7 Tips Merawat Kulit Leher, Jangan Abaikan Begitu Saja!

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 27 September 2021 08:12
7 Tips Merawat Kulit Leher, Jangan Abaikan Begitu Saja!
Merawat leher sama pentingnya merawat kulit wajah.

Dream - Selain wajah, leher merupakan bagian penting untuk dirawat kesehatan dan kesegarannya. Tapi, seringkali perawatan leher dilewatkan begitu saja. Padahal leher merupakan area terdekat wajah, yang notabene selalu jadi perhatian saat perawatan.

Kulit leher memiliki sifat sensitif, halus, dan tipis, mirip dengan kulit wajah. Maka dari itu, perawatan yang dilakukan juga harus mirip dengan wajah.

Ilustrasi© shutterstock

Kita tidak boleh melupakan area leher saat merawat kulit. Ikuti langkah-langkah berikut agar kulit lehermu terlihat menawan:

1 dari 5 halaman

1. Exfoliate

Ilustrasi© shutterstock

Gunakan pembersih yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati. Jangan gunakan pembersih dengan bahan scrub yang kasar, karena kulit leher lebih halus dari tubuh atau wajah.

Kamu dapat melakukan chemical eksfoliasi atau pengelupasan namun harus dikonsultasikan dahulu dengan dokter kulit.

Eksfoliasi pada leher tidak dilakukan lebih dari sekali dalam seminggu. Karena kesensitifan kulit area leher, dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.

2 dari 5 halaman

2. Jaga kelembapan

Jangan membedakan wajah dengan lehermu. Saat memakai skincare pada wajah, oleskan juga pada area leher agar tetap terawat. Oleskan sisa krim yang digunakan pada wajah, dan tepuk-tepuk lembut di leher, ingat, jangan digosok.

Ilustrasi© shutterstock

3 dari 5 halaman

3. Sunscreen

Kamu pasti menggunakan sunscreen pada wajah saat di luar dan di dalam rumah. Area leher sama pentingnya pada wajah dan lebih sensitif terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Tipsnya, beli produk SPF yang serbaguna, bisa digunakan baik pada wajah dan leher yang dapat melindungi sari sinar UV.

Ilustrasi© shutterstock

4. Peeling

Chemical peeling dapat mengangkat sel-sel kulit mati hingga lapisan terdalam dan membuat kulit baru menjadi lebih cerah dan kencang.

Tips yang ini tidak terlalu praktis, namun ada chemical peeling yang bisa dilakukan oleh dokter kulit untuk area kulit tertentu.

Peeling tidak cocok untuk semua kulit, maka dari itu pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu ke dokter kulit agar tidak menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan.

4 dari 5 halaman

5. Produk khusus untuk leher

Terdapat krim dan serum khusus untuk area leher. Krim biasanya lebih kental dan memiliki bahan yang disesuaikan dengan kebutuhan leher. Seperti kolagen atau asam hialuronat.

Pastikan untuk riset terlebih dahulu dan produk yang dibeli dicek dengan baik dan mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi area leher.

5 dari 5 halaman

6. Bahan alami dan DIY

Kamu juga dapat membuat masker wajah DIY di rumah menggunakan bahan-bahan yang terdapat di dapur. Seperti yoghurt, oatmeal dan madu yang dihaluskan atau lidah buaya dengan masker air mawar.

Ilustrasi© shutterstock

7. Tetap konsisten

Ini adalah tahapan paling penting. Konsisten dengan rutinitas skincare kamu, jangan hanya mengaplikasikannya sesekali. Setelah wajah kamu sudah menggunakan skincare baru kamu apply ke leher atau melakukannya pada saat yang bersamaan. (Sumber: Fustany.com)

Laporan: Syifa Putri Naomi

 

Beri Komentar