5 Alasan Push Up Bra Kurang Baik untuk Payudara

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 28 Januari 2020 07:17
5 Alasan Push Up Bra Kurang Baik untuk Payudara
Kamu suka pakai push up bra?

Dream - Push up dan padded bra merupakan pakaian dalam yang menjadi favorit wanita. Meski membuat bentuk dada lebih indah, tapi jenis bra ini memiliki efek samping jika digunakan secara rutin.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut 5 alasan mengapa menggunakan push up dan padded bra kurang baik untuk kesehatan.

 shutterstock© shutterstock.com

1 dari 6 halaman

1. Meningkatkan Potensi Kanker Payudara

Kedua jenis pakaian dalam ini dirancang untuk membentuk payudara dengan menekan jaringan payudara. Ini menyebabkan pembuluh limfatik ikut tertekan.

Pemakaian jenis bra itu secara rutin biasanya meninggalkan bekas kemerahan. Sistem limfatik dan peredaran darah memproduksi nutrisi penting serta menghilangkan toksin.

 Ukuran Payudara Sangat Berpengaruh Aktivitas Fisik Wanita© MEN

Bra tersebut menghambat sirkulasi dan membuat pemakainya kekurangan nutrisi. Toksin yang tidak dihilangkan bisa menyebabkan kanker.

2. Timbulnya Benjolan

Selain kelenjar getah bening, push up bra juga menghambat cairannya. Hal inilah yang bisa menyebabkan timbulnya benjolan serta kista di payudara.

2 dari 6 halaman

3. Perubahan Kadar Melatonin dan Sulit Tidur

Melatonin merupakan hormon yang membuat seseorang tertidur. Dan desain padded bra bisa mengurangi kadar melatonin.

 shutterstock© shutterstock.com

4. Masalah Permanen Pada Jaringan Payudara

Padded bra mengurangi sirkulasi cairan pada jaringan payudara karena menimbulkan tekanan pada dada. Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan jaringan payudara akan terpisah dengan tubuh.

3 dari 6 halaman

5. Merusak Bentuk Payudara

Memakai padded bra akan mengangkat payudara ke atas, melawan gravitasi dan memberi tekanan pada jaringan di bagian bawahnya.

Jika jaringannya terpisah dengan tubuh, payudaramu akan mengendur. Maka dari itu, jenis bra ini hanya bisa memperindah bentuk payudara sesaat.

 shutterstock© shutterstock.com

4 dari 6 halaman

Tips Menjaga Bra Tahan Lama

Dream - Terdapat perbedaan jangka waktu, kapan wanita harus mencuci bra. Ada yang menggantinya setiap hari dan ada juga yang tidak.

Dilansir dari Times of India, 40 persen wanita yang berhasil diwawancara memakai bra tiga kali sebelum dicuci.

Sebanyak 40 persen wanita memakai bra dua kali sebelum dicuci. Dan 20 persen lainnya memakainya hanya sekali sebelum dicuci.

  shutterstock© shutterstock.com

Menurut pakar, wanita tidak seharusnya memakai 2 atau 3 kali sebelum dicuci. Tidak hanya untuk menjaga kebersihan, tapi juga membuat kualitas bra lebih tahan lama.

5 dari 6 halaman

Ciri Bra Berkualitas

Bra yang berkualitas akan menjaga postur tubuh ketika memakai berbagai jenis pakaian. Ketika memakai bra selama 12-14 jam sehari, bahannya tidak hanya menyerap keringat, tapi juga elastisitasnya berkurang.

  shutterstock© shutterstock.com

Jadi, jagalah kualitas bra. Apalagi, jika kamu merogoh kocek cukup dalam ketika membelinya.

6 dari 6 halaman

Cara Mencuci Bra

Mencucinya terlalu sering juga akan merusak bahan dan elastisitasnya. Sebaiknya, cuci bra setelah digunakan 2 kali.

Agar bisa menjaga kualitas, miliki setidaknya 4 bra. Jadi, ketika memakainya selama setahun, bra tidak akan dipakai lebih dari 90 kali.

  shutterstock© shutterstock.com

Jika bra yang dipakai memiliki kawat, jangan mencucinya dengan mesin. Cukup rendam selama 20 menit dan cuci selama 4-5 menit.

Setelah dicuci, lipat cupnya dan taruh di dalam lemari atau tempat khusus. Kamu bisa menyimpannya di sela-sela pakaian berbahan lembut ketika ingin traveling.

Beri Komentar