Kurangi Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Agar Gigi Lebih Putih

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 26 Maret 2021 13:13
Kurangi Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Agar Gigi Lebih Putih
Cegah gigi kuning dengan menghindari jenis makanan ini.

Dream - Terkadang, penampilan wajah, gaya rambut maupun cara berpakaian belum cukup untuk membuat seseorang terlihat menarik. Semua hal tersebut tidak akan berarti jika gigimu kusam, kekuningan, bahkan kehitaman.

Gigi yang berwarna kekuningan atau tidak terlalu putih bisa disebabkan oleh faktor genetik dan tidak menjadi penanda bahwa kondisinya sedang bermasalah.

Namun jika warnanya sudah terlalu kuning, terlihat sangat kotor, apalagi kehitaman, kamu harus mulai berkonsultasi dengan dokter gigi. Hal ini bisa menjadi penanda masalah gigi.

Sebelum berkonsultasi pada dokter gigi, kamu bisa menghindari beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan perubahan warna pada email, seperti dilansir Healthline berikut ini.

1 dari 2 halaman

Kopi

Kopi merupakan jenis minuman yang paling sering diklaim menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Perubahan tersebut disebabkan oleh kandungan tanin pada kopi yang membuat warna minumannya dapat menempel di gigi.

Teh

Teh juga mengandung tanin yang menyebabkan perubahan warna pada gigi. Oleh karena itu, kamu harus membatasi konsumsi teh maupun kopi jika ingin gigi tetap cerah.

Selain itu, penelitian pada 2014 membuktikan bahwa menambahkan 2 persen susu pada teh dapat mengurangi potensi perubahan warna pada gigi. Hal tersebut diakibatkan oleh kandungan kasein yang mampu memutihkan gigi.

2 dari 2 halaman

Jus buah dan buah beri

Buah beri dan delima dapat membuat gigi terlihat lebih gelap. Bahkan, warnanya bisa menjadi permanen pada sebagian orang.

Mengonsumsi buah beri, anggur, bit dan delima dalam bentuk jus juga dapat menyebabkan hal yang sama.

Minuman bersoda

Minuman bersoda atau berenergi dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Ini disebabkan oleh kandungan asam yang bersifat korosif atau dapat mengikis lapisan pelindung (enamel) gigi.

Akhirnya, dentin yang berwarna lebih gelap atau kekuningan pun akan terlihat semakin jelas.

Beri Komentar