Tips Menjaga Kesehatan Kulit dan Tubuh Saat Cuaca Panas

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 22 Mei 2022 08:01
Tips Menjaga Kesehatan Kulit dan Tubuh Saat Cuaca Panas
Jangan sampai cuaca panas mengganggu kondisi kulit tubuhmu.

Dream - Belakangan pekan berlakanganan suhu udara hampir di semua kota di Indonesia terasa sangat terik. Bahkan di negara lain seperti Indonesia, suhu udara dikabarkan mencapai puncaknya di 49 derajat atau hampir separuh matang suhu air mendidih.

Peningkatan suhu udara yang ekstrem ini membuat semua orang menjadi lebih mudah merasa gerah. Sejumlah peneliti banyak mengaitkan peningkatan suhu udara diakibatkan oleh perubahan iklim.

Semua orang kini perlu beradaptasi dengan kenaikan suhu udara sembari melakukan berbagai upaya untuk mencegah fenomena ini takkan lagi terjadi di kemudian hari.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa beradaptasi dengan suhu lingkungan yang meningkat. Mulai dari memperhatikan pemilihan pakaian, aksesoris, skincare, hingga menjaga pola hidup sehat.

Berikut beberapa tips dari Dokter Kulit, Arthur Simon agar kamu tetap nyaman beraktivitas seharian di dalam maupun luar ruangan.

1 dari 4 halaman

1. Menggunakan Tabir Surya dan Aksesoris Tertentu

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Ketika sengatan matahari terasa lebih panas dari biasanya, kamu harus berhati-hati dan selalu menggunakan tabir surya untuk menjaga kesehatan kulit sepanjang hari.

Gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 dan PA ++++ agar bisa melindungi kulit dari sinar UVA maupun UVB. Aplikasikan 2-3 jam sekali jika beraktivitas di luar ruangan atau mudah berkeringat.

Untuk mengoptimalkan perlindungan kulit, gunakan topi, kacamata hitam, payung, atau pakaian tertutup yang berbahan ringan dan sejuk.

2. Membawa Pakaian Ganti

Tubuh akan lebih mudah berkeringat saat cuaca panas. Oleh karena itu, bawalah pakaian ganti untuk mencegah bau badan dan jerawat punggung saat berkeringat. Kamu pun akan lebih nyaman menggunakan pakaian yang bersih selama beraktivitas.

2 dari 4 halaman

3. Menggunakan Deodoran dan Anti Perspiran

Deodoran© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Produksi keringat yang meningkat akan membuat ketiak rentan mengeluarkan bau badan. Maka dari itu, gunakanlah deodoran dan anti perspiran untuk mengurangi produksi keringat penyebab bau badan serta mencegah munculnya aroma tidak sedap.

4. Menghindari Pakaian Ketat

Jangan gunakan pakaian ketat saat cuaca panas. Selain akan lebih mudah memicu jerawat punggung ketika berkeringat atau bergesekan dengan kulit selama beraktivitas, area sensitifmu juga bisa berjamur saat menggunakan pakaian dalam yang ketat.

Bahkan, area sensitif juga bisa iritasi jika tidak segera diganti dengan pakaian dalam yang lebih longgar. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika memilih pakaian untuk dikenakan saat cuaca panas. Pastikan pakaianmu berbahan ringan dan menyerap keringat.

3 dari 4 halaman

5. Minum Air Cukup

Minum Air© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Saat cuaca panas, kamu akan lebih mudah dehidrasi. Akibatnya, kamu akan lebih sulit berkonsentrasi dan wajahmu pun terlihat pucat.

Oleh karena itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh ketika cuaca panas. Minumlah lebih banyak air untuk memastikan asupan cairan tubuhmu tetap cukup.

Beri Komentar