5 Kebiasaan Sebelum Tidur Bisa Membuat Wajah Lebih Glowing

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 16 September 2021 19:33
5 Kebiasaan Sebelum Tidur Bisa Membuat Wajah Lebih Glowing
Lakukan kebiasaan kecil ini agar kulit lebih sehat dan glowing di pagi hari.

Dream – Banyak orang berlomba-lomba membeli produk perawatan kulit berkualitas, bahkan berharga sangat mahal untuk membuat wajah terlihat sempurna. Padahal, kesehatan kulit juga sangat dipengaruhi oleh gaya hidup.

Salah satu kebiasaan yang sangat berpengaruh pada kesehatan kulit adalah cukupnya kualitas serta kuantitas tidur.

Dilansir Real Simple, tidur di malam hari sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Pasalnya, kulit akan melakukan regenerasi dan perbaikan selama tidur di malam hari.

Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan kualitas dan kuantitas tidur tetap terjaga untuk membuat kulit tetap sehat. Terlepas dari kualitas dan kuantitas tidur yang cukup, lakukan beberapa perawatan serta beberapa kebiasaan ini di malam hari agar perawatan kulit lebih optimal.

1 dari 3 halaman

1. Memastikan wajah benar-benar bersih

Membersihkan Wajah© Shutterstock

Pastikan kamu membersihkan wajah sebelum tidur agar sisa makeup, bakteri, dan kotoran lainnya, tidak menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, alergi, serta infeksi.

“ Anda harus memastikan wajah bersih tidak hanya dari riasan, tapi juga dari minyak, polusi, dan kotoran yang menumpuk,” ujar Wendy E. Roberts, Dermatologis asal California.

Gunakan pembersih berformula ringan dan mampu melembapkan, sehingga kulit benar-benar bersih tanpa menghilangkan minyak alami pada wajah.

2. Menggunakan pelembap

Kadar hidrasi kulit diklaim akan menurun di malam hari. Sehingga, kamu harus menggunakan pelembap lebih banyak sebelum tidur.

“ Hal ini sangat penting jika memiliki kulit kering. Pilih krim dengan emolien yang dikemas bersama lipid dan ceramide karena akan lebih mudah diserap kulit setelah dibersihkan,” jelas Roberts.

Aplikasikan juga krim mata, krim leher, dan lip balm berbahan dasar petrolatum untuk menjaga kelembapan di seluruh wajah.

2 dari 3 halaman

3. Perawatan tambahan

Menggunakan Serum© Shutterstock

Bila perlu, gunakan serum yang mengandung retinol seminggu sekali sebelum tidur. Di malam lainnya, gunakan serum yang mengandung AHA untuk mengeksfoliasi kulit seminggu sekali.

Agar kelembapan kulit terjaga, gunakan masker setidaknya seminggu sekali. Pilih masker dengan bahan yang dapat meremajakan kulit, sehingga kulitmu terlihat lebih glowing dan kenyal di pagi hari.

3 dari 3 halaman

4. Ubah posisi tidur

Tidur Telentang© Shutterstock

Gesekan kulit pada bantal yang terjadi saat tidur dapat mempercepat timbulnya tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Maka dari itu, disarankan untuk tidur telentang untuk mencegah adanya gesekan penyebab tanda penuaan pada wajah.

5. Mengatur suhu udara

Buatlah suhu kamar menjadi lebih dingin agar tidur lebih nyenyak dan mencegah rasa gatal. Terutama, pada penderita eksim. Kamu bisa menggunakan humidifier untuk mencegah masalah kulit kering serta eksim saat tidur.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar