Tips Memastikan Pori-Pori Kulit Tetap Bersih Agar Bebas Komedo

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 18 Maret 2021 11:33
Tips Memastikan Pori-Pori Kulit Tetap Bersih Agar Bebas Komedo
Jangan sampai komedo mengganggu penampilan wajahmu.

Dream Blackheads dan whiteheads atau yang biasa dikenal masyarakat sebagai komedo merupakan masalah kulit setiap orang. Meski bisa dihindari, setiap orang pasti pernah memiliki komedo.

Komedo disebabkan oleh pori-pori tersumbat. Penyumbatan itu sendiri disebabkan oleh bakteri, minyak serta kotoran yang menumpuk pada pori-pori kulit.

Ketika mengalaminya, kamu harus melakukan beberapa perawatan yang dilakukan secara rutin agar kulit tetap bersih serta tidak menyebabkan komedo semakin buruk dan menghitam. Dilansir dari Times of India, berikut tips perawatan yang dapat membuat pori-pori tetap bersih.

1 dari 2 halaman

Membersihkan wajah secara rutin

Hal paling dasar yang harus dilakukan untuk memersihkan pori-pori kulit adalah memakai pembersih wajah secara rutin di pagi dan malam hari. Gunakan pembersih wajah yang ringan dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu agar perawatannya lebih efektif.

Mengeksfoliasi kulit

Lakukan eksfoliasi kulit untuk membersihkan wajah lebih maksimal. Namun, jangan lakukan setiap hari. Gunakan eksfoliator 1-2 kali seminggu.

Jika ingin lebih aman, lakukan mikrodermabrasi di salon kecantikan. Ini akan meminimalisir gesekan ketika menggunakan scrub dan kamu pun tidak perlu memilih produk eksfoliator yang dijual di pasaran.

2 dari 2 halaman

Mengompres wajah

Mengompres wajah dengan air hangat akan membuka pori-porimu. Hadapkan wajah ke bawah untuk memicu keluarnya kotoran pada pori-pori. Setelah beberapa lama, usap wajah menggunakan handuk halus. Kamu pun bisa membersihkan wajah menggunakan air dingin.

Berhati-hati ketika memilih produk makeup

Merias wajah akan membuat pori-porimu tertutup dengan bahan kimia yang bisa berbahaya jika tidak segera dibersihkan. Apalagi, jika tercampur dengan keringat, minyak dan kotoran lainnya.

Oleh karena itu, hati-hatilah dalam memilih produk makeup. Pilihlah produk yang ringan dan bersifat non-comedogenic agar lebih aman untuk pori-porimu.

Beri Komentar