5 Tips Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 4 November 2020 17:42
5 Tips Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan
Tidak perlu berolahraga terlalu berat.

Dream - Menurunkan berat badan tidak selamanya dilakukan dengan cara yang sulit. Terkadang, kamu hanya perlu menghindari makanan tertentu yang membuat tubuhmu lebih sensitif pada kenaikan berat badan.

Banyak trik untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan olahraga terlalu berat. Dilansir dari Eat This, berikut trik mudah menurunkan berat badan.

Selalu menyediakan bumbu dapur

Bumbu dapur seperti lada hitam dan potongan sayuran hijau merupakan trik menurunkan berat badan yang cukup sederhana.

Penelitian pada jurnal Appetite membuktikan bahwa seseorang mengonsumsi makanan lebih sedikit ketika aromanya tajam.

Menambahkan bumbu dapur yang bebas sodium, dapat membuat tubuhmu merasa telah mengonsumsi banyak makanan tanpa harus menambahkan lemak atau kalori pada tubuh.

1 dari 2 halaman

Menempatkan makanan sehat di tempat yang terlihat

Makan Sehat© Shutterstock.com


Menempatkan makanan sehat di tempat yang terlihat dan menyembunyikan makanan yang kurang sehat, akan membuat pola makanmu lebih sehat.

Apalagi, jika kamu terbiasa mengonsumsi makanan yang ada dilihat pertama kali. Penelitian pada the Journal of Marketing membuktikan bahwa seseorang cenderung mengonsumsi terlalu banyak makanan berporsi mini dengan kemasan transparan.

Untuk menghindari godaan makanan kurang sehat, simpanlah di tempat yang sulit dijangkau atau jangan dibeli. Ini akan lebih efektif untuk membuat pola makanmu lebih sehat.

Menjauhi makanan dan gambarnya

Selain menyembunyikan yang kurang sehat, kamu juga bisa membersihkan meja kerjamu dari bahan makanan apapun. Hindari juga melihat gambar makanan pada gawai.

Ini akan membuatmu tergoda untuk terus makan. Jika terbiasa menyediakan snack di meja kerja, mungkin penempatannya yang membuatmu tidak berhenti mengunyah hingga makanannya habis.

Oleh karena itu, hindari meja kerjamu dari berbagai jenis makanan agar tidak dikonsumsi saat memiliki rasa lapar palsu.

2 dari 2 halaman

Minum lebih banyak air mineral

Minum Air© Shutterstock.com


Penelitian yang dipublikasikan oleh the Journal Obesity mengemukakan bahwa minum 2 gelas air, sebelum makan dapat menurunkan sekitar 9,5 pounds selama 12 minggu.

Ini diperkirakan disebabkan oleh rasa kenyang setelah minum. Tapi, peneliti juga mengemukakan bahwa oksigen dalam air bisa menggantikan kalori.

Mengonsumsi makanan perlahan-lahan

Mengonsumsi makanan perlahan-lahan bertujuan untuk membiasakan 'mindful eating'. Mindful eating akan membuatmu merasakan makanan secara maksimal dan mencegah makan berlebihan.

Penelitian Behaviour Research and Therapy membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat perlahan-lahan bisa lebih menikmatinya daripada yang tidak.

(Sumber: Eatthis.com)

Beri Komentar