Tips Menjaga Kelembapan Kulit Kaki di Musim Hujan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 27 November 2020 15:32
Tips Menjaga Kelembapan Kulit Kaki di Musim Hujan
Jangan sampai kulit kakimu pecah-pecah atau berdarah.

Dream - Musim hujan tidak hanya membuat wajah kering, kulit kaki juga akan mengalami hal yang sama.

Sehingga, kamu perlu merawatnya lebih intens jika tidak ingin memiliki telapak kaki yang pecah-pecah atau berdarah.

Sama seperti wajah, kamu juga bisa melakukan banyak hal untuk menjaga kelembapan kulit kaki. Dilansir dari Times of India, berikut tips melembapkan kulit kaki.

- Rendam kaki di dalam air hangat yang dicampur dengan garam dan lemon selama 10 menit. Lalu, angkat kaki dan lakukan scrubbing untuk menghilangkan sel kulit mati. Lakukan2 kali seminggu agar kulit kakimu lebih sehat.

- Setelah melakukan scrubbing, gunakan foot cream untuk menjaga kelembapan kulit. Jika kulitmu sangat kering, gunakan krim yang bertekstur lebih tebal dan aplikasikan sebelum tidur di malam hari.

- Pijatlah kakimu untuk menjaga kelembapan dan membuat kulit kaki lebih tenang setelah beraktivitas seharian. Gunakan coconut oil, ghee, almond oil atau sesame oil untuk melembapkan dan mengunci kelembapan yang diserap oleh kulit kaki.

- Jika tumitmu kering, gunakanlah petroleum jelly untuk mengatasinya. Pijatlah tumit yang bersih dengan petroleum jelly dan gunakan kaus kaki sebelum tidur di malam hari agar kelembapannya terjaga.

(Sumber: Times of India)

1 dari 3 halaman

5 Tips Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami

Dream - Kulit kering akan terasa kurang nyaman, bahkan sering kali membuat perih. Penyebabnya kulit kering beragam, mulai dari mandi air bersuhu panas hingga cuaca yang terlalu kering.

Berbagai cara mengatasi kulit kering sudah banyak beredar di dunia maya ataupun media sosial. Namun tak ada salahnya kamu mencoba mengobatinya dengan cara alami.

Jika masih tak terlalu menganggu dan belum perlu ke dokter kulit, kamu bisa mencoba cara mengatasi kulit kering  menggunakan bahan alami seperti yang dilansir dari Times of India berikut ini.

Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya sehat untuk tubuh, tapi juga kulit. Kamu bisa menggunakannya untuk melembapkan dan membersihkan kulit. Oleskan sedikit minyak zaitun dan bersihkan menggunakan handuk yang hangat serta lembap.

Membuat masker alpukat

Haluskan setengah alpukat dan campurkan dengan setengah sendok teh minyak zaitun. Jika kulitmu sangat kering, tambahkan satu sendok teh madu. Aplikasikan campurannya pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

2 dari 3 halaman

Mengeksfoliasi wajah dengan minyak zaitun dan gula

Minyak Zaitun© Pexels.com
Campurkan setengah cangkir gula dengan dua sendok makan minyak zaitun. Tambahkan essential oil untuk membuat scrubnya lebih wangi dan menenangkan.

Perlahan scrub wajah menggunakan campuran tersebut dan bilas menggunakan air bersih. Gunakan pelembap yang dapat menenangkan untuk menjaga kesehatan kulit.

3 dari 3 halaman

Mandi dengan campuran oatmeal

Oatmeal© Pexels.com
Campurkan oatmeal pada air hangat dan gunakan untuk membilas tubuh ketika mandi. Ini akan membuat kulitmu lebih tenang dan lembap.

Membuat masker oatmeal dan madu

Kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai eksfoliator alami. Campurkan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan madu serta air.

Hangatkan campuran tersebut dan aplikasikan pada kulit. Kamu bisa menggunakannya sebagai scrub atau masker yang menenangkan serta melembapkan.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar