Simak 7 Tips Memilih Maskara yang Tepat!

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 19 Februari 2021 19:33
Simak 7 Tips Memilih Maskara yang Tepat!
Jangan sampai salah!

Dream – Maskara merupakan salah satu beauty item penting dalam merias wajah. Dengan maskara, bulu mata yang tipis dan pendek dapat terlihat tebal dan lebih panjang.

Memilih dan memakai maskara sepertinya terlihat mudah. Namun tahukah Sahabat Dream bahwa maskara memiliki banyak varian untuk menghasilkan riasan wajah berbeda?

Bagaimana cara menemukan maskara yang tepat dan mendapatkan hasil indah pada mata? Simak tips berikut!

1. Tentukan jenis maskara

Menentukan tema makeup yang akan digunakan hari itu. Lalu, tentukan apakah kamu memilih maskara tahan air atau tidak. Jika kamu tinggal di lingkugan panas atau mata sering berair, gunakan maskara tahan air.

2. Pilih warna maskara

Menentukan warna maskara yang tepat ditentukan sesuai dengan warna bola mata dan kulit serta warna alis. Jika ingin tampak lebih belo dan lebar gunakan maskara hitam, sedangkan untuk tampilan natural gunakan maskara coklat.

1 dari 4 halaman

3. Temukan sikat maskara terbaik

Sikat maskara adalah alat utama untuk menentukan tampilan bulu mata yang diingkan.

Sikat bulu lurus memberi cakupan maskara penuh, dapat mencapai bulu mata yang pendek, dan membuatnya terlihat ramping dan terpisah, sementara sikat maskara yang melengkung dan klasik membuat bulu mata lebih tebal dan melengkung.

4. Maskara untuk mata sensitif

Jika kamu pengguna lensa kontak atau memiliki mata sensitif, pakailah maskara yang sangat lembut, karena beberapa maskara dapat menyebabkan mata kemerahan, gatal, dan berair.

Bacalah bahan-bahannya sebelum membeli, jika ditemukan sesuatu yang menimbulkan alergi, segera hindari.

5. Cara memilih maskara berwarna

Hitam cocok untuk semua jenis riasan, sedangkan untuk maskara berwarna biru atau hijau, disarankan sesuaikan dengan warna mata dan corak riasan yang digunakan.

2 dari 4 halaman

6. Wangi dan tekstur maskara

Pastikan mencium bau dari maskara sebelum membeli. Jika terlalu menyengat atau aneh diikuti dengan gumpalan sebaiknya dihindari, karena kemungkinan telah tercemar atau sudah rusak.

Ilustrasi© Shutterstock

7. Membeli maskara bermerek

Maskara digunakan dekat dengan mata, jadi sebisa mungkin jangan menganti-ganti merek maskara, karena takut tidak cocok. Kenakanlah maskara yang biasa kamu gunakan.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Fustany)

3 dari 4 halaman

3 Kesalahan Memakai Maskara yang Sering Dilakukan

Dream - Meski terlihat sederhana, namun memakai maskara bisa menjadi sangat sulit. Apalagi, jika kamu tidak terbiasa menggunakan aplikator maskara tertentu.

Maskara bisa terlihat menggumpal dan mengotori bawah mata. Dilansir dari Miss Kyra, berikut kesalahan pemakaian maskara yang kerap dilakukan: 

Tidak menghapus maskara berlebih pada aplikator

Maskara© Shutterstock.com

Jika tidak menghapus maskara berlebih pada aplikator, bulu matamu akan mengotori area bawah mata. Pemakaian maskara juga akan terlihat clumpy.

Jadi, jangan lupa menghapus sisa maskara berlebih agar bisa memakai produk secukupnya dan terlihat rapi.

4 dari 4 halaman

Tidak menggoyangkan aplikator ketika memakai maskara


Memakai Maskara© Pexels.com

Menyisir bulu mata tanpa menggoyangkan aplikator saat memakai maskara tidak akan membuat bulu matamu terlihat lebih menarik.

Menggoyangkan aplikator akan menyebarkan maskara ke seluruh bulu matamu agar terlihat lebih bervolume secara merata.

Tidak memakai maskara lebih dari selapis

Memakai Maskara© Pexels.com

Memakai maskara hanya selapis tidak akan memberi perbedaan yang signifikan pada bulu matamu. Jadi, gunakan beberapa lapis maskara dan sesuaikan dengan bulu matamu. Sisir bulu mata menggunakan spoolie untuk memisahkannya sebelum memakai maskara.

(Sumber: Miss Kyra)

Beri Komentar