Apa yang Terjadi Saat Kulit Menua dan Bagaimana Merawatnya?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 16 September 2019 15:13
Apa yang Terjadi Saat Kulit Menua dan Bagaimana Merawatnya?
Berikut rahasianya!

Dream - Penuaan terdengar begitu menyeramkan ketika hal itu berkaitan dengan kulit. Tidak sedikit wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mencegah penuaan.

Biasanya, yang disebut penuaan adalah kulit berkerut atau mengendur. Tapi ternyata penuaan kulit juga menyebabkan hal lainnya.

" Ketika mulai menua, produksi sebum akan menurun. Bukan hanya karena pemakaian sabun yang membuat kulit kering, tapi karena memang sudah kondisi alaminya mengering," tutur Spesialis Kulit dan Kelamin, Susie Rendra di Penang Bistro, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu. 

 

 shutterstock

Agar tetap nyaman ketika kulit mengering, Susie menyarankan untuk memakai sabun dengan pH 4,5-5. " Jangan diperberat dengan penggunaan sabun bersifat basa atau mandi air hangat."

1 dari 5 halaman

Hati-hati dengan kondisi kulit

Tanda penuaan lainnya adalah tidak tahan berada di bawah matahari.

" Pada saat berjemur, kita akan berkeringat dan merasa gatal. Begitu juga dengan bahan iritan. Makanya, harus mengurangi baju yang mengandung pewangi supaya nggak gatal atau iritasi," katanya.

 

 shutterstock

Saat menua, kamu pun harus semakin hati-hati dengan kondisi kulit karena akan lebih mudah terinfeksi dan proses penyembuhannya lebih lambat.

" Dinding pembuluh darah semakin rapuh. Makanya, digaruk sedikit langsung memar," tambahnya.

2 dari 5 halaman

Selain itu..

Selain itu, respons kulit pun melemah sehingga tidak begitu jelas mendeskripsikan apa yang sebenarnya dirasakan.

" Kalau dilihat, kulitnya normal dan biasa saja, padalah rasa gatalnya luar biasa. Ini juga karena imunitasnya juga melemah, jadi nggak bisa memperlihatkan rasa gatal walaupun kulit menipis," imbuhnya.

 shutterstock

Proses penuaan yang paling umum dialami adalah retaknya kulit akibat terlalu kering. Oleh karena itu, penggunaan pelembap sangat dibutuhkan untuk mencegah kulit kering.

" Kadang orang malas pakai pelembap karena lengket. Cara mengatasinya adalah pakai moisturizer segera setelah mandi, bukan pas kering. Kalau dipakai habis mandi, diserapnya akan lebih cepat dan tidak terlalu lengket," tutupnya.

3 dari 5 halaman

5 Cara Mudah Rawat Kulit Bagi yang Hobi Makeup

Dream - Suka memakai makeup tapi ingin kulit tetap terawat? Dream siap berikan tipsnya.

Wanita sangat identik dengan penggunaan makeup. Namun memilih produk makeup yang cocok di kulit tidak mudah.

Kenapa sulit? sebab jika kamu salah memilih produk kecantikan bisa berakibat fatal bagi kulit wajah.

  Ilustrasi Hijab Cantik

Karena itu, memilih produk makeup harus hati-hati agar kulit tetap terawat dengan baik. Selain itu, Sahabat Dream harus menjaga kecantikan dan kesehatan kulit secara teratur.

Berikut 5 cara merawat kulit bagi yang hobi makeup:

4 dari 5 halaman

1. Menghapus Makeup dengan Lembut dan Perlahan

Saat menghapus makeup, sebaiknya dilakukan secara lembut dan perlahan. Jangan terlalu agresif dan kasar saat mengusap kulit

Untuk menghapus makeup waterproof, pakai pembersih wajah berbahan minyak atau micellar water menggunakan kapas. Usap dengan lembut untuk menghapus makeup.

2. Lakukan Double Cleansing

Untuk membersihkan kulit dari makeup, Sahabat Dream dapat melakukan double clesnsing. Untuk menghilangkan semua kotoran dan minyak, pertama-tama gunakan pembersih berbahan dasar minyak.

Setelah itu ulangi lagi menggunakan pembersih biasa. Double cleansing membantu membersihkan sekaligus menjaga kulit tetap sehat.

  shutterstock

 

 

5 dari 5 halaman

3. Melembapkan Kulit

Sering makeup akan membuat kulit mengalami dehidrasi. Biasakan untuk memakai pelembap sebelum merias wajah dan bahkan setelah menghapusnya.

Agar kulit wajah tidak dehidrasi karena terlalu sering memakai makeup, gunakan face oil dan serum sebelum merias wajah.

  shutterstock

4. Membersihkan Peralatan Makeup

Jika kamu sering menggunakan kuas dan alat makeup, kamu perlu membersihkannya secara teratur. Kuas dan alat makeup harus dibersihkan dua kali sebulan.

Kamu juga perlu membiasakan diri untuk membersihkan kuas dan alat makeup segera setelah menggunakannya. Selain menghemat waktu di penggunaan berikutnya, kuas dan alat makeup terjaga kebersihannya yang berdampak pada kesehatan kulit.

5. Memakai Primer

Untuk melindungi kulit dari efek pemakaian makeup yang terlalu sering, pastikan untuk selalu menggunakan primer. Primer akan membuat lapisan pelindung dan mencegah makeup masuk ke dalam pori-pori yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

  shutterstock

(ism, sumber: Times of India)

 

 

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan