Biang Kerok Munculnya Jerawat Saat Mulai Rutin Berolahraga

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 23 Mei 2022 06:45
Biang Kerok Munculnya Jerawat Saat Mulai Rutin Berolahraga
Ini kata dokter kulit.

Dream - Ketika ingin menjalani pola hidup sehat, hal pertama yang seringkali dianjurkan untuk dilakukan secara rutin adalah berolahraga.

Berolahraga secara rutin bisa menyebabkan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan kulit. Berdasarkan penuturan Dokter Kulit, Arthur Simon, berolahraga bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Hal tersebut membuat aliran nutrisi ke sel kulit lebih optimal. Sehingga, kesehatan kulit pun meningkat ketika kamu rutin berolahraga. Meski begitu, beberapa orang justru memiliki wajah berjerawat ketika mulai terbiasa berolahraga. Fenomena ini tidak dipungkiri oleh Arthur.

Menurutnya, munculnya jerawat saat rutin berolahraga bisa diakibatkan kebiasaan sebelum atau setelah olahraga. Maka dari itu, dia menganjurkan beberapa kebiasaan yang harus diperhatikan.

1 dari 4 halaman

1. Membersihkan Makeup Sebelum Berolahraga

Membersihkan Wajah© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Berolahraga menggunakan makeup hanya akan membuat riasan yang menyumbat pori-pori wajah bercampur dengan keringat dan bakteri. Sehingga, tidak heran jika wajah mudah berjerawat.

Jadi, pastikan wajahmu bersih dan telah menggunakan skincare sebelum maupun segera setelah berolahraga.

2 dari 4 halaman

2. Menggunakan Pakaian yang Bersih

Berolahraga© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Pakaian yang digunakan saat berolaharaga juga sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Jika pakaianmu kotor, kamu akan lebih mudah memiliki jerawat punggung. Apalagi, jika pakaianmu ketat.

Jika sering membersihkan keringat dengan pakaian, kamu juga berpotensi memiliki jerawat. Selalu pastikan pakaianmu benar-benar bersih sebelum berolaharaga. Setelahnya, kamu pun harus segera mandi untuk menjaga kebersihan kulit.

3 dari 4 halaman

3. Menggunakan Tabir Surya

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Hal ini sangat penting ketika kamu berolahraga di luar ruangan. Begitu pula ketika berolahraga di ruangan yang terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati serta penyumbatan pori-pori yang berujung pada munculnya jerawat.

4. Menggunakan Handuk Bersih

Tidak hanya pakaian, pastikan juga handukmu benar-benar bersih. Jangan taruh handuk di sembarang tempat. Apalagi, menaruhnya di sekitar alat olahraga yang tidak terjamin kebersihannya.

Pastikan juga handuk yang digunakan bertekstur lembut dan dipakai dengan ditepuk-tepuk pada wajah untuk mengurangi gesekan.

Beri Komentar