Manjakan Kulit Biar Makin Cerah dengan 4 Bahan Alami

Reporter :
Jumat, 5 November 2021 11:12
Manjakan Kulit Biar Makin Cerah dengan 4 Bahan Alami
Saat di rumah dan malas facial ke salon, coba gunakan bahan-bahan berikut.

Dream - Kebanyakan perempuan menginginkan wajah yang glowing atau bersinar. Hal itu bisa didapatkan jika kita merawatnya dengan rutin.

Selain dapat menggunakan produk perawatan yang ada di pasaran, memanfaatkan produk perawatan dari bahan-bahan alami juga bisa kamu lakukan. Kulit yang kusam bisa disebabkan karena banyaknya sel kulit mati yang menumpuk di wajah.

Untuk mendapatkan wajah glowing, salah satu kunci utamanya adalah memastikan wajah bersih dari sel-sel kulit mati yang menumpuk. Manfaatkan saja bahan alami yang ada di rumah untuk mengangkat sel kulit mati tersebut.

1 dari 6 halaman

Bahan Alami Bisa Bikin Wajah Glowing

  • Lidah Buaya 

Bahan utama yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat wajah glowing adalah lidah buaya. Memiliki kemampuan untuk membuat wajah bersinar secara alami, karena dapat meremajakan dan membuat kulit lebih terhidrasi. Tidak hanya itu, lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk memancing pertumbuhan sel-sel kulit baru, dan menenangkan kulit. 

  • Minyak Kelapa

Kamu bisa mendapatkan wajah yang bersinar dengan memasukan minyak kelapa dalam rangkaian perawatan kulitmu. Berfungsi untuk menutrisi kulit karena adanya asam lemak yang memiliki kemampuan mengikat hidrasi di wajah, sangat bagus untuk kulit kusam dan kering. 

2 dari 6 halaman

  • Madu 

Madu menjadi salah satu bahan alami biasanya selalu ada di rumah. Banyak dimanfaatkan untuk kesehatan, madu yang memiliki kemampuan antibakteri dapat membuat jerawat di wajah berkurang. Selain itu, madu juga sangat bagus untuk menjaga hidrasi wajah, yang sangat dibutuhkan untuk memberikan wajah yang lebih bersinar. 

  • Lemon 

Buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi di dalamnya ini sangat bagus untuk membantu kamu memberikan kulit bersinar. Antioksidan yang ada di dalam lemon, sangat bagus untuk menangkal radikal bebas, dan kandungan vitamin C-nya bagus untuk membuat wajah lebih cerah. (mut)

 

Sumber: Stylesatlife

 

 

 

 

3 dari 6 halaman

Cara Kerja 4 Varian Antioksidan yang Bikin Kulit Glowing

Dream - Beberapa tahun terakhir, antioksidan menjadi bahan yang kerap terkandung dalam produk perawatan kulit. Antioksidan tidak hanya menangkal radikal bebas, tapi juga berbagai masalah kulit.

Kamu hanya perlu memilih jenis antioksidan yang tepat untuk kulitmu. Produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan juga harus digunakan dengan hati-hati.

Tidak semua antioksidan bisa dipakai bersamaan dengan produk perawatan kulit lainnya. Untuk mengetahui lebih jauh seputar antioksidan, berikut penjelasan yang dilansir dari Byrdie.

4 dari 6 halaman

Bagaimana antioksidan bekerja?

Menggunakan Skincare© Shutterstock

Antioksidan merupakan zat yang sangat efektif menjaga sel kulit dari radikal bebas dengan cara melepas elektron. Radikal bebas bisa datang dari polusi udara, cahaya biru gadget, serta stres oksidatif yang bisa menyebabkan penuaan dini, kulit kering, hiperpigmentasi, dan masalah kulit lainnya.

Jika ingin menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan antioksidan, berikut beberapa jenis yang bisa dipilih untuk menjaga kesehatan kulitmu.

5 dari 6 halaman

1. Vitamin C

Menggunakan Skincare© Shutterstock

Vitamin C atau asam askorbat dapat melindungi kulit dari dampak buruk stres oksidatif yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi, perubahan tekstur kulit, garis halus, serta kekusaman.

Kamu bisa menggunakannya bersama vitamin E dan ferulic acid yang kerap ditemukan pada gandum, beras cokelat, serta apel. Selain itu, vitamin C dapat meningkatkan efektivitas pemakaian tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

2. Niacinamide

Niacinamide adalah salah satu bentuk utama vitamin B3 yang bisa memperkuat lapisan pelindung kulit, mengatasi jerawat, rosacea, masalah pigmentasi, serta mencegah maupun menyamarkan kerutan.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk mencegah atau mengatasi hiperpigmentasi dan komedo. Jika ingin menggunakannya, hindari pemakaian AHA atau BHA secara bersamaan.

6 dari 6 halaman

3. Hyaluronic Acid

Menggunakan Skincare© Shutterstock

Sangat banyak produk kecantikan yang mengandung hyaluronic acid. Kandungan ini bertujuan untuk mempertahankan hidrasi kulit, memperkuat lapisan pelindung kulit, mencegah radikal bebas, serta membantu menyamarkan hiperpigmentasi maupun tanda penuaan. Tekstur kulit juga akan lebih halus jika menggunakan produk kecantikan yang memiliki kandungan ini.

4. Retinol

Retinol merupakan turunan vitamin A yang dapat membantu proses regenerasi sel, merangsang kolagen, dan memperbaiki DNA yang rusak.

Sayangnya, retinol harus digunakan sangat hati-hati. Jika tidak, retinol dapat menyebabkan masalah kulit yang sangat mengganggu dan sulit diatasi, terutama pada kulit sensitif.

Jika ingin mencobanya, gunakan produk yang mengandung retinol berkonsentrasi rendah atau sekitar 0,1-0,25 persen. Kamu bisa meningkatkan dosisnya perlahan-lahan jika tidak terdapat reaksi kulit yang berbahaya.

Ketika rutin memakai retinol atau sekitar 1-2 kali seminggu, kamu harus menggunakan tabir surya setiap pagi hingga sore. Pasalnya, pemakaian retinol dapat membuat kulit sensitif terhadap paparan sinar UV.

Laporan: Syifa Putri Naomi

Beri Komentar