Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Sudah Lama

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Rabu, 6 November 2019 16:10
Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Sudah Lama
Bopeng bekas jerawat memang mengganggu penampilan terutama di wajah, dan berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan masalah tersebut.

Dream - Jerawat memang masalah di wajah yang sangat mengganggu. Tidak hanya jerawatnya, bekas jerawat membuat penampilan kamu ikut terganggu. Yang lebih parah lagi jika bekas jerawat menjadi bopeng.

Bopeng adalah bekas luka yang dalam pada kulit, biasanya bekas luka ini tidak hilang dengan sendirinya. Bekas luka ini terlihat berbentuk cekung, seperti lubang atau lekukan kulit. Ini terjadi karena ketika lapisan kulit yang dalam mengalami kerusakan. Walaupun terlihat parah, bukanlah hal yang mustahil untuk menghilangkan bopeng di wajah.

Banyak metode yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang sudah lama.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Es Batu

Es batu tidak hanya dipakai sebagai penyegar pada minuman saja. Banyak khasiat yang bisa kamu manfaatkan dari es batu untuk urusan kecantikan, khususnya masalah jerawat. Es batu tidak hanya bisa menyembuhkan jerawat, bopeng-bopeng bekas jerawat juga bisa diatasi oleh es batu. Berikut ini adalah cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan es batu:

- Pertama-tama, cuci wajah kamu terlebih dulu sampai bersih

- Ambil es batu yang sudah kamu siapkan

- Gosokkan es batu pada wajah atau leher yang terdapat bopeng bekas jerawat.

- Gosok es batu secara lembut dan ringan dengan arah memutar kurang lebih selama 15 sampai 20 menit

- Gosok secara merata pada area wajah atau leher yang memiliki bopeng bekas jerawat

- Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan es batu ini secara konsisten dan rutin 2 sampai 4 kali dalam sehari.

Lakukan cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan es batu diatas secara rutin sampai bopeng bekas jerawat yang kamu derita menghilang.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Sudah Lama

Jika bopeng bekas jerawat yang kamu derita sudah cukup lama, mungkin saatnya kamu menggunakan tenaga medis untuk menghilangkannya. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara medis.

Dermabrasi

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat pertama yaitu dengan metode dermabrasi. Dermabrasi bisa membuat hasil kulit yang merata tanpa penggunaan bahan kimia. Pada proses ini kawat kecil halus yang berputar dilewatkan pada kulit yang mengalami luka untuk mengikis lapisan kulit. Dermabrasi akan menghilangkan lapisan kulit yang bopeng baik bagian dermis (kulit terluar) dan lapisan tengahnya (dermis). Dermabrasi harus dilakukan oleh dokter yang ahli di bidangnya, sebab sebenarnya cara dermabrasi yang kurang tepat akan meningkatkan risiko menciptakan bekas luka baru yang membesar atau menyebabkan infeksi kulit.

Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat kedua yaitu dengan metode mikrodermabrasi. Metode mikrodermabrasi ini bertujuan untuk mengurangi bopeng dengan menghilangkan lapisan kulit terluar. Metode ini tidak menggunakan sifat kimia atau kawat dalam prosesnya, perawatan kulit ini akan menggunakan bahan abrasif, seperti kristal kecil bikarbonat atau aluminium oksida untuk menggosok lapisan kulit. Proses ini cocok untuk bagian bekas jerawat bopeng yang permukaannya tidak terlalu luas. Mikrodermabrasi biasanya tidak menyebabkan efek samping, tetapi cenderung terlihat dampaknya kalau sudah dilakukan secara teratur.

Dermal filler

Derma filler adalah penyuntikan wajah untuk mengangkat luka bopeng agar ketinggiannya rata dengan kulit sebenarnya. Bisa dibilang ini adalah metode pengisian kulit untuk menambal bagian yang bopeng. Maka dari itu, metode dermal filler bisa menjadi cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Hasil dari derma filler ini bersifat sementara, tetapi biasanya berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun, tergantung produk yang digunakan. Bellafil biasanya berlaku efeknya bisa hingga 5 tahun. Meskipun hasilnya terlihat menggiurkan, metode ini juga memiliki beberapa risiko seperti terjadinya iritasi kulit, infeksi, atau muncul reaksi alergi.

Chemical peeling

Chemilal peeling bisa menjadi cara menghilangkan bopeng bekas jerawat berikutnya. Perawatan ini menghilangkan lapisan luar kulit dan membantu sel-sel baru untuk beregenerasi. Perawatan peeling sebenarnya tidak benar-benar menghapus bopeng di kulit wajah. Peeling lebih ditujukan untuk membuat pengelupasan kulit pada bekas luka yang tidak dalam. Efek samping yang paling umum terjadi adalah kulit jadi kemerahan dan iritasi setelah pengelupasan.

Laser fraksional

Terapi laser fraksional bertujuan untuk merangsang regenerasi pada bekas luka itu sendiri. Metode ini cocok sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah. Sinar laser akan diarahkan ke jaringan parut dari bagian bekas luka yang bopeng. Laser ini akan membakar lapisan luar kulit yang bopeng dan menstimulasi pertumbuhan sel baru. Setelah melakukan laser ini bopeng akan terlihat lebih samar.

Lapisan laser ablatif

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat selanjutnya yaitu dengan metode laser ablatif. Metode perawatan ini bekerja dengan menghilangkan lapisan tipis kulit. Metode ini biasanya membutuhkan satu hingga dua minggu untuk perawatan medis dan pemulihan. Hasil dari metode ini bisa bertahan selama bertahun-tahun tanpa perawatan tambahan lainnya. Menggunakan pelapisan dari laser ablatif ini memiliki beberapa risiko, seperti adanya perubahan warna kulit, jadi kemerahan, dan pembengkakan. Maka dari itu, kamu perlu konsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit.

Microneedling

Ini adalah metode terapi untuk menghasilkan kolagen lebih banyak di bagian bekas luka yang bopeng. Microneedling adalah perawatan bertahap dengan membuat tusukan pada kulit yang bopeng, menggunakan jarum-jarum kecil. Maka dari itu metode microneedling bisa menjadi cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah. Prinsip dalam perawatan ini adalah saat bagian yang ditusuk sudah sembuh, kulit akan menghasilkan lebih banyak kolagen untuk mengisi bekas jerawat yang bopeng. Dengan terisinya bagian tersebut, maka luka bopeng jadi lebih tersamarkan.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas jerawat dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun ternyata bisa juga menjadi cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Minyak zaitun mengandung lemak vitamin K, vitamin E, dan sedikit zat besi yang bagus untuk perawatan kulit wajah. kandungan lainnya seperti zat antioksidan dan antiinflamasi dapat membuat kulit kamu menjadi halus. Khasiat antioksidan dapat mengurangi terjadinya radikal bebas dan peradangan yang dapat menimbulkan kerutan pada kulit.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak zaitun cuku mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

- Siapkan minyak zaitun.

- Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori pada wajah.

- Setelah itu, oleskan minyak zaitun pada wajah secara merata di sertai pijatan lembut selama 5 menitan.

- Biarkan hingga minyak zaitun mengering di wajah, terus bilas dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat bisa juga dengan menggunakan jeruk nipis. Pada jeruk nipis terkandung acid yang bisa mengeksfoliasi kulit. Tetapi, jeruk nipis bisa membuat kulit jadi iritasi sehingga kita butuh bahan untuk menetralisir keasamannya dengan menggunakan madu.

Cara membuat ramuan ini adalah cukup gunakan satu sendok makan madu, kemudian ambil satu sendok perasan air jeruk nipis. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan ke seluruh wajah yang terdapat bopeng. Diamkan sekitar 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.


(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan