Seberapa Efektif Campuran Sampo dan Kopi untuk Mengatasi Rambut Rontok?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 19 Oktober 2021 12:12
Seberapa Efektif Campuran Sampo dan Kopi untuk Mengatasi Rambut Rontok?
Berikut penjelasannya.

Dream - Beberapa waktu lalu, campuran sampo dan bubuk kopi menjadi tren perawatan rambut di media sosial. Cukup banyak orang yang mencoba tren tersebut dan membagikan pengalamannya.

Tidak sedikit yang berhasil membuat rambut lebih sehat seperti akun Twitter @ohmybeautybank. Ia mencoba tren perawatan rambut tersebut dan berhasil mengatasi rambutnya yang rontok.

" Gais jadi tadi ak baru coba keramas pake kopi dan shampoo, shockk banget masa rambut ak yg rwontokkk parah dipegang doang uda dapet banyak, ini tadi sampe ak jambakin cuma dpet 1 helai, uda pusing2 nyari hair care, vitamin dll cocoknya sama kopi," tulisnya.

1 dari 4 halaman

Meski berhasil bagi sebagian orang, namun pemakaian kopi untuk perawatan rambut tidak selamanya baik. Dilansir Klik Dokter, dr. Devia Irine Putri menjelaskan bahwa kopi bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala jika digunakan dalam jumlah yang tidak terkontrol.

Kulit Kepala Gatal© Shutterstock

Kulit kepala bisa terasa gatal setelah pemakaian kopi untuk perawatan rambut. Kamu juga bisa mengalami perubahan warna rambut jika menggunakan kopi sebagai campuran sampo.

Pemakaian kopi untuk perawatan rambut juga belum tentu bisa diterapkan pada setiap orang. Terutama, rambut yang sedang rontok parah dan gatal-gatal untuk waktu lama.

2 dari 4 halaman

Sebenarnya, berdasarkan National Center for Biotechnology Information Amerika Serikat, kopi bisa mengaktifkan sel folikel rambut dan memproduksi molekul adenosina trifosfat (ATP). Molekul itu sendiri mampu mengatasi rambut rontok serta memperkuat batang rambut.

Jika ingin mencoba beberapa campuran kopi untuk perawatan rambut, kamu bisa melakukan tutorial di bawah ini.

1. Minyak rambut dan kopi

Jika ingin pertumbuhan rambut lebih optimal dan rambutmu lebih bervolume, kamu bisa menggunakan campuran minyak rambut serta kopi.

Pertama-tama, masukkan 2 cangkir minyak kelapa, almond, atau zaitun ke dalam panci. Masukkan juga seperempat cangkir biji kopi panggang dan nyalakan api kecil. Lalu, tutup panci dan masak campurannya selama 7-8 jam.

Cek berkala dan aduk campurannya agar tidak gosong. Matikan apu dan tuangkan campurannya ke toples kaca saat suhunya menurun. Tambahkan minyak lavender, rosemary, atau peppermint bila perlu.

Simpan campurannya di kulkas dan aplikasikan pada kulit kepala ketika ingin melakukan perawatan rambut secara ekstra.

3 dari 4 halaman

2. Kopi sebagai kondisioner

Melakukan Perawatan Rambut© Shutterstock

Gunakan kopi jika kamu tidak memiliki kondisioner di rumah. Kamu hanya perlu menyeduh kopi dengan air hangat dan aplikasikan air kopi pada rambut yang telah dikeringkan setelah keramas.

Biarkan selama 5 menit dan bilas kembali menggunakan air bersih. Lalu, serap sisa air dengan handuk lembut.

3. Masker rambut dari kopi

Kamu pun bisa membuat masker dari kopi agar rambutmu lebih halus serta berkilau. Campur satu sendok teh madu, minyak zaitun, serta dua sendok teh bubuk kopi dalam mangkuk. Aduk rata dan aplikasikan pada rambut. Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

4. Pewarna rambut alami

Seperti yang diungkap oleh dr. Devia, kopi bisa menjadi pewarna rambut alami. Bahkan, kamu bisa mewarnai rambut secara alami sambil memperoleh nutrisinya.

Sama seperti membuat masker kopi, kamu hanya perlu menyeduh kopi dan biarkan hingga mendingin. Lalu, tambahkan 2 cangkir leave-in conditioner dan 2 sendok makan bubuk kopi organik.

Aduk rata dan aplikasikan pada rambut. Biarkan selama 1 jam sebelum dibilas menggunakan air hangat. Keringkan rambut dengan handuk lembut untuk mengurangi gesekan.

Beri Komentar