Mewarnai Rambut di Rumah, Kenapa Tidak?

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 10 Juni 2019 16:15
Mewarnai Rambut di Rumah, Kenapa Tidak?
Cara mewarnai rambut di rumah yang telah Dream.co.id rangkum dari berbagai sumber.

Dream – Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Berbagai gaya dan warna rambut dipilih untuk menunjang penampilan. Warna rambut pun telah menjadi tren sejak era 2000an.

Banyak salon kecantikan memberikan jasa pewarnaan rambut sesuai keinginan konsumen. Pilihan warna dan jenis kandungan bahannya pun beragam.

Kekuatan warnanya pun beragam, ada yang mampu bertahan bertahun-tahun, ada pula yang hanya dalam hitungan bulan. Sekitar dua hingga tiga tahun lalu sudah ada perwarna rambut yang dapat dihilangkan dengan mudah, yaitu dengan mencuci rambut.

Untuk dapat memiliki rambut yang berwarna sesuai dengan keinginan, kita bisa datang langsung ke salon kecantikan. Namun, saat ini mewarnai rambut bisa dilakukan dengan mudah. Mungkin banyak di antara kita yang mewarnai rambut sendiri di rumah.

Sahabat Dream tidak perlu khawatir dengan hasilnya. Dengan teknik dan cara yang benar, Sahabat Dream bisa menghasilkan warna yang tidak kalah bagus dengan polesan salon kecantikan.

Dream telah merangkum cara-cara dan tiip mewarnai rambut di rumah. Berikut adalah cara-cara dan tip mewarnai rambut di rumah:

1 dari 3 halaman

Siapkan Perlengkapan

 Hair Colouring

Hal-hal yang perlu disiapkan adalah:

a. Pewarna Rambut

Pilih pewarna rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala. Pemilihan pewarna rambut yang tepat dapat mencegah iritasi dan ketidaksesuaian warna yang kita inginkan.

b. Mangkok Wadah Cat

Sangat tidak dianjurkan bagi kalian yang ingin mewarnai rambut di rumah menggunakan wadah yang berbahan logam. Sahabat Dream dapat menggunakan wadah yang berbahan plastik agar tidak ada reaksi kimia yang terjadi.

c. Sikat atau Brush

Untuk memudahkan Sahabat Dream dalam mewarnai rambut, kalian dapat menggunakan brush atau sikat untuk mengaplikasikan cat warna ke rambut kita.

d. Sarung Tangan

Sarung tangan sangat diperlukan oleh kalian yang ingin mewarnai rambut di rumah. Sarung tangan ini sangat membantu Sahabat Dream agar tangan tetap bersih dan mengurangi resiko terkena cat perwarna rambut ditangan.

e. Alas Tubuh atau Kain Penutup Tubuh

Selain sarung tangan, kain penutup tubuh sangat diperlukan dalam mewarnai rambut di rumah. Kain tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan baju yang sedang kita gunakan dari risiko terkena cat warna rambut.

f. Handuk atau Penutup Kepala

Penutup kepala digunakan setelah rambut selesai diwarnai. Setelah selesai diwarnai, rambut akan didiamkan selama beberap menit agar warna yang diberikan dapat masuk ke dalam rambut kita. Menggunakan penutup kepala ini agar kita tidak perlu khawatir cat yang ada di rambut akan menempel kemana-mana.

g. Sampo dan Conditioner

Sebelum melakukan pewarnaan rambut, sangat dianjurkan mencuci rambut 1-2 hari sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk kandungan warna yang terdapat di pewarna rambut dapat terserap sempurna di rambut kita.

Selain itu, mencuci rambut bisa membuat warna yang terserap di dalam rambut dapat bertahan lama.

Tip dari Dream, jangan menggunakan conditioner terbelebih dahulu sebelum melakukan pewarnaan rambut agar rambut yang telah diwarnai memiliki hasil yang maksimal.

2 dari 3 halaman

Langkah-Langkah Mewarnai Rambut

a. Alas

Dalam proses pewarnaan rambut, sangat wajar bila kaos yang kita pakai terkena cat rambut kita. Untuk meminimalisirnya, Sahabat Dream dapat menggunakan alas tubuh untuk melindungi tubuh kita dari noda cat warna.

b. Sisirlah rambut hingga tidak kusut

Untuk mempermudah mengaplikasikan cat warna, rambut haruslah sudah lurus dan rapi. Rambut yang kusut dapat memperlambat proses pewarnaan rambut dan dapat menghasilkan warna yang kurang maksimal.

c. Siapkan pewarna rambut yang diinginkan

Disetiap kemasan pewarna rambut, terdapat instruksi cara mencampur dan menyiapkan pewarna rambut. Tuangkan pewarna rambut tersebut ke dalam wadah yang telah dipersiapkan sebelumnya. Harus dipastikan pewarna rambut tercampur dengan rata dan memiliki tekstur yang halus.

 Hair Colouring


d. Gunakan sarung tangan

Setelah membuat campuran pewarna rambut, Sahabat Dream sudah bisa memulai pewarnai rambut sendiri di rumah. Untuk menjaga kebersihan tangan, sangat dianjurkan untuk memakai sarung tangan di kedua tangan.

3 dari 3 halaman

e. Belah rambut menjadi beberapa bagian

Untuk mempermudah, bagilah rambut kalian menjadi beberapa bagian. Setiap bagian dianjurkan jangan terlalu tebal agar menghasilkan warna yang maksimal.

f. Warnai Rambut

Ambil bagian yang paling belakang terlebih dahulu untuk dilakukan pengecatan. Proses pewarnaan rambut dapat dilakukan dari paling belakang menuju ke rambut yang paling depan.

Pengaplikasian warna rambut tersebut dapat menggunakan brush atau sikat yang telah disiapkan sebelumnya. Tip agar warna terlihat rata adalah mewarnai ujung rambut dan bagian terluar dari rambut.

 Hair Colouring


g. Diamkan rambut selama 20-30 menit

Setelah selesai melakukan tahapan mewarnai rambut, tutup kepala kalian dengan penutup kepala atau handuk. Diamkan selama 20-30 menit agar warna dapat menyerap dengan maksimal.

h. Bilas rambut yang telah diwarnai

Setelah didiamkan selama 20-30 menit, bilas rambut kalian dengan shampoo dan juga conditioner. Harus dipastikan rambut dibilas dengan bersih ya Sahabat Dream, agar cat warna tidak mengendap di kulit kepala.

(Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya