Rahasia Mengolah Musik Digital ala Komposer Drama

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 1 Agustus 2021 14:45
Rahasia Mengolah Musik Digital ala Komposer Drama
Intip yuk rahasianya

Dream - Setelah mengangkat 6 cerita rakyat Indonesia dengan drama musikal online tahun 2020 lalu, Indonesia Kaya kembali menghadirkan drama musikal. Kali ini bertajuk Serial Musikal Nurbaya yang terdiri dari 6 episode.

Serial musikal yang diadaptasi dari novel Siti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli ini membawa penonton menikmati irama, lantunan suara indah dan musik yang memanjakan telinga sepanjang cerita.

Orang di balik nikmatnya musik pada drama ini adalah Ivan Tangkulung, komposer yang bertanggung jawab sebagai direktur musik. Ditambah lagi, Ivan banyak menghadirkan musik yang unik kolaborasi Tango dan Dangdut.

Foto© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Sebagai komposer, di sini aku dalamin instrumen piano. Tapi tips untuk teman-teman kalau suka nyanyi atau bikin lagu, dalamin itu aja nggak harus piano. Intinya buat musik dan lirik lagi bercerita dan bisa terbawa pesannya ke pendengar” jelas Ivan, Direktur Komposer pada konferensi virtual Siti Nurbaya, Jumat, 30 Juli 2021.

1 dari 3 halaman

Kreatif di Segala Kondisi

Sebagai komposer pastinya dituntut untuk kreatif di segala situasi bahkan saat proses syuting sekalipun. Jika terasa tidak pas, tentu ada perubahan musik dan ini juga baiknya diselesaikan dengan cepat.

Nola© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Ivan juga menambahkan untuk memilih musik yang unik tapi juga nikmat di telinga. Seperti kolaborasi musik Dangdut dan Tango pada lagu yang dinyanyikan 'Etek' yang diperankan oleh Nola B3.

 

2 dari 3 halaman

Kolaborasi

Serial Musikal Nurbaya ini pastinya tidak hanya membutuhkan musik yang sempurna tapi juga kolaborasi banyak hal lainnya. Seperti Andrea Miranda dan Gabriel Harvianto sebagai pelatih vokal dan juga orang dibalik lantunan suara indah dan musik yang memanjakan telinga sepanjang cerita ini.

Kolaborasi© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Kolaborasi rekaman suara dan gambar juga harus sama-sama berkualitas untuk menyempurnakan koreografi dan performance drama musikal ini.

Dibutuhkan bantuan sinematografer Bella Pangabean dan Caron Shaine manager produksi, dan Iskandar Loedin sebagai direktur artistik.

 

3 dari 3 halaman

Produksi Visual

Proses yang berawal dari panggung, kemudian melalui virtual hingga akhirnya diproduksi layaknya sebuah film menjadi hal yang baru bagi hampir semua yang terlibat.

Siti Nurbaya© Istimewa

“ Keseluruhan proses Serial Musikal Nurbaya ini mulai dari musik, tari, kostum sampai pengambilan gambar merupakan jerih payah seniman di belakangnya." tambah Ivan.

Renitasari Adrian, Program Director Indonesia Kaya berharap semoga produksi terbaru ini dapat memberikan warna baru bagi penikmat seni di Indonesia dan menggugah para generasi muda untuk mengulik berbagai karya sastra Indonesia yang luar biasa.

Beri Komentar