Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Coba Dua Metode untuk Kenali Jenis Kulitmu

Coba Dua Metode untuk Kenali Jenis Kulitmu Jenis Kulit/ Foto: Shutterstock

Dream - Kunci melakukan perawatan kulit yang tepat adalah dengan menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. Untuk itu Sahabat Dream jangan sampai salah menganalisis jenis kulit.

Selalu ingat, jenis kulit kita dapat berubah seiring waktu. Bisa karena perubahan hormon, kehamilan, obat-obatan, masalah medis atau usia. Pada umumnya, kulit manusia terbagi menjadi 5 jenis, yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi, sensitif.

Lalu yang mana jenis kulitmu? Untuk mengetahuinya, terdapat 2 metode yang bisa dilakukan yaitu cara bare face dan metode menggunakan oil blotting sheet.

Metode Bare Faced
Untuk menerapkan metode ini, mulailah dengan membersihkan wajah dengan pembersih yang lembut. Buat kulit bersih tanpa menyebabkan iritasi atau mengelupas terlalu banyak. Sekitar 40 menit kemudian periksa kembali kondisi kulit.

Oil Blotting Sheet
Metode menggunakan oil blotting sheet, yaitu menggunakan kertas penyerap minya. Caranya, setelah cuci muka, tunggu satu jam. Gunakan kertas tersebut ke berbagai bagian wajah. Lembaran ini menyerap minyak di permukaan kulit, yang berguna untuk tahu seberapa banyak minyak yang di area wajah

 

Setelah menggunakan salah satu metode tersebut kamu bisa menentukan jenis kulit kamu. Berikut hasil jenis kulit kamu saat menggunakan 2 metode ini:

Barang Wajib untuk Pemilik Kulit Berminyak!

Kulit berminyak

Untuk metode bare-faced, kamu memiliki kulit berminyak jika pipi, hidung, dahi, dan dagu mengkilap atau berminyak. Bila menggunakan kertas, jika kertas sangat berminyak di semua bagian termasuk pipi.

Minyak berlebih dapat menyumbat dan memperbesar pori-pori pada mereka yang memiliki kulit berminyak, serta membuatnya cukup terlihat. Selain itu akan memunculkan komedo dan jerawat.

 

Kulit Kering

Jika kulit kamu terasa kencang, kering, dan mengelupa saat tersenyum, kamu memiliki kulit kering. Saat menggunakan metode sheet blotting oil hampir tidak ada atau sangat sedikit minyak pada lembaran.Perbanyak minum air putih. Gunakan pelembap secara rutin dan hydrating toner untuk memaksimalkan hidrasi.

Kulit kombinasi
Jika kamu memiliki jenis kulit kombinasi, kulit akan berminyak pada zona-T yang meliputi hidung, dahi dan dagu tetapi pipi normal atau sedikit kering. Saat kamu menggunakan sheet oil pada area itu akan menyerap banyak minyak.

Dalam hal perawatan kulit, memang harus memadukan keduanya. Sesuaikan produk dengan kondisi kulit. Hindari produk yang menyebabkan kulit kamu menghasilkan terlalu banyak minyak atau menjadi terlalu kering.

 

Kulit Sensitif

Gejala dan indikator kulit sensitif tidak dapat didiagnosis dengan benar dengan 2 metode ini, tetapi sangat jelas dan mudah dikenali. Kamu mungkin memiliki kulit sensitif jika kulit terkadang menjadi merah, mudah terbakar sinar matahari, berjerawat karena produk krim, atau kulit meradang dan gatal.

Perawatan Kulit Wajah Tergantung dengan Kondisi Wajah

Kulit Normal
Metode bare-faced pada kulit normal akan ada sedikit kilau pada zona-T yang tampak lebih bercahaya daripada minyak. Tidak ada kulit kering dan kulit terasa lembut dan halus. Metode sheet blotting oil ada sedikit minyak pada lembar penyerap, tetapi tidak berlebihan.

Laporan Amanda Putri Ivana/ Sumber: Fustany

4 Cara Mudah Manjakan Kulit, Hasilnya Bikin Pangling

Dream - Memiliki kulit yang sehat menjadi idaman semua kaum Hawa. Demi mendapatkannya, tentu ada ada proses yang harus dijalani untuk mewujudkannya. 

Kulit yang sehat dapat dimiliki dengan melakukan perawatan yang tepat. Selain itu, penting untuk menerapkan kebiasaan yang baik agar kulit tampak glowing dan sehat.

Untuk memiliki kulit yang lebih sehat, pastikan kamu sudah mengenal kulit kamu secara menyeluruh, dan melakukan perawatan yang tepat untuk kulit. 

Apa pun jenis kulit, pastikan membeli produk perawatan yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Tak harus selalu ke klinik kecantikan, perawatan berikut dengan produk yang banyak beredar di pasaran secara rutin juga bisa menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak glowing. 

1. Menggunakan Serum Vitamin C

Serum vitamin C tak hanya dapat bermanfaat untuk bantu mencerahkan wajah, melainkan juga dapat bantu tangkal radikal bebas. Kandungan vitamin C memiliki antioksidan yang tinggi, yang bagus untuk membuat kulit sehat, dan terlindung dari polusi. 

 

 

2. Toner
Pengunaan toner dalam merawat wajah sering dilewatkan, padahal dengan menggunakan toner kamu bisa bantu mengecilkan pori-pori, dan membuat kulit lebih halus. Toner juga dapat membantu membersihkan kotoran, minyak, dan debu, sekaligus melembapkan kulit. 

3. Menggunakan Sunscreen 

Menggunakan sunscreen wajib banget dilakukan. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari, harus dilakukan untuk mencegah dampak buruknya kamu alami. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, kulit kamu bisa terlindungi dari paparan sinar matahari, dan membuat kulit menjadi lebih sehat. 

4. Membersihkan Alat Makeup 
Menggunakan makeup setiap hari pasti membuat alat riasan wajah kamu kotor, baik dari debu atau pun sisa-sisa makeup. Jika tak rajin dibersihkan, alat makeup bisa menjadi sumber permasalahan kulit wajah kamu. 

 

Sumber: Femina.in

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya
Perawatan Kulit Pagi dan Malam Ideal untuk Kulit Kombinasi

Perawatan Kulit Pagi dan Malam Ideal untuk Kulit Kombinasi

Tipe kulit kombinasi membutuhkan perawatan berbeda agar kulitnya tetap sehat. Ketahui perawatan yang cocok untuk kulit kombinasi di pagi dan malam hari.

Baca Selengkapnya
Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Membersihkan wajah memang sederhana, namun kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit agar manfaatnya maksimal.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Tak Bisa Dihindari, Kenali Tahapan Ketika Kulit Mulai Alami Penuaan

Tak Bisa Dihindari, Kenali Tahapan Ketika Kulit Mulai Alami Penuaan

Penuaan kulit merupakan proses yang pasti dialami semua orang. Ketahui tanda-tanda penuaan dan penyebabnya.

Baca Selengkapnya
Perhatikan 2 Hal Saat Pilih Produk Eksfoliasi

Perhatikan 2 Hal Saat Pilih Produk Eksfoliasi

Eksfoliasi harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak mengiritasi kulit serta menyebabkan masalah lainnya. Pakai produk yang tepat dan cocok untuk kulit.

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Skincare? Begini Cara Memilih Produk yang Tepat

Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Skincare? Begini Cara Memilih Produk yang Tepat

Saat hamil, terdapat banyak kandungan yang harus dihindari. Yuk kenali cara memilih produk yang cocok untuk ibu hamil!

Baca Selengkapnya
Biar Hemat, Ada 3 Produk Makeup yang Sebenarnya Tak Perlu Dibeli

Biar Hemat, Ada 3 Produk Makeup yang Sebenarnya Tak Perlu Dibeli

Tidak semua produk makeup harus dimiliki. Cari tahu produk yang tidak harus kamu miliki jika kondisi kulit wajah cukup sehat.

Baca Selengkapnya