Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 12 November 2019 11:41
Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen
Komedo di wajah sama mengganggunya dengan jerawat. Namun kamu tidak perlu khawatir, jerawat bisa dengan mudah kamu atasi.

Dream - Masalah di wajah tidak hanya disebabkan oleh jerawat. Komedo juga dapat menyebabkan masalah di wajah kamu.

Komedo sering muncul di area hidung berwarna putih dan hitam. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan komedo.

Berbagai metode medis cukup efektif menghilangkan komedo, walaupun memiliki banyak efek samping. Namun, ada cara alami menghilangkan komedo yang lebih sehat dan aman.

Berikut adalah beberapa metode sebagai cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen dalam satu hari: 

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

Cara alami dalam menghilangkan komedo lebih populer karena metodenya yang sehat dan lebih aman.

Berikut adalah beberapa metode sebagai cara menghilangkan komedo secara alami den permanen.

Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sangat populer dalam dunia kecantikan. Lidah buaya bermanfaat untuk membersihkan pori-pori, melembutkan kulit, serta mengurangi produksi minyak berlebih.

Maka dari itu lidah buaya sangat efektif sebagai cara menghilangkan komedo secara alami. Gunakan gel lidah buaya lalu oleskan pada pada wajahmu, tunggu selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Minyak Tea Tree

Minyak tea tree bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami. Minyak tea tree mengandung senyawa antiradang dan antimikroba sehingga dipercaya dapat mengatasi masalah komedo.

Cara kerjanya adalah dengan membunuh bakteri dan kotoran penyebab komedo yang menumpuk.

Kayu Manis

Kayu manis ternyata bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya. Tetapi, penggunaan kayu manis tidak disarankan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Caranya cukup mudah. Campurkan satu sendok teh kayu manis dengan jus lemon dan bubuk kunyit. Tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan semalaman.

Saat kamu bangun pagi, bilas dengan air bersih. Lakukan setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Teh Hijau

Selain bermanfaat untuk kesehatan, teh hijau juga bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami. Caranya cukup mudah. Pertama ambil satu sendok teh hijau kering dan campurkan dengan sedikit air hingga berbentuk bubur.

Oleskan pada area komedo dan diamkan beberapa saat. Bilas dengan menggunakan air hangat.

2 dari 4 halaman

Cara menghilangkan Komedo Secara Alami dalam 1 Hari

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami dalam 1 hari.

Madu

Madu sangat efektif untuk mengatasi kulit berminyak dan juga komedo hitam. Madu membantu kulit kamu senantiasa terhidrasi dan mengencangkan pori-pori, sehingga kulit terlihat lebih mulus.

Maka dari itu, madu bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami. Tinggal oleskan madu pada area komedo dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Kunyit

Kunyit bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami. Kunyit diyakini mampu menghilangkan noda-noda hitam di kulit, Namun, selain itu kunyit juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan komedo hitam.

Campurkan dua sendok teh kunyit bubuk dan campurkan dengan dua sendok makan jus daun mint. Oleskan pada area komedo dan biarkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Kulit Jeruk

Tidak disangka kulit jeruk bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami. Sifat asam yang terkandung di dalam kulit jeruk akan membantu melarutkan komedo dan menariknya keluar dari pori-pori.

Kadar anti-oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membersihkan pori-pori.

Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus.

Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan pada area berkomedo yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulitmu.

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan pepaya yaitu pertama haluskan daging buah pepaya matang. Gunakan sebagai masker wajah selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Cepat

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami dan cepat.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai terkenal sebagai sumber protein, tidak hanya protein kacang kadelai juga mengandung vitamin A, B kompleks, E, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi.

Sifatnya sebagai antioksidan dapat menjadi cara mencegah penuaan dini. Tidak hanya itu, penggunaan masker kacang kedelai secara rutin akan membuat wajah kamu menjadi cerah, tidak berminyak, dan bersih dari komedo.

Caranya cukup mudah, rendam kacang kedelai dalam air selama 1 hari. Lalu blender kacang kedelai tersebut. Kemudian oleskan kacang kedelai yang telah diblender hingga halus pada wajah. Biarkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Scrub Kopi dan Gula

Kopi dan gula dapat digunakan sebagai scrub agar kulit mati pada kulit wajah terangkat sehingga wajah menjadi halus, mulus, dan bersih dari komedo.

Buat pasta dari 2 sendok makan bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air. Kemudian tambahkan 1 sendok makan gula pasir. Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

Tepung Terigu

Ternyata tepung terigu bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami. Gunakan tepung gandum sebagai masker untuk membersihkan komedo.

Buat pasta dari tepung gandum dan air secukupnya. Oleskan pada area berkomedo. Diamkan selama 15 menit atau hingga kering lalu bilas dengan air hangat.

Putih Telur

Putih telur dapat mengecilkan pori-pori sehingga tidak mudah tersumbat oleh kotoran. Cukup campurkan putih telur dari satu butir telur dengan satu sendok teh madu hingga rata.

Kemudian, oleskan masker pada wajah. Setelah masker mengering, bersihkan wajah dengan air hangat.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Secara alami dengan Pasta Gigi

Salah satu cara alami yang bisa kamu coba untuk menghilangkan komedo yakni dengan menggunakan pasta gigi.

Fluoride yang ada pada pasta gigi berguna untuk mengatasi peradangan pada kulit yang disebabkan komedo. Caranya sangat mudah, oleskan pasta gigi ke area komedo diwajah. Sikat secara perlahan dengan sikat gigi sekitar 5-10 menit Setelah itu bilas dengan air bersih. 

(ism, Laporan: Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone