Pastikan Skincare Malam Hari Tak Menempel di Bantal

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 18 November 2021 17:12
Pastikan Skincare Malam Hari Tak Menempel di Bantal
Jangan sampai skincare andalan malah sia-sia.

Dream - Rutinitas menggunakan skincare pada malam hari memang tak boleh ditinggalkan untuk menjaga kesehatan kulit. Ada yang menggunakan toner, serum, krim malam atau memakai sheet mask.

Manfaat skincare malam, dikutip dari KlikDokter.com, adalah melembapkan, merawat, dan meregenerasi kulit wajah. Sayangnya, seringkali produk skincare yang kita gunakan bukan meresap ke kulit tapi malah menempel ke bantal.

Biasanya, hal itu terjadi karena setelah pakai skincare, kita langsung terlelap dan tak memberikan waktu formulanya menyerap dan mengering. Tentunya kebiasaan itu bisa membuat skincare yang kita gunakan jadi sia-sia.

Untuk itu lakukan tip berikut dari dr Sara Elise Wijono, MRes, agar skincare andalan kamu tak malah menempel di sarung bantal.

1. Beri Jeda
Dijelaskan dr. Sara, kesalahan menggunakan skincare malam yang umum adalah tidak memberikan jeda pada produk untuk menyerap ke kulit. Kebanyakan wanita langsung tidur setelah menggunakan produk perawatan kulit malam hari. Hal itu akhirnya dapat menyebabkan skincare malam tidak bekerja optimal karena menempel di bantal.

Dokter Sara mengatakan, memang tidak ada aturan pasti berapa lama jeda untuk menunggu skincare malam sebelum tidur. “ Saat menggunakan skincare malam, biarkan produk menyerap terlebih dahulu. Kalau buat penyerapan, sebaiknya kurang lebih setengah jam. Jadi, penggunaan skincare bisa disesuaikan dengan jam tidurnya,” kata dr. Sara.

 

1 dari 6 halaman

2. Tidur Telentang

Cara mencegah produk perawatan kulit malam hari menempel di bantal berikutnya adalah tidur telentang. Tidur menyamping atau tengkurap membuat kulit bersentuhan langsung dengan bantal. Produk skincare yang bisa digunakan dapat berpindah dari wajah ke bantal.

Tren Skin Fasting: Merawat Kesehatan Kulit Tanpa Skincare© MEN

Dokter Sara mengatakan tidak perlu terus-menerus tidur telentang setelah menggunakan skincare malam. Coba tidur telentang jika penggunaan skincare malam masih kurang dari 30 menit.

“ Kalau sudah menyerap, bisa tidur seperti biasa. Tapi, kalau belum menyerap, misalnya baru pakai skincare kurang dari 30 menit, bisa coba telentang dulu tidurnya,” kata dr. Sara.

 

2 dari 6 halaman

3. Gunakan Produk Bertekstur Ringan (Lebih Cair)

Tips menghindari skincare mengotori bantal selanjutnya adalah gunakan produk bertekstur ringan dan cepat menyerap. Sebaiknya tidak memakai produk berbahan dasar minyak atau krim bertekstur sangat kental jika ingin bergegas tidur. Skincare bertekstur minyak biasanya lebih lama diserap kulit. Perhatikan cara layering (memakai skincare berlapis) dari produk yang akan digunakan.

Mengenal 5 Jenis Acid dalam Kandungan Skincare yang Baik untuk Kesehatan Kulit© Shutterstock

4. Ganti Seprai dan Sarung Bantal Berkala
Untuk memastikan bantal yang kita gunakan selalu bersih dan bebas bakteri, gantilah secara teratur. Bantal kerap kali kotor karena banyak kotoran dan keringat, dan memicu timbulnya jerawat. Ini juga berlaku pada seprai, jadi pastikan ganti secara teratur.

Selengkapnya baca di sini.

3 dari 6 halaman

Jangan Dibuang! Begini Cara Manfaatkan Skincare yang Tak Cocok di Wajah

Dream - Tidak semua produk perawatan wajah cocok untuk kulitmu. Terkadang, kamu terlanjur membelinya dan kulit pun berjerawat atau menimbulkan reaksi alergi lainnya, seperti kemerahan, gatal, atau perih.

Ketika mengalami hal ini, jangan buru-buru buang produk tersebut. Beberapa jenis produk justru bisa digunakan untuk merawat kulit tubuh. Namun, kamu tetap harus berhati-hati ketika ingin menggunakannya pada area kulit lain.

Produk perawatan wajah hanya bisa digunakan pada area tubuh lainnya jika tidak menimbulkan reaksi alergi yang terlalu parah. Pasalnya, hal tersebut bisa terjadi juga pada area tubuh lainnya.

" Jika sebelumnya muncul reaksi alergi di wajah, hindari menggunakannya di bagian tubuh lain. Karena ujung-ujungnya bisa berpotensi menimbulkan alergi,” kata dr. Adeline Jaclyn dilansir dari Klik Dokter.

Jenis skincare yang hanya menyebabkan kemerahan pada kulit sensitif, biasanya produk tersebut kemungkinan bisa digunakan di area tubuh lainnya. “ Kalau diaplikasikan di kulit wajah malah sensitif, tetapi di kulit bagian lain lebih tidak sensitif dan justru berfungsi" .

4 dari 6 halaman

Produk yang dapat digunakan

Meski tidak semua produk perawatan wajah bisa digunakan untuk merawat area tubuh lainnya, namun berikut jenis skincare yang dapat dipakai pada tubuh.

Face oil

Memakai Face Oil© Shutterstock

Face oil menjadi produk perawatan kulit yang banyak diminati akhir-akhir ini. Sayangnya, memilih facial oil tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi, jika kulitmu kombinasi normal dan berminyak atau sensitif.

Jika terlanjur membeli face oil yang kurang cocok pada kulitmu, gunakanlah sebagai minyak kutikula. Oleskan pada kuku untuk membuat kukumu lebih kuat, lembut, lembap, dan tidak mudah patah.

5 dari 6 halaman

Serum niacinamide

Serum niacinamide yang bisa meratakan kulit wajah bisa digunakan pada area tubuh lainnya. Ini sangat bermanfaat jika kamu memiliki bekas jerawat atau luka di punggung maupun area kulit lain.

Kamu hanya perlu mencampur body lotion dengan beberapa tetes serum niacinamide. Lalu, aplikasikan secara merata di area tubuh dengan warna kulit kurang merata.

Pelembap

Memakai Pelembap© Shutterstock

Pelembap wajah bisa dialihfungsikan menjadi lotion untuk menghaluskan kulit di area tubuh lainnya. Terutama, jika kamu sering terpapar polusi, sinar matahari, atau AC yang membuat kulit kering.

6 dari 6 halaman

Asam glikolat

Gunakanlah produk yang mengandung asam glikolat untuk mencerahkan kulit ketiak. Aplikasikanlah perlahan-lahan dengan jumlah sedikit untuk mencegah iritasi pada kulit ketiak yang tipis dan sangat sensitif.

AHA/BHA

AHA/BHA mampu membuat kulit lebih halus. Jika tidak cocok digunakan pada wajah, kamu bisa memakainya untuk menghaluskan tumit yang pecah-pecah. Tapi, semua perawatan tersebut hanya efektif jika kamu melakukannya secara rutin.

Beri Komentar