Miliki Rambut Bebas Cabang dan Lembap dengan Perawatan Ini

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 7 April 2021 13:45
Miliki Rambut Bebas Cabang dan Lembap dengan Perawatan Ini
Jangan sampai rambut sulit diatur.

Dream - Masalah rambut bukan hanya ketombe atau kerontokan. Rambut bercabang juga seringkali menjadi masalah yang sulit diatasi. Ketika bercabang, rambutmu akan lebih sulit disisir dan terlihat kurang rapi.

Bahkan, rambut akan lebih mudah kusut karena lebih kering dan bagian bawahnya kurang teratur. Maka dari itu, kamu harus mencegah dan mengatasi rambut bercabang agar tetap sehat, rapi dan bervolume.

Dilansir Makeup.com, berikut perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut bercabang agar kembali sehat dan mudah diatur.

1 dari 3 halaman

Memotong rambut secara rutin

Sebagian orang merasa tidak terlalu perlu untuk memotong rambut secara rutin. Padahal, hal ini dapat mencegah rambut bercabang.

Sesuaikan rutinitas potong rambut dengan kondisi serta kebutuhannya. Kamu tidak harus memotongnya terlalu sering. Potonglah rambut setiap 6-12 bulan sekali untuk menjaganya tetap sehat.

Jika sering menggunakan alat penata rambut bersuhu panas, mungkin kamu perlu memotong rambut lebih sering.

Jangan terlalu sering keramas

Meski rambut akan lebih bersih setelah keramas, namun melakukannya terlalu sering justru akan membuat rambutmu lebih kering dan rentan bercabang. Oleh karena itu, keramaslah maksimal sehari sekali.

2 dari 3 halaman

Menggunakan sampo dan conditioner yang mampu menutrisi rambut

Pastikan kamu selalu menggunakan sampo dan conditioner saat keramas. Menggunakan sampo saja belum cukup untuk menjaga kelembapan rambut.

Kamu juga perlu memakai conditioner untuk mencegah rambut kering, kusut dan bercabang. Gunakan pada batang hingga ujung rambut, biarkan beberapa menit dan bilas hingga benar-benar bersih.

Pastikan juga sampo dan conditioner memiliki kandungan yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu agar dapat mengatasi masalah tertentu serta membuatnya tetap sehat.

Menggunakan produk perawatan rambut lainnya setelah keramas

Gunakanlah leave-in hair products setelah menyerap sisa air setelah keramas untuk menjaga kesehatan rambut selama beraktivitas. Kamu bisa menggunakan krim, serum atau produk lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan rambut.

3 dari 3 halaman

Menggunakan sisir yang tepat

Jangan sisir rambut saat basah. Tunggu hingga rambutmu sedikit mengering dan gunakan sisir yang bergigi tidak terlalu rapat agar tidak menyebabkan kerontokan.

Menggunakan masker atau minyak rambut

Gunakanlah masker atau minyak rambut yang mampu melembapkan untuk mengatasi kondisi kering serta bercabang. Masker rambut mampu memberikan kelembapan ekstra.

Sedangkan minyak rambut mampu mengunci kelembapannya. Sehingga, memakai keduanya akan menjadi paduan yang pas untuk mengatasi rambut kering dan bercabang.

Menggunakan heat protector

Selalu gunakan heat protector ketika ingin menata rambut dengan alat bersuhu panas untuk mencegah potensi bercabang atau kering. Sehingga, rambut pun lebih kuat dan tetap lembap.

Beri Komentar