Potret Pantai Malalayang dan Bunaken Usai Ditata, Makin Memesona

Reporter : Shania Suha Marwan
Senin, 16 Januari 2023 14:46
Potret Pantai Malalayang dan Bunaken Usai Ditata, Makin Memesona
Dukung pengembangan Destinasi Super Prioritas (DPSP) Kementerian PURP akhirnya selesaikan Penataan Kawasan Pantai Malalayang dan Ecotourism Village Bunakan.

Dream - Kementerian PURP akhirnya selesai melakukan Penataan Kawasan Pantai Malalayang dan Ecotourism Village Bunaken. Penataan itu merupakan bentuk dukungan terhadap pengembangan Destinasi Super Prioritas (DPSP) Manado-Bitung-Likupang, di Sulawesi Utara. 

Ruang lingkup penataan kawasan Pantai Malalayang termasuk dalam Pedestrian (Public Beach Promenade) sepanjang 1,2 km untuk mempercantik wajah Kota Manado yang menghadap ke pantai. 

Selain itu juga ada Menara Pandang, Bangunan Warung Apung, Panggung Budaya, Warung Minum, Pier Salib, Dermaga Jetski, serta Jalan Penghubung.

1 dari 3 halaman

Sedangkan untuk pengembangan desain landmark terlihat pada Tugu Bobocha dan Pier Salib, yang dilakukan untuk mendukung keindahan tempat berjalan dengan mengadaptasi kearifan lokal dari bentuk ikan raja laut.

© Instagram/Kemenpupr

Area pedestrian yang sebelumya minim pencahayaan, kini tampak cantik dengan penataan cahaya yang kece. 

© Instagram/Kemenpupr

Selanjutnya, untuk penataan Ecotourism Village Bunaken meliputi pembangunan Dermaga baru, Jalan Lingkungan, Gerbang Penanda, Street Furniture, serta Panggung Budaya yang dapat digunakan masyarakat setempat untuk melakukan berbagai kegiatan. 

2 dari 3 halaman

© Instagram/Kemenpupr

Pembangunannya mengusung konsep Ecotourism Village agar nuansa perdesaan tetap terjaga, salah satunya dengan memberdayakan rumah warga setempat menjadi homestay dengan mempertahankan arsitektur khas Minahasa.

© Instagram/Kemenpupr

Pantai Malalayang dan Bunaken artinya membenahi bentang alam dan perdesaan yang masih alami, namun tetap menjaga adat budaya warisan leluhur.

© Instagram/Kemenpupr

Wisatawan yang datang akan memperoleh krsan dan pengalaman berlibur yang lengkap, tak hanya sebatas keindahan alam, tapi juga seni dan budaya khas Minahasa.

 

Sumber: Instagram/Kemenpupr

 

 

 

3 dari 3 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by Kementerian PUPR (@kemenpupr)

Beri Komentar