Tips Merias Mata dengan Cara Lebih Aman untuk Cegah Infeksi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 1 Juli 2021 16:35
Tips Merias Mata dengan Cara Lebih Aman untuk Cegah Infeksi
Jangan sampai riasanmu membahayakan mata.

Dream - Selain bibir, area mata selalu menjadi perhatian ketika berbicara dengan orang lain. Maka dari itu, riasan mata sangat berpengaruh terhadap penampilan.

Terutama, selama pandemi Covid-19 dimana kita harus selalu memakai masker yang menutupi hampir seluruh area wajah kecuali mata.

Meski dapat memikat orang lain, namun kamu harus sangat berhati-hati ketika ingin merias mata. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengaplikasikan eyeshadow, eyeliner, atau maskara seperti dilansir American Academy of Opthalmology berikut ini.

1. Hindari pemakaian kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak ditujukan untuk dipakai di area mata.

2. Cek tanggal kedaluwarsa produk atau gantilah setelah dipakai selama 3 bulan. Jika tetap dipakai, produk tersebut bisa menyebabkan infeksi pada mata.

3. Jangan memakai satu produk riasan mata untuk beberapa orang agar tidak mempermudah perkembangan bakteri penyebab infeksi.

1 dari 2 halaman

Merias Mata© Shutterstock

4. Jangan sembarangan mencoba contoh produk yang tersedia di toko. Jika ingin mencobanya, aplikasikan pada punggung atau pergelangan tangan agar lebih aman.

5. Perhatikan kandungan produk yang dipakai. Terutama, jika menimbulkan infeksi. Hindarilah produk dengan kandungan serupa agar bisa lebih aman ketika merias wajah.

6. Pastikan seluruh wajah benar-benar bersih ketika ingin mengaplikasikan makeup. Begitu juga dengan aplikator yang dipakai.

7. Jangan gunakan benda tajam untuk memisahkan bulu mata. Gunakan spoolie untuk menyisir bulu matamu.

2 dari 2 halaman

8. Bersihkan riasan mata dan seluruh wajah sebelum tidur hingga benar-benar bersih. Gunakan pembersih berbahan dasar minyak agar lebih mudah mengangkat dan menghilangkan sisa riasan.

9. Hindari pemakaian riasan mata setelah operasi dan berkonsultasilah pada dokter untuk mengetahui waktu terbaik merias area sekitar mata.

10. Jangan terlalu sering menjepit bulu mata dengan penjepit yang telah dipanaskan dengan pengering rambut. Ini akan membuat bulu matamu mudah rontok dan berbahaya bagi kulit di sekitar mata.

11. Minimalisir pemakaian bulu mata palsu atau produk yang mengandung glitter. Keduanya bisa berisiko menginfeksi mata. Apalagi, jika tidak diaplikasikan secara hati-hati.

Beri Komentar