Stres Bisa Mempercepat Timbulnya Kerutan dan Garis Halus

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 24 April 2020 10:12
Stres Bisa Mempercepat Timbulnya Kerutan dan Garis Halus
Cegah penuaan dari usia 20.

Dream - Memakai skincare dan mengikuti pola hidup sehat tidak selamanya cukup untuk mengatasi penuaan. Kamu pun harus mengontrol stres.

Para pakar  seperti dilansir dari Miss Kyra, mengatakan bahwa stres dapat mempercepat penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit pun menua dan produksi kolagen maupun elastin mulai menurun. Inilah yang menyebabkan munculnya kerutan. 

Di samping stres, kamu pun harus memperhatikan pola hidup seperti menghindari rokok, paparan sinar matahari dan stres. Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol.

Hormon kortisol dalam jumlah yang sedikit dapat berdampak baik untuk tubuh. Tapi, lain halnya jika berjumlah banyak.

Stres© Pexels.com

Hormon kortisol dapat menghancurkan kolagen dan elastin pada kulit, sehingga menyebabkan kerutan. Stres juga menyebabkan peradangan dan mengganggu perbaikan sel kulit.

Bahkan, pakar juga menyatakan bahwa stres dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula darah. Ini pun mempengaruhi produksi elastin dan kolagen.

Maka dari itu, berlatih untuk mengontrol stres. Terutama setelah menginjak usia 20, saat produksi kolagen mular menurun. Cukupi waktu tidur, berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat bisa membantu mengatasi stres.

(Sumber: Miss Kyra)

1 dari 4 halaman

Perawatan Kecantikan yang Dapat Mengatasi Stres

Dream - Kamu tidak harus pergi ke salon kecantikan atau pergi ke tempat rekreasi untuk menenangkan diri. Melakukan perawatan di rumah juga bisa meredakan stres.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut cara melepas stres yang bisa dilakukan di rumah selama physical distancing.

Memakai Aromaterapi

Essential Oil© Shutterstock.com

Menghirup aromaterapi dapat mengubah suasana hati. Pilihlah wewangian yang menenangkan seperti lavender, untuk diteteskan ke dalam aroma diffuser. Kamu juga bisa menggunakan lilin aromaterapi.

2 dari 4 halaman

Menyemprot Parfum Bantal


Parfum Bantal© Shutterstock.com

Parfum bantal seringkali digunakan untuk yang mengalami kesulitan tidur. Dengan menyemprotkan parfum pada bantal sebelum tidur, kamu akan merasa lebin tenang serta mudah terlelap.

Jangan berlebihan ketika menyemprot parfum bantal agar tidak terlalu menyengat.

3 dari 4 halaman

Memakai Masker di Bawah Mata

Masker Mata© Shutterstock.com

Stres dan kurang tidur dapat menyebabkan kantung mata atau lingkaran hitam.

Gunakanlah masker di bawah mata dan rutin memakai eye cream untuk mengatasinya. Kamu juga bisa membuatnya dari bahan alami menggunakan timun, madu dan air mawar.

4 dari 4 halaman

Memijat Wajah

Memijat Wajah© Shutterstock.com

Ini merupakan solusi yang paling tepat agar lebih tenang. Jika tidak bisa memijat seluruh tubuh, pijatlah bagian wajah ketika menggunakan facial wash atau produk perawatan kulit lainnya.

Pijatanmu akan memperlancar peredaran darah, mengatasi stres serta membuat kulitmu lebih glowing.

(Sumber: Miss Kyra)

Beri Komentar