Cara Alami Memutihkan Gigi Dengan Cepat dan Permanen

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Senin, 30 Oktober 2000 23:59
Cara Alami Memutihkan Gigi Dengan Cepat dan Permanen
Ingin segera memiliki gigi yang putih, bersih dan sehat alami? Ikuti cara alami memutihkan gigi dibawah ini, dan dapatkan kembali gigi putih alami yang Kamu impikan.

Dream- Gigi yang putih dan sehat, akan sangat membawa banyak sekali manfaat bagi diri Kamu. Kamu akan lebih mudah bergaul, mendapatkan banyak teman, lebih percaya diri dan tentunya manfaat kesehatan bagi diri Kamu sendiri.

Akan tetapi, untuk mewujudkannya tidak semudah membalikan telapak tangan. Kamu tidak hanya harus memiliki kebiasaan membersihkan gigi dan mulut, tapi juga harus memiliki pola hidup yang sehat. Ada berbagai cara memutihkan gigi, salah satunya dengan menggunakan produk-produk pemutih gigi yang dijual bebas di pasaran. Beberapa diantaranya seperti pasta gigi, gel, strip, alat penyinar dan lain sebagainya.

Namun, sebagian produk pemutih gigi mengandung zat kimia, seperti peroksida dan zat asam. Zat tersebut berpotensi menimbulkan gangguan pada kondisi mulut dan gigi tertentu. Akan tetapi Kamu tidak perlu khawatir, Karena ada cara lain yang bisa secara alami memutihkan, sekaligus menyehatkan gigi dan mulut Kamu. Cara alami memutihkan gigi ini bisa dengan mudah dan cepat Kamu praktekan di rumah.

1 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Memilih cara alami akan membantumu terhindar dari masalah-masalah kesehatan atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Cara memutihkan gigi secara alami di bawah ini, menggunakan beberapa bahan dan metode yang mudah untuk Kamu dapatkan dan praktekan di rumah.

Berikut adalah beberapa cara alami memutihakan gigi, beserta langkah-langkahnya.

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Catat! Jangan Sampai Lupa 'Rumus' Gigi Sehat© MEN

Cara memutihkan gigi secara alami yang pertama dan utama adalah rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari setelah makan untuk mencegah menempelnya noda dan menghilangkan plak pada gigi.

Lengkapi dengan membersihkan sisa-sisa makanan dengan benang gigi (dental floss) dan obat kumur setiap hari. Perlu diingat untuk tidak menyikat gigi segera setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam, sebab hal tersebut dapat melemahkan dan menghilangkan enamel atau email gigi.

Menjaga Asupan Makanan

Ilustrasi makanan halal© Ilustrasi makanan halal (Foto: Shutterstock)

Jika Kamu ingin memiliki gigi yang putih dan sehat, cobalah untuk mengurangi makananan dan minuman yang tinggi gula. Pasalnya makanan dan minuman manis dapat memicu pertumbuhan bakteri streptococcus mutans, yaitu bakteri penyebab plak dan penyakit gusi.

Perbanyaklah makan buah dan sayuran segar, karena keduanya dapat meningkatkan produksi air liur dan membantu menghilangkan gula beserta zat-zat lain yang dapat merusak gigi. Cara memutihkan gigi secara alami ini cukup efektif terutama untuk mencegah kekuningan pada gigi.

Baking Soda

Baking Soda© MEN

Cara alami memutihkan gigi yang cukup populer adalah dengan menggunakan backing soda. Kamu bisa dengan mudah menggunakan baking soda sebagai salah satu cara memutihkan gigi secara alami di rumah.

Baking soda dapat membantu membersihkan noda pada permukaan gigi sekaligus mencegah perkembangan bakteri di mulut. Untuk melakukannya, Kamu bisa membuat pasta baking soda. Berikut adalah cara alami memutihkan gigi dengan pasta baking soda:

  • Campurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air.
  • Lalu gunakan sebagai odol dan sikat gigi seperti biasa.
  • Kumur-kumur dan bilas sampai bersih.

Lakukan cara memutihkan gigi secara alami ini beberapa kali dalam seminggu. Kamu juga bisa menjadikan baking soda sebagai obat kumur.

Membatasi Minum Teh, Kopi dan Soda

Makanan Halal khas Medan© https://www.indonesia.travel/gb/en/trip-ideas/10-tasty-halal-food-you-must-find-in-medan

Cara memutihkan gigi secara alami yang satu ini, nampaknya memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Namun, penting bagi kita untuk membatasi minuman yang dapat meninggalkan noda di gigi, seperti teh, kopi, dan soda ini.

Apalagi lapisan terluar gigi yaitu enamel, secara alami akan menipis seiring dengan bertambahnya usia. Lapisan enamel yang memberikan warna putih pada gigi akan hilang dan menyisakan lapisan dentin akan tampak lebih kuning.

Berhenti Merokok

Merokok© MEN

Cara memutihkan gigi secara alami yang terakhir adalah dengan berhenti merokok. Tembakau pada rokok merupakan salah satu penyebab noda pada gigi yang sulit dibersihkan.

Semakin lama seseorang merokok, maka noda tembakau akan masuk semakin dalam, sehingga dapat menyebabkan radang gusi, bau mulut, hingga kanker.

2 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi Alami dan Permanen

Permasalahan gigi kuning memang terkadang sangat mengesalkan. Setelah susah payah berhasil memutihkannya, gigi kembali menguning hanya karena sedikit kesalahan atau kelalaian yang tidak disengaja.

Apabila Kamu sering sekali mengalaminya, itu berarti Kamu harus mencoba beberapa cara memutihkan gigi alami dan permanen di bawah ini.

Kunyit

kunyit© free

Cara alami memutihkan gigi secara permanen yang pertama adalah dengan kunyit. Kunyit secara alami mengandung anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang membuatnya menjadi pilihan yang cocok sebagai cara memutihkan gigi alami dan permanen ini.

Berikut cara alami memutihkan gigi dengan menggunakan kunyit:

  • Taburkan 1/8 sendok teh bubuk kunyit pada sikat gigi dan gosokkan pada gigi seperti biasa.
  • Diamkan selama 2-3 menit dan kemudian bilas mulut sampai bersih.
  • Kemudian kembali menyikat dengan pasta gigi biasa.

Penggunaan serbuk kunyit satu kali saja dapat memberikan hasil instan. Kamu bisa mengulangi setelah beberapa hari jika diperlukan.

Kulit Jeruk

Khasiat Kulit Jeruk Cerahkan Kulit© MEN

Cara alami memutihkan gigi berikutnya dengan kulit jeruk. Metode ini dipercaya dapat memutihkan gigi dengan cepat dan bekerja sebagai antimikroba. Caranya cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan kulit jeruk segar.
  • Gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada seluruh bagian gigi selama 2 menit.
  • Diamkan selama beberapa saat.
  • Gosok gigi seperti biasa secara perlahan untuk membersihkannya.

Yang perlu Kamu perhatikan jika menggunakan cara ini adalah mengenai sensitivitas mulut dan gigi Kamu terhadap kulit jeruk itu sendiri. Jangan lanjutkan cara alami memutihkan gigi ini apabila menimbulkan efek samping pada mulut Kamu.

Kulit Pisang

Ternyata Kulit Pisang Bermanfaat untuk Kurangi Keriput© MEN

Pisang adalah salah satu buah yang sangat mudah Kamu temukan. Selain memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan, kulitnya juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi alami dan permanen.

Hampir sama seperti kulit jeruk, berikut cara alami memutihkan gigi menggunakan kulit pisang:

  • Gosokkan selembar kulit pisang pada seluruh bagian gigi.
  • Diamkan selama beberapa saat agar kulit pisang bekerja memutihkan gigi secara alami.
  • Gosok gigi seperti biasa secara perlahan sampai bersih.

Anda bisa melakukan cara alami memutihkan gigi ini setiap hari selama 1-2 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Daun Neem

daun neem© free

Cara alami memutihkan gigi lainnya adalah dengan daun neem. Memanfaatkan daun neem secara teratur akan menyehatkan gusi dan menghilangkan noda pada gigi. Berikut cara memutihkan gigi alami dan permanen dengan menggunakan daun neem:

  • Rebus 4 hingga 5 daun mimba dalam 1 ½ gelas air selama beberapa menit. Jangan sampai air terlalu panas.
  • Saring larutan dan biarkan mendingin.
  • Berkumurlah dengan air ini sebelum atau sesudah menyikat gigi.

Minyak Kelapa

Khasiat tersembunyi Minyak Kelapa untuk Kecantikan© MEN

Cara memutihkan gigi alami dan permanen yang terakhir adalah dengan minyak kelapa. Dengan mengoleskan minyak kelapa pada gigi, ternyata mampu membersihkan gigi kuning secara alami. Kandungan asam laurat di dalam minyak kelapa mampu melawan bakteri dalam mulut yang menjadi penyebab kerusakan gigi, bau mulut dan penyakit gusi.

Cara alami memutihkan gigi dengan minyak kelapa adalah sebagai berikut:

  • Gosok gigi menggunakan sedikit minyak kelapa selama 15-20 menit.
  • Anda juga dapat mengoleskan minyak kelapa menggunakan jari pada gigi.
  • Diamkan beberapa saat.
  • Bilas dengan air hingga bersih.
  • Gosok gigi seperti biasa.
3 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

Semua tahap dan proses pemutihan gigi memerlukan waktu tertentu untuk dapat melihat hasil atau khasiatnya. Kuncinya adalah jangan mudah menyerah dan bersabarlah untuk hasil yang maksimal dan permanen.

Namun, apabila Kamu sedang dalam situasi berbeda, dimana sesegera mungkin Kamu harus memiliki gigi yang putih,bersih dan sehat, maka kemungkinan Kamu bisa coba beberapa cara di bawah ini.

 

 Arang Aktif

arang© free

Cara alami memutihkan gigi dengan cepat salah satunya adalah dengan karbon aktif atau arang aktif. Arang mampu menyerap plak dan zat-zat pewarna pada gigi dan membuat gigi lebih bersih dan cerah.

Berikut cara memutihkan gigi secara alami dan cepat dengan menggunakan arang:

  • Basahi sikat gigi dan taburi dengan serbuk arang.
  • Sikatkan pada gigi selama 2 menit.
  • Bilas dengan air hingga bersih.
  • Sikat gigi seperti biasa.

Lemon dan Baking Soda

lemon soda© free

Lemon adalah buah yang memiliki asam sitrat tinggi. Bahan inilah yang dipercaya dapat menjadi salah satu cara alami memutihkan gigi. Sementara baking soda bersifat abrasif dan dapat membantu menghilangkan noda di permukaan gigi.

Meski baking soda bersifat abrasif dan sangat basa, hal ini dipercaya dapat membantu menetralkan keasaman pada lemon. Berikut cara memutihkan gigi secara alami dan cepat dengan menggunakan lemon dan baking soda:

  • Campurkan satu sendok teh air lemon dan satu sendok teh baking soda.
  • Aduk hingga menjadi pasta.
  • Oleskan atau gosok menggunakan sikat gigi.
  • Biarkan selama 2-3 menit dan kemudian bilas mulut dengan air hingga bersih.
  • Kamu bisa menggunakan cara ini selama dua kali seminggu dan kemudian gunakan sekali dalam 7-10 hari.

Garam dan Lemon

lemon salt© free

Seperti yang sudah Kamu ketahui, menggunakan air lemon adalah cara alami memutihkan gigi. Sementara fungsi garam disini bekerja sebagai exfoliant yang lembut. Kedua bahan ini dapat mengurangi noda yang telah menumpuk di gigi.

Cara memutihkan gigi secara alami dan cepat, dengan menggunakan garam dan lemon adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 2 sendok teh air lemon dengan 1 sendok teh garam.
  • Aduk hingga merata hingga menjadi pasta.
  • Taruh campuran ini pada sikat, dan gosokkan pada gigi seperti biasa.

Lakukan cara di atas sebanyak dua kali seminggu saja.

 Cuka Sari Apel

cuka apel© free

Asam asetat adalah bahan aktif utama dalam cuka sari apel, yang efektif membunuh bakteri. Sifat antibakteri ini bermanfaat membersihkan mulut dan memutihkan gigi.
Cara alami memutihkan gigi dengan cuka sari apel adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 1/2 sendok teh cuka sari apel dengan secangkir ke air.
  • Aduk hingga merata.
  • Berkumurlah dengan campuran ini.
  • Menyikat gigi seperti biasa.

Lakukan tips ini 2-3 kali dalam seminggu di pagi hari.

Daun Jambu Biji

jambu© free

Cara memutihkan gigi secara alami dan cepat yang terakhir adalah dengan daun jambu biji. Kandungan daun jambu biji dapat mengatasi berbagai masalah gigi seperti plak, infeksi, dan pembengkakan gusi. Cara alami memutihkan gigi dengan daun jambu biji ini adalah sebagai berikut:

  • Tumbuk 2 helai daun jambu biji.
  • Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta.
  • Gosok pasta ini pada gigi dan biarkan selama satu atau dua menit.
  • Bilas mulut dan gosok gigi seperti biasa hingga bersih.

Lakukan cara alami memutihkan gigi ini setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

(David/Sumber: Merdeka, Liputan6 dan berbagai sumber lainnya)

Beri Komentar