Zat yang Ada di Obat Jerawat Ini Bisa Percepat Penuaan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 2 Februari 2020 18:16
Zat yang Ada di Obat Jerawat Ini Bisa Percepat Penuaan
Waspada jika menggunakan obat jerawat.

Dream - Tidak semua wajah bisa cocok dengan berbagai jenis produk yang dijual di pasaran. Kamu perlu memilah produk yang cocok untuk kulitmu.

Terutama ketika sudah mengalami tanda penuaan. Saat wajah telah menunjukkan tanda penuaan, berarti secara tidak sadar kulit telah menipis dan menjadi lebih sensitif.

Oleh karena itu, kamu harus memilih beberapa produk yang bisa berdampak buruk bagi kulit. Salah satu bahan yang tidak dianjurkan untuk dipakai di wajah adalah benzoil peroxide.

" Itu bagus buat jerawat, tapi disarankan hanya ditotol di jerawat. Sebenarnya, nggak apa-apa dipakai. Tapi buat jerawat aja, jangan dibalurin ke seluruh muka," ungkap Arini Astasari Widodo, dokter spesialis Kulit dan Kelamin dalam peluncuran Nature Republic Green Derma Mild Cica Duo di Kita Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu 2 Februari 2020.

 

 

1 dari 5 halaman

Tak boleh dipakai di seluruh wajah

Benzoil peroxide bisa berbahaya dipakai di seluruh wajah. Pasalnya, kandungan radikal bebasnya sangat tinggi.

" Dia cara mengatasi jerawatnya dengan menggunakan radikal bebas. Nah, radikal bebas itu menyebabkan penuaan," ungkap Arini.

Sahabat Dream juga juga perlu menghindari produk kecantikan dengan kandungan yang dapat membuat wajah kering, dan yang bisa memicu iritasi.

Produk yang membuat kulit kering dapat mempercepat proses penuaan. Iritasi membuat kulit mengalami peradangan dan bakal memparah kondisi kulit serta mempercepat.

Jadi sebaiknya, kenali jenis kulitmu dan temukan produk yang cocok serta dapat menutrisi dengan baik. Jangan lupa melembapkan kulit dengan memakai moisturizer dan minum air yang cukup.

2 dari 5 halaman

Onset Acne, Jerawat Bandel yang Kerap Menyerang Wanita di Atas 30 Tahun

Dream - Banyak yang mengira kalau jerawat parah hanya akan terjadi pada remaja di masa pubertas. Faktanya tak selalu demikian. Wanita yang berusia di atas 30 tahun juga kerap mengalami jerawat parah.

© Dream

Fenomena ini disebut adult-onset acne. Masalah kulit di usia matang ini sedang banyak dikeluhkan.

" Nggak cuma orang muda saja yang bisa jerawatan. Ada orang yang baru jerawatan di usia tertentu dan tidak termasuk tanda penuaan. Justru ada fenomena adult-onset acne," ujar Arini Astasari, dokter spesialis kulit dan kelamin, dalam peluncuran Nature Republic Green Derma Mild Cica Duo di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu 2 Februari 2020.

 

 

3 dari 5 halaman

Faktor Internal dan Eksternal

Penyebab adult-onset acne terbagi menjadi dua, yaitu pengaruh internal dan eksternal. Faktor internal itu yang berasal dari dalam tubuh, seperti pengaruh genetik, ketika keluarganya banyak yang berjerawa.

Ketidakseimbangan hormonal juga termasuk faktor internal adult-onset acne. Seperti yang terjadi ketika menjelang haid. Pengaruh internal lainnya adalah penyakit.

" Ada beberapa penyakit tertentu yang bisa menyebabkan seseorang gampang berjerawat," kata Arini.

Nature Republic© Dream

Sedangkan, faktor eksternal atau yang berasal dari luar di antaranya adalah buruknya pola makan dan gaya hidup. Misalnya, konsumsi gula dan olahan susu terlalu banyak, penggunaan kosmetik yang berat, kurang tidur dan stres.

" Sama halnya dengan jerawat yang dialami di usia remaja, kamu bisa mengatasinya menggunakan obat atau menjalani pola hidup sehat," pesan Arini.

Tak lupa untuk merawat kesehatan wajah. Rajin menggunakan face cleanser atau micellar water serta menjaga kelembapan kulit.

 

 

 

4 dari 5 halaman

5 Langkah Mengatasi Masalah Jerawat di Telinga

Dream - Semua orang pasti setuju bahwa jerawat yang tumbuh di dalam lubang atau cuping telinga lebih menyakitkan daripada di wajah. Selain sakit, si bintik merah menjengkelkan itu juga membuat kita merasa mengganggu. Apalagi ditambah rasa gatal karena kulit telinga sangat sensitif.

Jerawat di telinga sebenarnya terjadi karena pembentukan sel kulit mati atau bakteri yang menyumbat pori-pori.

Penyebab jerawat muncul di telinga lainnya bisa karena kebiasaan menggunakan kapas untuk membersihkan telinga.

Earphone© Shutterstock.com 

Memakai ponsel, anting-anting, topi dan helm yang kotor juga jadi penyebab jerawat muncul di telinga. Karena itu, rajin-rajinlah membersihkan telinga serta benda yang sering dipakai dan menyentuh telinga.

Selain itu, ikut langkah-langkah mengatasi jerawat di telinga yang dilansir Dream dari mStar.com berikut ini.

5 dari 5 halaman

Lakukan Sederet Langkah Ini

1. Sediakan air hangat dan kain lembut untuk digosokkan ke telinga. Ini bertujuan untuk membuka pori-pori sehingga mudah dalam menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel di telinga.

Handuk Hangat© Shutterstock.com

2. Jika jerawat sudah pecah, berhati-hati dalam untuk membersihkannya karena cairan dari jerawat dapat menyebabkan masalah menjadi lebih buruk.

3. Gunakan pembersih telinga yang dicelupkan ke dalam air hangat sebelum membersihkan bagian dalam telinga dengan hati-hati.

Pembersih Telinga© Shutterstock.com

4. Alirkan air hangat ke telinga untuk membersihkan kotoran yang tertinggal.

5. Jika jerawat belum pecah, sebaiknya biarkan ia pecah dengan sendirinya dan bersihkan dengan mulai dari langkah kedua.

Beri Komentar