Cara Mengatasi Jerawat Akibat Pemakaian Masker Kesehatan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 10 September 2020 14:14
Cara Mengatasi Jerawat Akibat Pemakaian Masker Kesehatan
Lakukan perawatan dasar terlebih dulu.

Dream - Selain mengubah gaya hidup, pandemi Covid-19 juga telah menyebabkan perubahan pada masalah kulit serta cara perawatannya. Meski terdengar klise, Sahabat Dream hendaknya tetap bersabar dan tak banyak mengeluh dengan kondisi yang terpaksa kita jalani saat ini. 

Tahukah Sahabat Dream jika orang yang banyak mengeluh akan memiliki jerawat di area yang sering terkena masker.

" Tren perawatan kecantikan saat ini yang paling banyak karena penggunaan masker sehari-hari. Terjadi masalah mask acne, sehingga menyebabkan timbulnya jerawat," ungkap dr. Monika Hadimuljono Sp.KK dalam webinar Dermaplus 'The Pioneer of Advanced Vascular Treatment By VBeam Prima in Indonesia', Rabu kemarin.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Stanley Setiawan, Spesialis Kulit dan Kelamin. " Banyak pasien mengeluh beruntusan di daerah wajah. Pemetaannya seperti area yang tertutup oleh masker. Acne yang disebabkan oleh trauma mekanik karena masker," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Cara Mengatasi Jerawat Saat Pandemik

Masalah Kulit© Shutterstock.com
Meski dapat diatasi dengan perawatan kulit di salon kecantikan, keduanya menyarankan untuk memakai skincare lebih intens di rumah.

" Kita harus selalu menjaga kebersihan kulit dengan mencuci muka minimal 2 kali sehari. Menggunakan moisturizer dan tabir surya di pagi hari. Melakukan perawatan dengan memakai krim malam," kata Monika.

Jangan melepas masker meski tetap berisiko berjerawat. Jaga kebersihan masker. Gantilah masker kain setelah beberapa jam atau terkena kotoran maupun terasa lembap.

" Jadi, sebaiknya tidak dipakai satu hari full," tutur Monica. Ia juga tidak menyarankan pemakaian makeup tebal untuk mencegah tersumbatnya kelenjar minyak yang dapat menyebabkan jerawat.

Rutin memakai pelembap dan mencuci wajah dapat mencegah timbulnya jerawat akibat pemakaian masker. Pakailah pelembap yang bisa menenangkan kulit serta meredakan peradangan.

Beri Komentar