Khasiat Gula Merah untuk Kecantikan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 30 Januari 2019 16:42
Khasiat Gula Merah untuk Kecantikan
Ternyata kandungannya nggak kalah mujarab dibanding gula putih.

Dream - Mungkin Sahabat Dream sering mendengar manfaat gula putih untuk kecantikan. Bumbu dapur ini bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, seperti scrub bibir atau wajah.

Tapi tahukah kamu, tak hanya gula putih saja yang punya khasiat untuk kecantikan? Gula merah pun ternyata enggak kalah ampuh.

Gula merah juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan karena kandungan mineralnya.

Berikut lima manfaat kecantikan gula merah sebagaimana dikutip Dream dari Times of India.

1 dari 2 halaman

Jerawat hingga Rambut

Mengatasi Jerawat

Gula merah mampu menyembuhkan jerawat dan komedo. Mengonsumsi sepotong gula merah setiap hari bisa menghaluskan permukaan wajah, menghilangkan noda hitam dan jerawat, serta membuat wajahmu tampak bersinar.

Melawan Kerutan

Siapa sangka, gula merah memiliki kandungan anti aging yang mampu melawan kerutan. Hal ini biasa diterapkan pada teknik Ayurveda dengan mencampur gula merah, biji wijen, dan bahan-bahan herbal lainnya, untuk melawan penuaan dini.

shutterstock© dream.co.id

Rambut Berkilau

Ingin rambut lebih berkilau? Campurkan dua sdm gula merah dan air ke dalam mangkuk. Lalu, oleskan campuran pada rambut dan diamkan 10 menit sebelum dibilas.

2 dari 2 halaman

Hilangkan Noda

Menghaluskan Kulit

Gula merah mengandung asam glikolat yang mampu menghaluskan kulit. Yang perlu dilakukan adalah mencampur 2 sendok teh madu, beberapa tetes lemon dan 1 sendok makan gula merah hingga mengental.

Lalu, oleskan ke seluruh wajah. Jika sudah mengering, bilaslah dengan air hangat.

shutterstock© dream.co.id

Menghilangkan Noda di Wajah

Gula merah juga mampu menghilangkan noda dan mencerahkan kulit wajah. Campur 1 sdm gula merah bubuk, 1 sdt perasan tomat, beberapa tetes lemon dan bubuk kunyit.

Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah terasa mengering, bilaslah dengan air dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Beri Komentar