Poni Tetap 'Cetar' Saat Bangun Tidur, Ini Caranya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 19 Juli 2021 09:45
Poni Tetap 'Cetar' Saat Bangun Tidur, Ini Caranya
Pastikan ponimu mudah diatur di pagi hari.

Dream - Rambut berponi jadi pilihan banyak kaum hawa karena membuat wajah tampak lebih muda. Beberapa wanita bahkan memilih untuk memotong poni sendiri karena bisa disesuaikan dengan keinginan.

Jika poni yang dibuat cukup rapi, penampilanmu akan terlihat lebih segar. Sayangnya, rambut berponi bisa terlihat sangat berantakan dan sulit diatur saat bangun tidur.

Mau tidak mau kamu harus keramas atau membasahi poni setiap pagi untuk memperbaiki rambut yang berantakan.

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa melakukan tutorial yang dilansir dari Makeup.com berikut ini untuk mencegah poni berantakan saat bangun tidur.

1 dari 5 halaman

Menyisir Poni© Shutterstock

Langkah 1: Sisir rambutmu untuk menghilangkan sisa kotoran dari paparan produk atau hal lainnya sepanjang hari.

Langkah 2: Gunakan dry shampoo untuk menghilangkan minyak berlebih pada rambut. Pusatkan pengaplikasiannya di kulit kepala dan sedikit di batang rambut.

Langkah 3: Pakai roll rambut dan pastikan rambutmu tidak akan bergeser sepanjang malam. Kamu bisa menggunakan jepit rambut atau bobby pin untuk menjaga rambutmu agar tidak bergeser saat tidur.

Jika memiliki side bangs, kamu hanya perlu menjepitnya ke samping menggunakan jepitan. Ini akan memastikan poni tetap terjaga saat bangun di pagi hari.

2 dari 5 halaman

Rambut Berponi© Shutterstock

Setelah melakukan tutorial di atas, tata kembali rambutmu dengan dua langkah berikut ini.

Langkah 1: Lepaskan roll rambut dan jepitan. Lalu, sisir rambut dan ponimu.

Langkah 2: Rapikan bentuk poni dengan jari untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan. Namun jika bentuknya aneh saat bangun tidur, basahi poni dengan menyemprotkan sedikit air.

Lalu, keringkan rambut dengan hair dryer sambil ditata menggunakan sisir. Semprotkan hairspray untuk menjaga bentuk ponimu tetap terjaga.

3 dari 5 halaman

4 Penyebab Tumbuhnya Rambut di Sekitar Payudara

Dream - Folikel rambut tidak hanya ada di kepala, tangan, ketiak, kemaluan, dan kaki. Bagian tubuh lainnya juga memiliki folikel rambut.

Maka dari itu, kamu tidak perlu kaget jika rambut bisa tumbuh di bagian tubuh yang tidak terduga seperti payudara. Hal ini pun tidak selamanya berbahaya.

Tumbuhnya rambut di payudara bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari pengaruh hormonal hingga masalah kesehatan tertentu. Dilansir Sehatq.com, berikut berbagai penyebab tumbuhnya rambut di sekitar payudara.

Perubahan hormon

Perubahan hormon yang terjadi saat hamil atau menopause bisa menyebabkan tumbuhnya rambut di sekitar payudara. Namun, hal tersebut juga bisa terjadi saat memasuki masa pubertas.

4 dari 5 halaman

Produksi hormon testosteron berlebih

Salah satu tanda produksi hormon testosteron berlebih pada wanita adalah tumbuhnya rambut pada payudara.

Tanda yang bisa dialami lainnya adalah kulit berminyak, rentan berjerawat, siklus haid terhenti, meningkatnya massa otot, dan kebotakan berpola. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi hal ini jika terus mengalaminya dalam waktu cukup lama.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Mengonsumsi Obat© Shutterstock

Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan tumbuhnya rambut di sekitar payudara. Obat-obat yang dimaksud adalah seperti testosteron, glukokortikosteroid, dan beberapa jenis obat imunoterapi.

5 dari 5 halaman

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Tumbuhnya rambut di sekitar payudara bisa menjadi pertanda kamu mengidap PCOS. PCOS sendiri disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon wanita.

Sindrom Cushing

Selain PCOS, sindrom Cushing juga menjadi salah satu kondisi kesehatan yang ditandai dengan siklus haid tidak teratur dan tumbuh rambut di sekitar payudara.

Sindrom ini sendiri merupakan kondisi yang terjadi ketika produksi hormon kortisol berlebih dan bisa diakibatkan oleh konsumsi obat glukokortikosteroid berlebihan atau ada tumor di paru, otak, atau kelenjar adrenal.

Beri Komentar