7 Tips Mencegah Kerontokan Saat Pancaroba

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 30 September 2020 15:33
7 Tips Mencegah Kerontokan Saat Pancaroba
Jangan sampai mengganggu penampilanmu.

Dream - Pergantian musim akan berdampak pada kesehatan kulit dan rambut. Maka dari itu, sangat wajar jika kamu mengalami perubahan kondisi kulit maupun rambut dan merasa perlu mengubah perawatannya.

Apalagi, jika kamu mengalami kerontokan serta rambut berminyak akibat kondisi cuaca tidak menentu. Dilansir dari Times of India, berikut tips mencegah kerontokan saat pergantian musim:

1. Menjaga kesehatan rambut

Paparan sinar UV, polusi, debu serta air hujan akan membaut rambutmu kering dan lepek.

Kamu perlu melakukan perawatan dan perlindungan ekstra agar kotorannya tidak menumpuk. Keramaslah tiap hari untuk menghilangkan kotoran yang terpapar pada rambut.

1 dari 3 halaman

2. Memakai conditioner

Keramas© Shutterstock.com


Jangan lupa mengenakan conditioner ketika keramas. Pastikan conditioner yang digunakan mampu melembapkan serta menutrisi rambut. Bilaslah dengan air dingin untuk menutup pori-pori dan menjaga kulit kepala tetap sehat.

3. Memotong rambut secara rutin

Memotong rambut secara rutin tidak hanya mempertahankan bentuk, tapi juga menghilangkan cabang serta rambut yang kering. Ini juga akan mempercepat pertumbuhan rambut.

2 dari 3 halaman

4. Mengontrol rambut kusut

Masalah Rambut© Shutterstock.com


Kondisi lingkungan yang lembap akan membuat rambutmu kusut dan menyebabkan kerontokan. Gunakan serum setelah keramas untuk mengatasinya.

5. Mengubah gaya rambut

Ubah gaya rambutmu menjadi lebih simple dan tidak mudah kusut. Di saat cuaca tidak menentu, kamu perlu menjaga rambutmu dari paparan sinar UV, polusi dan debu dengan menggunakan topi atau scarf.

3 dari 3 halaman

6. Menyisir rambut untuk mencegah rambut patah

Menyisir Rambut© Shutterstock.com


Gunakan sisir bergigi renggang ketika ingin menyisir rambut basah. Untuk mencegah rambut patah, sisirlah dari bawah hingga benar-benar rapi dan ulangi dari atas.

7. Menjaga pola makan sehat

Menjaga kesehatan rambut bisa dilakukan dengan menjalani diet sehat. Konsumsilah makanan kaya vitamin A, B, , magnesium, zat besi, seng serta kalsium untuk membuat rambut lebih sehat dan kuat.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar