Biar Tak Rontok, Dokter Ingatkan Keringkan Rambut Sebelum Pakai Hijab

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 22 Desember 2021 19:12
Biar Tak Rontok, Dokter Ingatkan Keringkan Rambut Sebelum Pakai Hijab
Lakukan juga trik-trik berikut.

Dream - Masalah rambut yang sering dialami para hijaber adalah kerontokan. Terutama ketika menyisir dan banyak rambut yang menumpuk. Hal ini pastinya membuat galau.

Untuk Sahabat Dream yang sedang bingung mengatasi kerontokan ini, coba ikuti trik dari dr. Hari Darmawan, seorang spesialis kulit. Lewat akun Instagram resminya, @dr_haridarmawan, ia mengungkap dua masalah rambut yang sering dialami hijaber adalah kerontokan dan ketombe.

Hijab model© Shutterstock

" Banyak sekali perempuan yang mengenakan hijab mengeluhkan rambut mereka yang cepat rontok dan berketombe. Rambut yang tertutup hijab dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan beberapa masalah. Segera buka hijab kamu saat sampai rumah ya agar kulit kepala dan rambut bisa kembali bernapas," tulisnya.

 

1 dari 2 halaman

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerontokan adalah sisir rambut sebelum keramas. Terdengar simpel tapi efeknya cukup besar.

Hijab model© Shutterstock

" Menyisir rambut sebelum keramas dapat mencegah kerontokan. Cara ini dapat membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala yang membantu pertumbuhan rambut," ungkapnya.

Lalu kedua, cari material hijab yang nyaman di kepala dan tidak panas. Jenis hijab yang dikenakan sangat berpengaruh pada kondisi kulit kepala dan rambut.

" Cari bahan hijab dengan serat alami, seperti chiffon dan kattun. Bahan katun terbukti baik untuk sirkulasi udara ke kulit kepala. Saat suaca sedang panas hindari hijab warna hitam karena menyerap panas," tulisnya.

 

2 dari 2 halaman

Terakhir, jangan pernah memakai hijab saat kondisi rambut masih basah. Bukan hanya menimbulkan kerontokan, tapi juga ketombe.

Hijab© Shutterstock

Hijab© Shutterstock

" Memakai hijab saat rambut basah dapt menyebabkan rambut menjadi lembap. Hindari juga mengikat rambut dalam keadaan basah karena akan menjadi pemicu rambut rontok dan berketombe," pesannya.

Lakukan trik-trik di atas untuk menjaga rambut, Sahabat Dream. Bila kerontokan rambut dirasa cukup parah, jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit.

Beri Komentar