6 Tips Mengatasi Hidung yang Terlalu Berminyak

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 20 April 2021 17:33
6 Tips Mengatasi Hidung yang Terlalu Berminyak
Cegah riasan mudah luntur dan masalah kulit yang kerap terjadi pada hidung.

Dream - Daerah T pada wajah cenderung lebih sering berminyak. Hal ini terjadi pada kulit berminyak, normal maupun kombinasi.

Pada beberapa orang, hidung lebih cepat berminyak dibandingkan dahi atau area wajah lainnya. Oleh karena itu, riasan lebih mudah hancur di area hidung.

Terdapat banyak cara untuk bisa mengatasi hal tersebut agar wajah lebih sehat dan riasan pun tidak mudah luntur. Dilansir dari Times of Indiaberikut cara mengatasi hidung yang terlalu berminyak.

1 dari 3 halaman

Membersihkan wajah

Pentingnya Membersihkan Wajah di Malam Hari© MEN

Pastikan wajahmu selalu dibersihkan sekitar 1-2 kali sehari. Terutama, di malam hari. Beberapa orang hanya membasuh wajah dengan air di pagi hari.

Lalu, menggunakan pembersih ketika membersihkan wajah di malam hari. Namun jika wajahmu sangat berminyak, gunakan pembersih di pagi dan malam hari untuk mengontrol produksi minyak berlebih. Termasuk di area hidung.

Menggunakan toner

Toner memiliki banyak manfaat untuk kulit. Beberapa jenis toner mampu mengontrol produksi minyak alami kulit dan menghilangkan sel kulit mati. Sehingga, wajahmu akan terasa lebih segar dan tidak mudah berminyak.

2 dari 3 halaman

Menggunakan pelembap berbahan dasar air

Memakai Pelembap© Shutterstock.com

Salah satu pemicu produksi minyak berlebih adalah pemakaian pelembap yang bertekstur berat dan tidak cocok dengan jenis kulitmu.

Jika kulit lebih mudah berminyak, gunakanlah pelembap yang bertekstur cair dan berbahan dasar air. Sehingga, pelembap akan lebih mudah menyerap dan tidak menyumbat pori-pori.

Memakai masker wajah

Kamu bisa menggunakan sheet mask yang mampu mengontrol produksi minyak wajah untuk mengatasi hidung berminyak. Pastikan kandungannya cocok dengan kulit agar tidak membahayakan kondisi kulitmu.

3 dari 3 halaman

Mengeksfoliasi kulit

Lakukanlah eksfoliasi kulit seminggu sekali untuk mengontrol produksi minyak dan mengangkat sel kulit mati. Selain mencegah hidung berminyak, eksfoliasi juga bisa mengangkat kotoran penyebab jerawat maupun beruntusan.

Menggunakan tabir surya yang tidak mengandung minyak

Seberapa Banyak Kita Harus Memakai Tabir Surya?© MEN

Beberapa tabir surya mengandung minyak. Sehingga, wajah pun akan terasa lebih lembap. Jika kulitmu berminyak, tabir surya yang mengandung minyak akan membuat wajah terasa lengket.

Gunakanlah tabir surya yang bebas minyak dan bersifat non-comedogenic agar pori-porimu tetap bersih serta wajah bebas masalah kulit.

Beri Komentar