Hati-Hati! Hindari Skincare yang Mengandung 4 Bahan Ini

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 22 Januari 2021 06:12
Hati-Hati! Hindari Skincare yang Mengandung 4 Bahan Ini
Bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit dan tubuh.

Dream - Pemilihan skincare yang tepat merupakan salah satu kunci kulit sehat serta glowing. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati ketika memilih skincare yang akan digunakan.

Kamu tidak bisa hanya memperhatikan kemasan atau ulasan suatu produk. Skincare yang cocok dengan kulit orang lain belum tentu baik untuk kulitmu.

Hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika memilih skincare adalah kandungan di dalamnya. Beberapa kandungan dapat menyebabkan peradangan, kulit kemerahan serta iritasi.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu memerhatikan respon kulit pada berbagai skincare serta kandungannya. Dilansir Insider.com, berikut kandungan yang bisa memicu peradangan, kemerahan serta iritasi pada kulit.

1 dari 2 halaman

Parfum

Parfum dapat memberikan sensasi kurang nyaman, kemerahan serta iritasi pada kulit. Terutama, bagi yang memiliki kulit sensitif maupun penderita dermatitis.

Respons tersebut bisa dirasakan pada skincare yang mengandung parfum sintetis atau natural. Sehingga, hati-hati ketika menggunakan produk yang mengandung parfum.

Paraben

Paraben merupakan bahan yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Terutama jika konsentrasinya cukup tinggi.

Bahan ini juga diklaim sangat mudah terserap ke dalam tubuh dan bertahan pada jaringan maupun cairan tubuh. Bahkan, paraben ditemukan pada jaringan payudara penderita kanker.

Namun, belum ada penelitian lebih lanjut seputar dampak paraben dengan kanker. Paraben juga diklaim dapat mengganggu produksi hormon estrogen.

Jika menemukan produk skincare yang mengandun butylparaben, propylparaben, methylparaben atau isobutylparaben, perhatikan letak penulisan kandungannya.

Pastikan paraben terletak pada di bagian tengah menuju akhir daftar kandungan agar konsentrasinya tidak terlalu banyak.

2 dari 2 halaman

Formaldehyde

Kandungan ini bertujuan untuk mencegah perkembangan bakteri. Tapi berdasarkan International Agency for Research on Cancer, formaldehyde termasuk bahan yang bersifat karsinogen.

Meski begitu, sebagian produsen kosmetik tidak menganggap bahan ini berbahaya karena konsentrasinya rendah.

Padahal, pemakaian skincare yang mengandung formaldehyde secara rutin tetap berbahaya dan bisa menyebabkan kanker. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa kandungan ini bisa memicu dermatitis.

Alkohol

Walaupun tidak disarankan untuk digunakan pada skincare, namun masih banyak produk yang mengandung alkohol.

Biasanya, alkohol digunakan agar produk lebih cepat mengering pada kulit, membuat wajah lebih kencang serta memberikan efek kenyal. Alkohol bisa kamu temukan dalam toner, pembersih dan skincare lainnya.

Jika kulitmu sangat kering dan mudah iritasi, hindari kandungan ethanol, isopropanol serta propanol pada skincare.

Namun, jenis alkohol seperti stearyl, cetearyl dan cetyl aman untuk kulit serta tidak menyebabkan iritasi. Jenis alkohol ini digunakan untuk membuat minyak dan cairan tetap menyatu.

Beri Komentar