Tips Bikin Kulit Tetap Glowing di Bulan Puasa

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 27 April 2019 17:02
Tips Bikin Kulit Tetap Glowing di Bulan Puasa
Jangan khawatir kulit kekurangan cairan, ya.

Dream - Kondisi kulit sangat bergantung terhadap asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jika mengonsumsi makanan sehat, kulit pun akan glowing dan bebas jerawat maupun iritasi.

Begitu juga saat berpuasa. Jangan heran kalau kulit akan terasa kering karena kurang cairan. Lalu, bagaimana menjaga kelembapan kulit saat berpuasa?

" Yang penting, saat sahur dan berbuka usahakan banyak minum air supaya hidrasinya terjaga. Jangan lupa makan buah dan sayur yang banyak mengandung air," ujar Maureen Situmeang, Spesialis Kulit dan Kelamin di Skin&Co, Jakarta Selatan, Rabu lalu.

 shutterstock

Selain memenuhi cairan tubuh, Sahabat Dream juga perlu membatasi asupan karbohidrat. " Terlalu banyak karbohidrat bisa bikin kulit kering. Kalau sudah makan nasi, jangan makan roti, mie atau kue-kue lagi," jelasnya menerangkan.

Asupan gula juga wajib kamu batasi untuk menjaga kulit tetap halus dan kenyal. " Makanan yang manis-manis seperti kopi, minuman dan makanan cepat saji juga membuat kulit kering," katanya.

 shutterstock

Setelah menjaga asupan, pakai skincare secara rutin setiap pagi dan malam. " Pakai day cream dan night cream sesuai kondisi wajah. Kalau perlu, pakai serum juga," tambah Maureen.

Jika dibutuhkan, Sahabat Dream yang berusia di atas 30, bisa melakukan perawatan laser untuk meremajakan kulit kusam.

1 dari 3 halaman

Pernah Alami Efek Purging Saat Coba Skincare?

Dream - Pernahkah Sahabat Dream mengalami purging atau berjerawat ketika mencoba skincare? Beberapa orang percaya dengan adanya efek purging.

Padahal, sebenarnya skincare yang cocok untuk kulitmu tidak akan menimbulkan masalah kulit.

" Sebenarnya, itu semacam pembenaran untuk skincare saja," ungkap Dewi Anggraini, Spesialis Kulit dan Kelamin di Skin & Co, Jakarta Selatan, Rabu kemarin.

  Event Skin&Co/Cynthia Amanda Male

Foto: Skin&Co event/Cynthia Amanda Male-Dream.co.id

Selain purging, masalah kulit seperti berjerawat dan iritasi juga diklaim sebagai proses detoksifikasi. " Baru dengar tentang detoksifikasi kulit. Sepertinya itu bukan detoks, tapi efek samping," katanya.

Dewi juga menjelaskan bahwa proses detoksifikasi biasanya dilakukan organ ginjaldan hati. " Kalau detoksifikasi kulit biasanya hanya melalui keringat," katanya.

Klaim dari beberapa skincare tersebut bisa dipastikan sebagai proses pemasaran agar lebih banyak orang yang mencoba suatu produk.

Ia pun tidak menyarankan untuk melakukan hal tersebut pada kulit karena bisa menyebabkan perubahan tekstur serta membuatnya lebih sensitif.

" Kalau pilih skincare, lebih baik yang sudah pasti cocok dari awal. Tidak harus mengalami iritasi atau berjerawat dulu," tutupnya. (ism)

2 dari 3 halaman

Tak Hanya untuk Kecantikan, Ini Manfaat Lain Botox

Dream - Kini semakin banyak jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Botox salah satunya.

Biasanya, botox dilakukan untuk menangani proses penuaan pada kulit. Namun ternyata, botox bisa dilakukan untuk membuat ketiakmu bebas dari keringat berlebih.

  shutterstock

" Botox juga bisa digunakan untuk mengurangi keringat berlebih, hiperhidrosis. Biasanya, artis-artis yang tidak mau terlihat noda di baju akibat berkeringat di daerah ketiak," ujar Maureen Situmeang, Spesialis Kulit dan Kelamin di Skin&Co, Jakarta Selatan, Rabu, 24 April 2019 kemarin.

Teknik perawatan ini bisa diterapkan untuk mengontrol keringat karena memiliki kemampuan memblokir saraf. " Botox berfungsi untuk memblokir saraf, baik untuk muscle maupun hiperhidrosis," jelasnya.

  Event Skin&Co/Cynthia Amanda Male

Foto: Skin&Co Event /Cynthia Amanda Male

Sama seperti tindakan botox lainnya, kamu perlu konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin dahulu agar bisa mendapatkan hasil sempurna.

" Nggak ada efek sampingnya karena hanya akan tahan 6-9 bulan. Tapi kalau ketebalan kulitnya berbeda, dosisnya juga berbeda," kata Maureen.

Selain di ketiak, botox juga biasa dilakukan untuk mengurangi produksi keringat di telapak tangan. " Biasanya, di ketiak dan telapak tangan. Di dunia kesehatan, botox juga bisa menangani kelopak mata yang drop, atau strabismus," pungkasnya. (ism)

3 dari 3 halaman

Kunci Makeup Tetap Glowing Saat Kulit Alami Penuaan

Dream - Makeup yang bersinar atau glowing tentunya jadi goal saat merias wajah. Bukan hanya pilihan dan teknik riasan yang menentukan, tapi juga kondisi kulit. Pada kulit usia 20-an dan sehat, biasanya hal ini tidak sulit dicapai.

Namun coba bayangkan jika kamu berusia 35 tahun ke atas. Makeup glowing kerap sulit didapatkan.

Di usia tersebut, kondisi kulit memang cenderung kering, mulai banyak smile linedan foundation tak menempel sempurna.

Makeup Artist The Body Shop, Kalpana Sharma, punya trik untuk mengatasi kondisi tersebut. Langkah pertama, jauh hari sebelum mengaplikasikan riasan, rawat kulit dengan mengenakan pelembap, masker dan serum agar kondisinya tak terlalu kering.

Ganti Produk Powder dengan Liquid

Saat makeup, kenakan primer secara merata. Pastikan kondisi primer sudah mengering, kemudian pakai foundation dengan warna yang tepat agar kulit lebih cerah.

  Gaya Hijab Cantik dengan Sentuhan Makeup Natural

Gunakan highlighter di beberapa bagian wajah. Bisa juga mencampur highlighter dan foundation supaya terlihat lebih glowing. Hindari eyeshadow shimmer atau powder di area mata supaya tidak mempertegas garis halus dan kerutan.

Agar terlihat lebih muda, pastikan memakai pelembap dan skincare secara rutin. Gantilah produk berformula powder dengan liquid supaya kerutan tetap tersamarkan dan makeup tidak mudah crack.

(Sah, Sumber: Times of India)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary