Tips Mencegah Bibir Menghitam Akibat Lipstik

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 23 Januari 2020 19:45
Tips Mencegah Bibir Menghitam Akibat Lipstik
Hiperpigmentasi pada bibir disebabkan oleh pemakaian lipstik yang salah.

Dream - Bibir pucat bisa bikin penampilan kurang menarik. Nggak heran kalau banyak wanita mengandalkan lipstik untuk mempercantik bibir. Tapi tanpa disadari, lipstik menjadi salah satu penyebab bibir menghitam.

Hiperpigmentasi pada bibir disebabkan oleh pemakaian lipstik yang salah. Tak semua produk pewarna bibir mengandung bahan yang aman untuk bibir. Padahal, bibir merupakan salah satu anggota tubuh dengan kulit paling tipis.

" Lipstik biasanya membuat bibir jadi menghitam karena pasti terjadi reaksi kimia. Pada kasus parah dengan zat kimia berbahya bisa menyebabkan bibir gatal, iritasi dan gosong. Misalnya merkuri dan bahan iritan lainnya," kata dr. Maharani Prima, Dipl.AAAM.,CIBTAC, dokter estetika medik MP Skin Care di peluncuran Mahana Lip Cream, Jakarta, Kamis 23 Januari 2020.

 Maharani Prima

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Pastikan untuk memilih produk lipstik yang sudah terdaftar di BPOM agar keamanannya terjamin. Selain itu, ada juga perawatan khusus untuk jenis lipstik tertentu. Misalnya lipstik matte yang punya formula tahan lama dan sangat pekat.

" Matte lipstick itu kan sifatnya kering di bibir, jadi agar bibir tetap fresh harus dibersihkan dengan lip remover. Kalau tersisa noda bisa bikin kering dan menghitam," tegasnya.

1 dari 3 halaman

Tata Cara Memakai Lipstik yang Tepat

Setelah menggunakan lipstik seharian, jangan lupa untuk membersihkan bibir dengan memakai lip remover. Hindari memakai makeup remover yang tidak dirancang khusus untuk bibir.

Sahabat Dream bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitu sebagai pengganti lip remover. " Setelah itu gunakan lip balm sebelum tidur," kata dr. Maharani.

 Mahana CosmeticMahana Cosmetic © Instagram Mahana Cosmetic

Foto: Instagram Mahana Cosmetic

Jangan lupa perhatikan umur produk. Tanggal kadaluwarsa kosmetik biasanya berlaku sampai enam sampai dua belas bulan usai produk dibuka. Memakai produk kosmetik yang telah kadaluwarsa bisa memicu reaksi alergi bibir.

Agar bibir lebih terjaga, Sahabat Dream juga bisa memakai lipstick yang juga diformulasikan sebagai skincare. " Salah satu kandungan yang ada di dalam Mahana Lip Cream adalah vitamin E. Selain untuk mempercantik bibir, tapi juga untuk merawat dan menyegarkan bibir agak tidak kering dan menghitam," ujarnya

2 dari 3 halaman

Bahaya Menghapus Lipstik Tanpa Memakai Lip Remover

Dream - Lipstik formula long lasting dan transferproof menjadi produk kosmetik yang tengah diburu. Perempuan ingin tampil memesona sepanjang hari dengan polesan warna cantik di bibir mereka.

Usai beraktivitas, jangan lupa membersihkan lipstik sebelum tidur. Meski tak terlihat, lipstik masih menyisakan noda yang menempel pada kulit bibir. Noda ini hanya bisa dibersihkan dengan memakai lip remover.

" Lip remover berbeda dengan makeup remover biasa. Membersihkan muka sekaligus bibir itu salah. Kulit wajah dan bibir berbeda anatominya. Ada namanya lip remover, dengan formula khusus tanpa kandungan tanpa alkohol," kata dr. Maharani Prima, Dipl.AAAM.,CIBTAC, dokter estetika medik MP Skin Care di peluncuran Mahana Lip Cream, Jakarta, Kamis 23 Januari 2020.

Dr. Maharari menjelaskan, bibir merupakan bagian tubuh dengan kulit tipis dan sensitif. Lip remover diformulasikan dengan bahan-bahan lembut yang tidak berbahaya untuk bibir. Berbeda dengan makeup remover yang biasanya masih punya kandungan alkohol.

  dr. Maharani Prima © Dream

Selain membuat bibir pecah-pecah, menghapus lipstik tanpa lip remover dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. " Efeknya bikin bibir pecah-pecah karena iritasi dan warna menghitam," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Pengganti Lip Remover

Pada kasus parah, produk makeup remover yang tidak tepat dapat memicu reaksi alergi berlebihan. Seperti bibir gatal, panas, bengkak hingga luka-luka. Reaksi ini bergantung pada ketahanan jenis kulit masing-masing dan harus diatasi dengan tindakan dokter.

  Mahana CosmeticMahana Cosmetic © Instagram mahanacosmetic

" Saya pernah mengalami lima kasus pasien seperti itu. Kadang lebih parah lagi ada yang pakai toner di bibir padahal toner itu ada kandungan alkohol," tegasnya.

  Mahana CosmeticMahana Cosmetic © Instagram mahanacosmetic

Jika tidak mempunya lip remover, Sahabat Dream dapat memakai produk pembersih lain seperti baby oil atau minyak zaitun. " Pokoknya basisnya minyak agar noda lipstik terangkat sempurna."

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis