Tips Merawat dan Memaksimalkan Tekstur Rambut

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 20 Januari 2021 16:33
Tips Merawat dan Memaksimalkan Tekstur Rambut
Pertahankan tekstur asli dan tampil sempurna dengan rambut sehat.

Dream - Setiap orang memiliki tekstur rambut yang berbeda-beda. Mulai dari keriting, lurus, dan ikal. Namun, tidak semua orang puas dengan tekstur rambut yang dimilikinya.

Banyak wanita yang melakukan rebonding atau menggunakan pengeriting rambut agar mahkotanya itu tampil lebih bervolume.

Padahal, kamu bisa memaksimalkan tekstur rambut yang dimiliki agar sesuai dengan gaya serta kepribadianmu. Dilansir dari Times of India, berikut hal yang perlu diketahui seputar tekstur rambut.

Apa yang mempengaruhi tekstur rambut?

Tekstur rambut dipengaruhi oleh suku dan genetik. Bentuk folikel rambut pun berbeda-beda pada setiap tekstur. Tapi, tekstur rambutmu bisa berubah akibat gaya hidup, cuaca atau kondisi kutikula.

1 dari 2 halaman

Berambut Lurus© Shutterstock.com

Mempertahankan tekstur rambut yang sudah dimiliki akan lebih praktis dan hemat biaya perawatan.

Karena mengubah tekstur rambut akan membuatmu ketergantungan pada perawatan tertentu untuk membuatnya tetap sehat dan tahan lama.

Sedangkan jika mempertahankan tekstur asli rambut, kamu hanya perlu memenuhi kebutuhan dasar perawatannya saja dan menyesuaikan gayanya dengan karaktermu.

2 dari 2 halaman

Perawatan dasar sesuai tekstur rambut

Perawatan rambut lurus: Berminyak atau tidak, kulit kepala dan batang rambutmu tetap membutuhkan kombinasi sampo serta conditioner.

Gunakan leave-in conditioner jika tidak ingin terlalu berminyak. Buat rambut lebih bervolume dengan memakai hair mousse atau menggunakan pengering rambut serta sisir yang tepat.

Namun jangan memakai pengering terlalu sering dan gunakan heat protector sebelum mengeringkan rambut. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian agar lebih rapi dan kering merata.

Perawatan rambut ikal: Biasanya, rambut ikal cenderung lebih kering daripada lurus. Maka dari itu, kamu membutuhkan leave-in conditioner dan hair oil untuk mengunci kelembapan rambut.

Selanjutnya, kamu bisa merapikan gaya rambut dengan menggunakan alat penata rambut atau hanya disisir agar lebih rapi.

Perawatan rambut keriting: Rambut keriting merupakan tekstur yang paling mudah mengering. Sehingga, kamu benar-benar harus memakai produk yang dapat memberikan kelembapan ekstra.

Jangan sisir rambut ketika kering dan gunakan hair cream atau oil untuk membuatnya lebih lembap, halus serta mudah diatur.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar