Tips Melindungi Wajah Dari Paparan Sinar Biru Pada Layar Gawai

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 20 Agustus 2020 11:30
Tips Melindungi Wajah Dari Paparan Sinar Biru Pada Layar Gawai
Cegah masalah kulit akibat sering menggunakan gawai.

Dream - Selama pandemi Covid-19, ruang gerak terasa sangat terbatas. Akhirnya, kita terpaksa menghabiskan lebih banyak waktu di depan ponsel atau laptop.

 Padahal, berlama-lama di depan layar bukanlah hal baik. Tidak hanya untuk kesehatan mata, tapi juga kulit.

" Sebenarnya, paparan sinarnya paling berbahaya bagi mata atau retina. Tapi, juga berpengaruh untuk kulit. Sinar pada layar merupakan sinar tampak berenergi tinggi dan lebar, sehingga mampu menembus kulit," ungkap Indrawati Widjaja, Spesialis Kulit dan Kelamin dalam Exclusive Interview Bersama Wardah dan Perdoski: Serba-serbi Permasalahan Kulit di Adaptasi Kebiasaan Baru, Rabu 19 Agustus 2020.

Hal tersebut dikaitkan dengan proses oksidasi dan menyebabkan kerusakan kulit atau photoaging. Cara yang paling ampuh untuk menghindari photoaging adalah mengurangi pemakaian gawai.

Indrawati juga menyarankan pemakaian blue light filter untuk mengurangi bahaya paparan sinar dari layar gawai.

Agar perlindungan lebih efektif, gunakan sunscreen yang cocok dengan jenis kulitmu.

" Pilih physical sunscreen yang lebih light untuk memfilter sinar biru. Pakai sunscreen yang mengandung titanium oxide atau zinc oxide," tutupnya.

 

1 dari 5 halaman

5 Cara Mencegah Masalah Kulit di Musim Panas

Dream - Di musim panas, kulit cenderung lebih berminyak, rentan berjerawat dan kusam, serta pori-pori membesar. 

Kamu bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit di musim panas. Lakukan beberapa hal yang dilansir dari Times of India agar kulitmu kembali sehat: 

Menghindari makeup

Tidak Memakai Makeup© Shutterstock.com

Makeup seringkali menjadi penyebab jerawat dan penyumbatan pori-pori. Ketika musim panas tiba, pemakaian makeup juga lebih berisiko untuk menyebabkan masalah kulit. Hindarilah pemakaian makeup berlebihan untuk mencegah penyumbatan pori-pori serta jerawat.

2 dari 5 halaman

Memakai blotting paper

Memakai Blotting Paper© Shutterstock.com

Ketika wajahmu sangat berminyak, lengket dan terasa kurang nyaman, gunakan blotting paper untuk mengurangi minyak di wajah.

3 dari 5 halaman

Membersihkan wajah

Membersihkan Wajah© Shutterstock.com

Bersihkan wajah setiap pagi dan malam untuk mengontrol produksi sebum. Namun, jangan melakukannya berlebihan agar tidak memicu produksi minyak berlebih akibat kulit dehidrasi.

4 dari 5 halaman

Mengganti produk skincare

Skincare© Shutterstock.com

Memasuki musim panas, kondisi kulitmu akan berubah. Jadi, pemakaian produk skincare yang berbeda sangat disarankan untuk menyesuaikan kondisi kulit.

5 dari 5 halaman

Memakai masker

Masker Wajah© Shutterstock.com

Gunakan clay mask untuk mencegah produksi minyak berlebih. Kamu bisa memakai masker multani mitti, lemon atau green tea sebelum tidur.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar