapan alami kulit.

Tidak menggunakan pelembap setelah mandi

Pemakaian pelembap maksimal 5 menit setelah mandi merupaka hal yang sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit serta mencegah proses penuaan.

Gunakanlah pelembap berbahan ringan dan sesuai dengan jenis kulitmu. Pilihlah pelembap yang mengandung SPF untuk memberika perlindungan ekstra di bawah matahari.

Beri Komentar