Tips Mengatasi Jerawat yang Diakibatkan Pemakaian Masker

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 17 Januari 2021 10:36
Tips Mengatasi Jerawat yang Diakibatkan Pemakaian Masker
Jaga kesehatan wajah ketika memakai masker dengan cara ini.

Dream - Menggunakan masker mungkin bisa mencegah penularan virus Covid-19. Tapi masker juga menyebabkan masalah lainnya pada beberapa orang, yaitu jerawat.

Jerawat yang diakibatkan oleh pemakaian masker ini seringkali disebut maskne. Mungkin, kamu sudah mengetahui atau mengalaminya.

Biasanya, maskne dialami pada area dagu atau rahang. Dilansir dari Skincare.com, masker membuat bagian bawah wajah lebih lembap dan hangat.

Sehingga, menyebabkan peningkatan produksi sebum dan keringat. Akhirnya, kulitmu bisa mengalami iritasi, peradangan, penyumbatan pori-pori dan beruntusan.

Gesekan masker dengan wajah juga bisa menyebabkan jerawat. Apalagi, jika masker yang digunakan terlalu ketat dan berbahan kasar.

Kamu bisa mengurangi dampak buruk gesekan dengan memilih masker berbahan sutra. Hal ini sama halnya dengan pemakaian bantal berbahan sutra yang dapat mengurangi gesekan pada rambut dan wajah.

Selain itu, sutra juga lebih sejuk dan tidak menyebabkan iritasi. Terlepas dari bahan yang digunakan, kamu juga harus memastikan maskernya tetap bersih saat digunakan.

Bersihkan masker dengan sabun berbahan ringan dan aman untuk kulit. Bila perlu, hindari pemakaian pewangi untuk mencegah respon negatif pada kulit seperti alergi.

Pemakaian makeup yang berlebihan juga dapat memperburuk kondisi kulit saat menggunakan masker. Gunakanlah pelembap atau tinted moisturizer agar lebih aman dan mengurangi dampak buruk gesekan pada kulit.

(Sumber: Skincare.com)

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

1 dari 6 halaman

Hati-Hati! Cahaya Biru Gadget Bisa Ganggu Kesehatan Kulit di Wajah

Dream - Bekerja di rumah menjadi salah satu keuntungan di tengah pandemi. Meski membosankan, kamu bisa menghemat waktu yang biasa digunakan untuk bersiap-siap atau pergi ke tempat kerja. Kamu pun bisa menghindari paparan sinar matahari yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

Di sisi lain, bekerja dari rumah juga bisa membahayakan kesehatan kulit. Bukan karena paparan matahari, kulit bisa terganggu karena kamu menghabiskan lebih banyak waktu di depan gadget. Cahaya biru pada gadget dapat menyebabkan masalah kulit jangka panjang.

Menurut Dermatologis, Sirisha Singh, cahaya biru dapat masuk ke lapisan kulit terdalam dan menyebabkan penuaan dini serta pigmentasi.

" Terlalu banyak menatap gadget dapat menyebabkan photoaging atau penuaan akibat paparan cahaya," ungkap Rohit Murgai, Beauty Category Head VLCC Group dilansir dari Times of India.

Beberapa skincare mengandung antioksidan dan physical UV filter yang mampu mencegah penuaan akibat paparan cahaya biru.

Kamu pun bisa menggunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide, iron oxide atau titanium dioxide dan niacinamide untuk melindungi kulit dari paparan cahaya gadget.

Jika tidak ingin menggunakan skincare, minimalisir cahaya biru dari gadget dengan menyalakan fitur mode gelap atau dark mode di malam hari.

(Sumber: Times of India)

2 dari 6 halaman

Lakukan 4 Hal Ini untuk Memenuhi Resolusi Kulit Glowing

Dream - Salah satu cara meningkatkan kualitas diri adalah dengan menjaga kesehatan kulit.

Menjaga kesehatan kulit bisa membuat penampilan wajah lebih menarik meskipun kulitmu sensitif atau rentan berjerawat.

Salah satu cara utama untuk menjaga kesehatan kulit adalah mengetahui kondisi serta memenuhi kebutuhannya.

Namun sebagai langkah awal, kamu bisa memulai dari perawatan dasar yang perlu dilakukan semua jenis kulit.

Dilansir Skincare.com, berikut perawatan dasar yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit.

3 dari 6 halaman

Membersihkan wajah dua kali sehari

Membersihkan Wajah© Shutterstock.com

Ini merupakan perawatan utama yang perlu dilakukan sejak dini, bahkan sebelum akil baligh pun kamu sudah harus melakukannya agar memiliki dampak jangka panjang baik.

Pilihlah sabun muka yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu. Lalu, gunakan saat bangun dan menjelang tidur agar kotoran hasil regenerasi kulit di malam hari maupun setelah beraktivitas seharian bisa hilang.

Jangan lupa untuk melakukan double atau triple cleansing di malam hari untuk memastikan riasanmu benar-benar terangkat sebelum menggunakan pembersih wajah.

4 dari 6 halaman

Menggunakan pelembap wajah

Memakai Pelembap© Shutterstock.com

Hal kedua yang paling penting untuk kesehatan wajah adalah menggunakan pelembap. Pelembap berfungsi untuk menjaga dan menambahkan kelembapan pada kulit.

Sehingga, kulitmu tidak terlalu sensitif dan rentan bermasalah karena lapisan kulit cukup kuat. Pemakaian pelembap tidak hanya penting bagi pemilik kulit kering.

Semua jenis kulit membutuhkannya, termasuk yang berminyak dan sensitif. Kamu bisa memilih pelembap yang mampu mengontrol produksi minyak agar memberi kelembapan cukup untuk kulitmu.

Tapi, jangan sampai tidak memakai pelembap sama sekali. Terutama, saat cuaca dingin agar kulit tidak memproduksi lebih banyak minyak dan menyebabkan jerawat.

5 dari 6 halaman

Memakai tabir surya setiap pagi

Memakai Tabir Surya© Shutterstock.com

Pemakaian tabir surya merupakan salah satu yang paling sering dilupakan dan tidak dilakukan dengan benar.

Padahal, dampak jangka panjangnya sangat berbahaya. Kamu bisa terkena kanker kulit atau lebih cepat mengalami penuaan seperti kerutan dan flek.

Walaupun dampaknya tidak langsung terlihat, namun kamu tetap harus memakainya di pagi hari dan mengaplikasikan kembali setiap 3-4 jam sekali agar perlindungannya tetap efektif.

Sesuaikan juga SPF-nya dengan kebutuhanmu. Jika beraktivitas di bawah matahari langsung, gunakanlah SPF 50 atau lebih. Sedangkan untuk aktivitas di dalam ruangan kamu bisa memakai SPF 15-30.

6 dari 6 halaman

Memakai makeup yang mengandung skincare

Memakai Tinted Moisturizer© Shutterstock.com

Beberapa produk makeup memiliki manfaat seperti skincare. Misalnya, foundation atau primer yang mampu melembapkan.

Kamu juga bisa memakai tinted moisturizer agar lebih aman untuk kulit dan tetap mendapatkan coverage yang cukup sehingga warna kulitmu lebih merata.

Beri Komentar