Tips Mencegah Jerawat di Tengah Pandemi Covid-19

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 20 Agustus 2020 07:01
Tips Mencegah Jerawat di Tengah Pandemi Covid-19
Jaga kesehatan kulit di tengah pandemi Covid-19.

Dream - Meski lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, bukan berarti wajahmu bebas dari masalah kulit. Masih banyak orang yang justru berjuang mengatasi jerawat sejak beraktivitas di rumah.

Berbagai hal bisa jadi penyebabnya. Menurut Indrawati Widjaja, Spesialis Kulit dan Kelamin, kulit yang sering terpapar AC bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Penyebab selanjutnya adalah gesekan masker pada wajah. Keduanya bisa menyebabkan kulit kering, gatal dan bejerawat.Hal ini sangat wajar terjadi, terutama pada jenis kulit sensitif.

" Pada tangan juga seringkali terasa kering, gatal, pecah-pecah cenderung berair dan pedih akibat paparan bahan kimia saat mencuci tangan. Akhirnya, barrier kulit terganggu," ujar Indrawati dalam acara Exclusive Interview bersama Wardah dan Perdoski: Serba-serbi Permasalahan Kulit di Adaptasi Kebiasaan Baru, Rabu 19 Agustus 2020.

1 dari 2 halaman

Memakai Pelembap© Shutterstock.com

Pemakaian pelembap merupakan cara utama untuk mengatasi semua masalah kulit selama pandemi Covid-19. 

" Pilih pelembap yang sesuai jenis kulit. Untuk kulit kering, pilih yang kandungannya bisa memperkuat lapisan kulit dan bersifat oklusif. Sehingga, bisa mencegah air untuk nggak menguap" .

Sedangkan pada kulit berminyak, disarankan memakai pelembap yang bersifat humektan, dapat mengontrol produksi minyak serta menarik kadar air dari lapisan di bawah kulit atau lingkungan.

Sebelum memakai pelembap, tentunya kamu perlu membersihkan wajah secara rutin. Untuk kulit yang rentan berjerawat dan sering terpapar polusi maupun kotoran, bisa membersihkan wajah saat makan siang atau wudhu.

Jika sedang berjerawat, kamu bisa menggunakan acne patch untuk melindunginya dari gesekan akibat masker serta mencegah peradangan.

2 dari 2 halaman

Masker© Pexels.com

" Pakai masker berbahan halus. Disarankan memakai masker berbahan katun yang dapat menyerap kelembapan lebih baik. Pastikan juga masker yang dipakai bersih," tuturnya.

Gunakan humidifier serta hand sanitizer yang mengandung pelembap jika beraktivitas di dalam ruangan untuk mencegah kulit kering serta iritasi.

Beri Komentar