Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival Resmi Digelar

Reporter : Ratih Wulan
Rabu, 28 September 2016 12:41
Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival Resmi Digelar
Festival ini ini merupakan acara yang terbesar dan pertama kali digelar di Indonesia.

Dream - Berbicara mengenai pariwisata, sudah pasti erat kaitannya dengan belanja dan kuliner. Maka tak heran jika kuliner menyumbang angka yang fantastis untuk Product Domestic Bruto (PDB) negara.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengungkapkan jika selama ini kontribusi kuliner menempati angka 32 persen. Sehingga ia menyambut baik penyelenggaraan Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 2016.

Festival Kuliner & Shopping© Festival Kuliner & Shopping

" Festival shopping dan kuliner ini merupakan acara yang terbesar dan pertama di Indonesia sehingga ini harus go global. Kuliner penyumbang terbesar dari ekonomi kreatif yang artinya lebih dari 320 triliun," ungkap Arief saat membuka acara di Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa, 27 September 2016.

Tak hanya digelar di satu tempat, WICSF digelar serentak di 80 mall yang tersebar di 16 kota dan melibatkan 12 provinsi. Mulai dari pusat perbelanjaan di Medan, Palembang, Pekanbaru, Banten, Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Magelang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Balikpapan, Samarinda hingga Makassar.

Festival Kuliner & Shopping© Dream

Menurut Arief, kuliner nusantara masih harus berjuang dan berusaha keras untuk mengejar ketinggalan dibanding negara-negara lainnya. Berbeda dengan 18 kerajinan asal Indonesia yang telah mendapat pengakuan dari UNESCO baru-baru ini.

" Tantangan di kuliner itu masih harus berjuang, apalagi Jakarta masuk dalam top 20 destinasi yang disenangi wisatawan. Harganya juga paling murah di dunia," imbuhnya melanjutkan.

Apalagi Arief menilai jika kuliner merupakan cara paling ampuh untuk berdiplomasi dengan negara lain. Suatu negara harus mampu menyuguhkan hidangan yang terbaik untuk dapat menembus kerjasama antarnegara.

" Misal mau masuk ke China dan Thailand bisa masuk lewat kuliner," pungkasnya.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More