Tips Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 5 Agustus 2020 13:16
Tips Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda
Ikuti tips ini agar lebih efektif.

Dream - Semakin banyak orang yang bersepeda dan menjadikannya sebagai rutinitas. Bahkan, bersepeda telah menjadi tren baru yang menyehatkan. 

Selain menyenangkan dan seru dilakukan bersama teman maupun keluarga, bersepeda termasuk olahraga aerobik yang mengaktifkan kerja jantung, paru-paru serta memperlancar peredaran darah.

Sehingga, bersepeda bisa menjadi olahraga yang tepat ketika ingin berolahraga namun tak bisa melakukannya di gym.

Dilansir dari Times of India, semakin cepat kamu bersepeda, akan semakin banyak juga kalori yang dibakar.

Berdasarkan penelitian dari Harvard University, bersepeda dengan kecepatan rata-rata 19-22,5 kilometer per jam dapat membantu orang yang berbobot 70 kilogram untuk membakar 298 kalori dalam 30 menit. 

Ketika kecepatannya meningkat menjadi 22,5-25,5 kilometer per jam, orang yang sama dapat membakar 372 kalori. Namun, pembakaran kalori yang optimal hanya bisa dilakukan ketika bersepeda dengan postur tepat.

1 dari 2 halaman

Postur yang tepat dan makanan sehat

Bersepeda© Shutterstock.com

Pertama-tama, lemaskan area pundak dan jauhkan dari telinga. Lemaskan pula tanganmu dan pusatkan suspensi pada pundakmu. Pastikan siku hingga tanganmu membentuk garis lurus.

Luruskan tulang belakangmu dan pastikan lutut berada di atas kaki atau pedal. Setelahnya, lakukan secara rutin selama 30 menit untuk melatih postur. Cobalah meningkatkan kecepatan agar bisa menghilangkan lebih banyak kalori.

2 dari 2 halaman


Setelah bersepeda, konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan metabolisme dan mempermudah penurunan berat badan. Konsumsilah 20-40 gram protein dan 70-80 gram karbohidrat.

Perbanyak konsumsi sayur dan minum air setelah bersepeda. Ayam bakar, salmon, telur, nasi, sayur, kentang, kacang, smoothie, selai kacang, chia seeds dan beri-berian merupakan pilihan makanan yang bisa dikonsumsi swtelah bersepeda.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar