Apakah Kertas Minyak Efektif Menghilangkan Minyak Berlebih?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 5 Juni 2021 14:35
Apakah Kertas Minyak Efektif Menghilangkan Minyak Berlebih?
Ketahui cara efektif mengatasinya.

Dream - Wajah berminyak merupakan kondisi yang seringkali mengganggu. Apalagi, ketika sedang menggunakan riasan wajah.

Riasan wajahmu bisa luntur dan rusak ketika kulit berkeringat serta berminyak. Maka dari itu, banyak wanita yang rela melakukan apapun untuk mengontrol produksi minyak.

Salah satu triknya adalah menggunakan kertas minyak atau blotting paper. Pemakaiannya sangat praktis untuk menghilangkan minyak berlebih.

Bahkan, banyak pria yang menggunakannya sehari-hari agar wajah lebih nyaman dan tidak terasa lengket.

Meski terlihat efektif, namun ternyata kertas minyak tidak mampu mengontrol produksi sebum berlebih.

Pemakaiannya justru bisa membuat minyak menyebar ke bagian wajah lainnya. Terutama, jika dipakai dengan cara diusap atau digosok pada wajah. Jika ingin mengontrol produksi minyak, berikut tips yang dilansir dari Sehatq.com.

1 dari 4 halaman

Menyuci Muka

Selain membersihkan wajah, menyuci muka juga bisa mengontrol produksi minyak. Terutama, jika menggunakan produk yang tepat.

Gunakan pembersih wajah setiap pagi dan malam. Jika aktivitasmu cukup padat dan wajahmu terasa sangat kotor, gunakan pembersih wajah saat beraktivitas.

Tapi, pastikan pemakaian pembersih wajah tidak terlalu sering agar kulitmu tidak dehidrasi dan memicu produksi minyak berlebih.

Pilih pembersih wajah yang bebas alkohol, parfum dan bahan berbahaya lainnya. Gunakan air hangat-hangat kuku dan handuk lembut ketika membersihkan wajah.

2 dari 4 halaman

Menggunakan Pelembap

Salah satu penyebab wajah berminyak adalah kondisi kulit yang dehidrasi. Kondisi tersebut bisa disebabkan pemakaian pelembap yang sangat sedikit atau kurangnya cairan tubuh.

Minum air yang cukup dan memakai pelembap dengan jumlah tepat bisa mencegah produksi minyak berlebih.

Gunakan pelembap yang bertekstur ringan dan bersifat non-comedogenic agar lebih nyaman ketika digunakan.

3 dari 4 halaman

Menggunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan wajah berminyak. Gunakan tabir surya yang mengandung zinc dan titanium oxide serta bersifat non-comedogenic.

Pilih tabir surya dengan minimal SPF 30 dan bisa melindungi kulit dari UVA serta UVB. Aplikasikan setiap 2-4 jam sekali untuk memberikan perlindungan yang optimal pada kulit.

Memakai clay mask

Clay mask bisa menjadi salah satu solusi wajah berminyak. Kandungan mineral di dalam clay mask bisa mengontrol produksi minyak dan mencegah masalah kulit lainnya.

4 dari 4 halaman

Memakai Produk Mengandung Retinoid

Produk perawatan kulit yang mengandung retinoid tidak hanya bisa mencegah tanda penuaan, tapi juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih. Pilihlah produk yang tepat dan gunakan seminggu sekali agar wajah tidak beruntusan.

Menggunakan makeup matte

Jika ingin riasan lebih tahan lama, gunakan produk yang bersifat matte. Memakai primer sebelum base makeup lainnya juga bisa membantu membuat riasanmu lebih tahan lama.

Beri Komentar