Tips Mengatasi Hiperpigmentasi Agar Wajah Lebih Flawless

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 15 Januari 2021 16:45
Tips Mengatasi Hiperpigmentasi Agar Wajah Lebih Flawless
Jaga warna kulitmu agar tetap merata dengan cara ini.

Dream - Selain jerawat dan komedo, hiperpigmentasi merupakan masalah kulit yang dialami hampir semua orang. Terutama, jika pernah berjerawat dan sering terpapar sinar matahari.

Hiperpigmentasi bisa muncul dalam bentuk flek, lingkaran hitam di bawah mata atau bekas jerawat.

Warna kulit tidak akan merata dan membuatmu harus menggunakan produk makeup dengan coverage yang cukup tebal. Kecuali jika ingin tampil natural dan memperlihatkan hiperpigmentasi.

Kamu bisa menghilangkan hiperpigmentasi dan meratakan kembali warna kulit dengan memakai skincare serta melakukan tips yang dilansir dari Miss Kyra berikut ini.

1 dari 5 halaman

Tips mencegah dan mengatasi hiperpigmentasi

1. Rawat kulitmu secara intens dan hati-hati. Hindari menyentuh jerawat, mengangkat komedo secara manual atau memakai alat tertentu serta menggaruk wajah terlalu kasar.

2. Gunakan skincare yang menenangkan kulit dan mampu meredakan peradangan seperti aloe vera gel untuk mengurangi kemerahan.

3. Selalu gunakan tabir surya sebelum berkegiatan. Paparan sinar matahari dan cahaya biru dari gadget dapat menyebabkan penuaan seperti flek hitam serta memicu perubahan warna kulit.

4. Sesuaikan skincare yang dipakai dengan kebutuhanmu. Terutama ketika menjelang masa penuaan, kamu perlu mulai menggunakan skincare anti aging.

5. Konsultasikan pada dermatologis untuk mengatasi hiperpigmentasi yang sulit dihilangkan dan mendapatkan perawatan efektif serta aman bagi kulitmu.

(Sumber: Miss Kyra)

2 dari 5 halaman

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Leher Agar Tetap Awet Muda

Dream - Mungkin, kamu sudah mengetahui pentingnya perawatan kulit. Namun apakah kamu sudah berhasil merawat seluruh area kulit di bagian tubuh?

Beberapa area seperti leher seringkali lupa untuk dirawat dengan cara yang sama seperti wajah.  Bagian leher sering kali terpapar sinar matahari untuk mereka yang tidak mengenakan hijab. Kemungkinan bagian tubuh ini menghitam juga menjadi lebih besar.  

Selain itu kulit leher diketahui lebih tipis dari area tubuh lainnya sehingga cenderung lebih cepat terlihat mengalami penuaan daripada area lainnya.

Nah buat kamu yang ingin menjaga kulit leher tetap kencang, berikut beberapa trik dilansir dari Times of India, yang bisa kamu lakukan.

3 dari 5 halaman

Kurangi Kebiasaan Menunduk saat Main Ponsel

Menggunakan Ponsel© Shutterstock.com
Menunduk saat menggunakan ponsel dapat mempercepat munculnya tanda penuaan seperti kerutan atau pengenduran.

Apalagi, mengingat seberapa sering kita menggunakan ponsel setiap hari. Kamu bisa melakukan beberapa trik peregangan atau pijatan yang dapat mencegah penuaan dini pada leher.

Lakukanlah setiap hari dan gunakan tripod maupun aksesoris ponsel lainnya agar kamu tidak perlu menunduk saat memakainya.

Menggunakan pelembap

Pelembap merupakan produk perawatan kulit paling sederhana yang dapat mencegah penuaan dini. Gunakanlah pelembap pada leher secara rutin.

Pastikan kamu menggunakannya secara merata dan pilih produk yang efektif untuk melembapkan lehemru secara ekstra.

4 dari 5 halaman

Rutin menggunakan tabir surya

Memakai Tabir Surya© Shutterstock.com
Tabir surya harus digunakan di area kulit yang terekspos, termasuk leher. Bagi hijaber, mungkin pemakaian tabir surya di luar ruangan tidak terlalu dibutuhkan.

Namun ketika bekerja di rumah dan tidak memakai hijab, kamu tetap harus memakai tabir surya untuk melindungi wajah, leher serta seluruh bagian tubuh yang terekspos cahaya biru pada layar gadget.

Menggunakan pembersih sebelum tidur

Jangan lupa untuk selalu membersihkan area leher. Lehermu bisa menjadi sangat kotor, kusam dan rentan berjerawat jika tidak dibersihkan.

Apalagi, jika leher sering berkeringat dan bergesekkan dengan rambut. Gunakan pembersih berbahan ringan agar lebih aman untuk kulit leher.

5 dari 5 halaman

Lakukan perawatan di salon kecantikan

Bila perlu, lakukan perawatan kulit di salon kecantikan untuk membuat kulit lehermu lebih kencang serta awet muda. Beberapa perawatan yang bsia dilakukan adalah chemical peeling, micro-needling serta laser.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar