Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Segar di Musim Kemarau

Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Segar di Musim Kemarau Memiliki Wajah Bersih Dan Sehat. (Source: Shutterstock)

Dream - Perubahan cuaca maupun gaya hidup bisa mengubah kondisi kulit. Artinya, kamu harus menyesuaikan perawatan kulitmu dengan gaya hidup serta lingkungan di sekitar.

Sama halnya ketika musim kemarau tiba. Kamu harus mempersiapkan perawatan kulitmu agar tidak mengalami masalah kulit.

Jika tidak, wajah bisa terlalu berminyak, kering, dehidrasi, beruntusan atau iritasi. Dilansir dari Times of India, berikut tips merawat kulit di musim kemarau.

Menggunakan tabir surya

Memakai Tabir Surya

Hal pertama yang perlu diingat ketika musim kemarau tiba adalah menyesuaikan SPF. Jika matahari lebih terik, gunakanlah tabir surya dengan SPF lebih tinggi.

Jangan lupa sesuaikan formula tabir suryanya dengan kondisi kulitmu di musim kemarau. Kulit akan cenderung lebih berminyak di musim kemarau.

Jadi, gunakanlah tabir surya yang mampu menyegarkan, mudah menyerap, bersifat non-comedogenic serta dapat melindungi dari paparan UVA maupun UVB.

Menggunakan produk berformula ringan

Wajah akan lebih rentan beruntusan di musim kemarau. Gunakanlah produk berformula ringan dan non-comedogenic agar pori-porimu tidak tersumbat serta menyebabkan beruntusan.

Melakukan CTM (cleansing, toning & moisturizing)

Sangat penting untuk melakukan pembersihan, menggunakan toner serta pelembap. Apalagi, kulit akan lebih mudah kotor di musim kemarau.

Bila perlu, lakukan double sampai triple cleansing jika wajah terasa lebih kotor dan mudah kusam. Lakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati.

Memakai Tabir Surya

Melakukan perawatan alami

Lakukanlah perawatan alami lebih sering ketika di rumah saja. Kamu bisa menggunakan aloe vera gel, bubuk kunyit, kopi, teh, lemon atau madu untuk membuat masker wajah.

Sesuaikan bahan alami yang digunakan dengan kebutuhan wajahmu agar masalah kulit lebih mudah teratasi.

Selain Atasi Jerawat, Tea Tree Oil Bermanfaat untuk 6 Masalah Ini

Dream - Jerawat yang timbul pada wajah memiliki jenis berbeda-beda, sehingga dalam perawatan dan penanganannya pun tidak melulu sama.

Ada yang cukup menggunakan produk alami, skincare yang dijual di pasaran, sampai harus menggunakan obat jerawat dari resep dokter.

Tapi, buat masalah jerawat kamu yang dapat diatasi tanpa harus resep dokter, apakah sudah mencoba pakai tea tree essential oil?

Ilustrasi© Shutterstock

Skincare satu ini ramai digunakan para pemiki jerawat karena diketahui dapat membunuh bakteri, pereda peradangan, dan membunuh kuman.

Memiliki beragam khasiat, ternyata tea tree oil tidak hanya dapat digunakan untuk kulit wajah saja, Sahabat Dream. Namun bisa untuk bagian tubuh lainnya.

Ingin tahu apa saja manfaat dari tea tree oil? Berikut penjelasannya!

 

 

Ketombe

Kulit kepala berketombe membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri, ternyata Sahabat Dream bisa lho memanfaatkan tea tree oil untuk menangkal ketombe.

Antiseptik dan anti jamur yang berada di sini yang dapat mengobati itu.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, kamu dapat mencampur langsung tea tree oil dengan sampo yang dimiliki, lalu keramas seperti biasa. Pastikan setelah keramas menggunakan tea tree oil, rambut dibersihkan dengan maksimal, agar tidak tertinggal residu di kulit kepala.

Mencegah jerawat selain di wajah

Tea tree jadi bahan alami yang dipercaya banyak orang untuk mengobati jerawat. Ternyata tidak hanya berfungsi untuk jerawat di wajah saja, tea tree juga dapat mengatasi dan mencegah jerawat di pundak, lengan, dan bagian lainnya.

Untuk pengaplikasiannya sendiri sangatlah mudah, Sahabat Dream dapat menyampurkannya dengan madu, lalu dijadikan obat totol. Selain dicampur dengan madu, kamu juga bisa campur dengan minyak zaitun, lalu tinggal aplikasikan pada area kulit yang bermasalah.

 

Kutu kepala

Kutu kepala biasanya terjadi karena penularan, khususnya bagi yang memiliki kulit kepala tidak sehat. Kutu yang bersarang di kepala dapat menyebabkan peradangan, serta sangat menganggu karena terasa gatal.

Untuk mengatasi ini, kamu dapat mengaplikasikan tea tree oil yang sudah dikombinasikan dengan minyak nabati. Sahabat Dream dapat mengaplikasikannya sepanjang malam, lalu tinggal keramas dengan sampo herbal di pagi hari.

Ilustrasi© Shutterstock

Pegal-pegal

Sahabat Dream baru mulai kembali berolahraga setelah sekian lama? Biasanya kaki atau otot-otot lainnya akan tegang, dan terasa pegal-pegal. Untuk mengatasi ini, kamu dapat mencampur minyak pijat yang dimiliki dengan beberapa tetes tea tree oil.

Merangsang pertumbuhan rambut

Tea tree oil diketahui juga dapat masuk dalam folikel rambut. Tidak hanya itu, namun dapat berfungsi juga untuk memperlancar peredaran darah, dan membersihkan kulit kepala dan rambut.

Karena dapat memperlancar peredaran darah di kulit kepala, tea tree oil juga dapat berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Caranya sangat mudah, kamu dapat mencampurkan beberapa tetes tea tree oil dengan jojoba oil, lalu aplikasikan ke kulit kepala sambil dipijat selama 30 menit sebelum keramas.

Mencegah rambut rontok

Rambut yang berketombe biasanya diikuti dengan kerontokan. Tea tree oil ternyata dapat berfungsi juga untuk mengatasi masalah ini, karena memiliki khasiat untuk meredakan peradangan dan membersihkan folikel rambut.

Dengan menggunakan produk dari tea tree oil, rambut akan menjadi lebih kuat, dan terhindar dari rambut rontok.

Sumber: Findingbeautyme

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Perlu diketahui, jika kamu memilih untuk berada di satu kamar bersama hewan peliharaan, kamu akan lebih sulit nantinya untuk membersihkan kamar.

Baca Selengkapnya
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Pancarkan cantikmu di momen Lebaran dengan rekomendasi perawatan ini.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
10 Rekomendasi Krim Malam Terbaik untuk Mencerahkan Wajah, Jangan Asal Pilih

10 Rekomendasi Krim Malam Terbaik untuk Mencerahkan Wajah, Jangan Asal Pilih

Memiliki kulit wajah yang cerah merupakan keinginan semua wanita. Yuk ikuti rekomendasi krim malam berikut!

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Kulit Kemerahan Akibat Jerawat?  Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat? Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kemerahan atau peradangan akibat jerawat dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan kulit tertentu.

Baca Selengkapnya
Kulit Kepala Mudah Berbau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Kulit Kepala Mudah Berbau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Kulit kepala berbau bisa disebabkan kondisi medis tertentu dan gaya hidup. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya agar rambut tetap segar.

Baca Selengkapnya
5 Tips Mandi dari Pakar  Biar Kulit Tak Kering dan Selalu Sehat

5 Tips Mandi dari Pakar Biar Kulit Tak Kering dan Selalu Sehat

Merawat kulit wajah dan tubuh bisa diawali dengan memperhatikan kebiasaan sebelum, saat, maupun sesudah mandi sesuai tips dari pakar.

Baca Selengkapnya
Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi, Biar Nggak Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi, Biar Nggak Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Perubahan hormon ternyata bisa mempengaruhi pergerakan usus yang menyebabkan perut kembung.

Baca Selengkapnya