5 Tips Mencegah dan Mengatasi Kerutan di Sekitar Mata

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 19 April 2021 19:32
5 Tips Mencegah dan Mengatasi Kerutan di Sekitar Mata
Buat matamu terlihat lebih segar, kencang dan awet muda.

Dream - Beberapa area kulit rentan terhadap penuaan. Salah satunya adalah area mata karena kulitnya cenderung lebih tipis dan sensitif. Sehingga, lebih mudah mengalami penuaan akibat gesekan atau pergerakan di sekitar area mata.

Proses penuaan dapat dicegah dengan berbagai cara. Mulai dari mengenakan berbagai produk perawatan kecantikan, memanfaatkan bahan alami atau melakukan gaya hidup sehat.

Ketiga hal tersebut terbagi menjadi lebih detail menjadi tips menyamarkan penuaan di bawah mata yang dilansir dari Skincare.com berikut ini.

Menggunakan krim mata yang mampu mengatasi kerutan

Setiap krim mata memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Hal ini mungkin tidak selalu terlihat pada kemasannya. Namun, kamu bisa mencari tahu dengan memerhatikan kandungan produknya.

Gunakanlah krim mata yang mengandung retinol, antioksidan atau peptida untuk bisa mengatasi kerutan serta memicu produksi kolagen dan elastin. 

1 dari 2 halaman

Melindungi kulit dari sinar matahari

Ilustrasi Hijab Cantik© Ilustrasi Hijab Cantik (Foto: Shutterstock)

Terlepas produk perawatan kulit yang dikhususkan untuk melawan penuaan, kamu juga harus memakai tabir surya setiap hari. Pemakaian tabir surya dapat mencegah dan mengatasi proses penuaan akibat paparan sinar UV.

Gunakanlah tabir surya dengan minimal SPF 15-50 dan aplikasikan setiap 3-4 jam sekali untuk mempertahankan perlindungannya selama beraktivitas.

Hindari sinar matahari

Sinar matahari tidak hanya bisa mempengaruhi kulit ketika beraktivitas di luar ruangan. Bias cahayanya pun dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Oleh karena itu, hindarilah sinar matahari dan gunakan tabir surya secara berkala.

2 dari 2 halaman

Berhenti merokok

Ilustrasi Hijab Cantik© Ilustrasi Hijab Cantik (Foto: Shutterstock)

Merokok merupakan kebiasaan yang sangat berdampak pada kesehatan tubuh dan kulit. Melakukannya secara rutin dapat mempercepat timbulnya kerutan.

Hal ini disebabkan penurunan produksi kolagen, elastin serta terhambatnya sirkulasi darah pada kulit ketika merokok.

Tidur cukup

Tidur cukup sangat bermanfaat untuk memperlancar proses regenerasi sel kulit. Sehingga jika kurang tidur, kulitmu akan mengalami penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat, kekusaman, pigmentasi serta penuaan dini.

Menjaga hidrasi kulit

Hal mendasar yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan adalah menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Minum air yang cukup dan menggunakan pelembap yang tepat dapat mencegah serta mengatasi kerutan di sekitar mata.

Beri Komentar