Tips Menggunakan Skincare yang Tepat Agar Kulit Lebih Sehat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 15 Januari 2021 19:12
Tips Menggunakan Skincare yang Tepat Agar Kulit Lebih Sehat
Buat perawatan lebih efektif dengan cara ini.

Dream - Perkembangan dunia kecantikan telah membuat banyak orang sadar terhadap pentingnya kesehatan kulit. Sehingga, wanita maupun pria lebih banyak yang menggunakan skincare lebih intens.

Walaupun sudah menggunakan skincare, namun bukan berarti wajah semua wanita maupun pria menjadi lebih sehat dan glowing.

Pemakaian skincare yang kurang tepat justru akan memperparah kondisi kulit. Sehingga, kamu harus berhati-hati dengan pilihan dan cara pakai skincare.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut beberapa kesalahan pemakaian skincare yang kerap dilakukan dan bisa menyebabkan masalah kulit.

1. Terlalu sering mengeksfoliasi menjadi salah satu kebiasaan yang tidak dianjurkan untuk dilakukan. Paling tidak, kamu hanya bisa mengeksfoliasi kulit 2 kali seminggu.

Jika menggunakan scrub berukuran agak kasar atau berbutiran besar, lakukan eksfoliasi seminggu sekali. Bila perlu, gunakan chemical exfoliator agar lebih aman untuk kesehatan kulit.

1 dari 2 halaman

Memakai Pelembap© Shutterstock.com


2. Sebenarnya, kamu bisa menggunakan skincare yang sama di pagi dan malam hari. Namun jika memiliki beberapa produk skincare, kamu bisa memakai perawatan yang lebih intens di malam hari agar lebih efektif.

Misalnya ketika ingin memakai produk anti penuaan atau pencerah kulit, gunakanlah di malam hari agar penyerapan dan manfaat produknya lebih optimal.

3. Selalu perhatikan kandungan skincare yang digunakan. Kandungan yang ada di dalam skincare akan memberikan gambaran bagaimana respon kulit terhadap produk tersebut.

Terutama, jika kulitmu sensitif terhadap beberapa bahan pada skincare atau membutuhkan kandungan tertentu yang dirasa lebih efektif untuk kesehatan kulit.

2 dari 2 halaman

Merawat Kulit© Shutterstock.com

4. Hindari gerakan yang terlalu kasar ketika menyentuh wajah atau mengaplikasikan produk. Ini akan menyebabkan penuaan dini.

Mungkin, kamu tidak akan melihat dampaknya secara langsung. Tapi kamu akan merasakan dampaknya di masa mendatang ketika sudah memasuki masa penuaan.

5. Selalu pakai tabir surya agar kulitmu tetap awet muda dan bebas dari dampak buruk sinar UV lainnya. Walaupun lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan selama pandemi, namun cahaya biru dari gadget bisa menyebabkan penuaan dini.

Jadi, kamu tetap harus menggunakan tabir surya di pagi hari dan mengaplikasikannya setiap 3-4 jam sekali.

Gunakan SPF 15-30 jika bekerja di dalam ruangan. Dan pakai SPF 50 ke atas jika beraktibiats di luar ruangan.

(Sumber: Miss Kyra)

Beri Komentar