Tahap demi Tahap Skincare Simple Agar Wajah Makin Glowing

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 22 Juli 2021 11:12
Tahap demi Tahap Skincare Simple Agar Wajah Makin Glowing
Kuncinya, kamu harus lakukan tiap hari.

Dream – Bagi wanita, skincare routine merupakan investasi masa tua untuk segi kesehatan maupun kecantikan kulit. Namun, karena tahapannya memerlukan banyak waktu dan produk, tidak sedikit yang berhenti melakukan perawatan rutin kulit wajah baik pagi maupun malam.

Namun jangan sampai kebiasaan itu turut kamu ikuti, ya, Sahabat Dream. Buat kamu yang masuk golongan malas merawat kulit tapi tetap ingin tampil glowing, ada lho cara sederhana dan pastinya tak memakan waktu kamu.

Melansir Realsimple.com, ada enam langkah skincare minimalis setiap hari yang bisa kamu sontek.

Ingat, agar kulit tetap terjaga kesehatan, kesegaran, serta kecantikannya kamu butuh konsistensi dalam merawatnya. Sebab, tak ada yang instan untuk dapat hasil maksimal.

Selamat mencoba, ya!

1 dari 5 halaman

Gunakan Gentle Cleanser

Langkah pertama, gunakan pembersih wajah gentle karena kulit wajah membutuhkan lebih banyak perlindungan. Di antara anggota tubuh lain, kulit wajah adalah bagian yang paling sering terpapar sinar matarahari hingga polusi.

Kulit wajah harus dibersihkan setiap hari dan waktu yang tepat untuk membersihkannya adalah saat bangun dan sebelum tidur.

“ Cucillah wajah kamu sebelum tidur. Mencuci wajah membantu menghilangkan kotoran dan memperbaiki generasi kulit," ungkap Dr. Heather Rogers, seorang dermatologist

Rogers yang merupakan pendiri dermatologi modern ini mengatakan kebiasaan mencuci wajah setiap hari akan mempermudah kamu untuk melakukan tahapan selanjutnya.

2 dari 5 halaman

Selalu gunakan sunscreen

Sinar UV dari paparan sinaran matahari ke wajahmu akan mempercepat proses penuaan dini. Sunscreen adalah salah satu perlindungan yang dibutuhkan saat situasi seperti ini.

Terapis kulit di Heyday, Alex Serron mengungkapkan matahari menyumbang 90 persen dari faktor penyebab penuaan dini. Untuk mencegahnya, Alex menyarankan menggunakan sunscreen secara rutin.

Kamu bisa memilih sunscreen yang mengandung SPF 30 atau SPF 50. Gunakan setiap saat. Walaupun kamu berasa di dalam ruangan, sinar UVA juga masih bisa menembus melalui jendela, lho!

Sunscreen yang mengandung zinc oxide mampu memantulkan sinar matahari dan menjaga kulit dari kerusakan.

3 dari 5 halaman

Gunakan moisturizer dua kali sehari

Agar tetap kenyal dan awet muda, kulit wajah juga membutuhkan mousturizer atau pelembap. Oleskan pelembap dua kali sehari, di pagi dan malam hari pada kulit.

" Skincare routine ini membantu membersihkan kulit, membantu generasi kulit yang akan melindungi kulit wajahmu dari dehidrasi,” ujar Alex.

Ilustrasi© Shutterstock

Exfoliasi

Untuk membersihkan sisa kotoran terdalam pada kulit wajah, kulit membutuhkan ekfoliasi karena berguna mengangkat sel kulit mati yang dapat menyebabkan iritasi, kusam dan berjerawat.

Meski sangat berguna, ekfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari. Usahakan hanya menggunakannya 1-2 kali dalam seminggu.

" Setelah melakukan skincare routine, saya menyarakan untuk ekfoliasi kulit beberapa kali seminggu. Untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit tampak lebih sehat dan halus," kata dokter Shereene Idriss.

Produk exfoliasi yang memiliki tekstur scrub karena ampuh mengangkat sel-sel kulit mati, mempercerah, dan membuat kulit tampak glowing membahana.

4 dari 5 halaman

Gunakan produk anti aging

Untuk mengoptimalkan langkah perawatan rutin kulit yang sudah kamu lakukan tadi, kini waktunya menggunakan produk anti-aging yang dapat memperlambat penuaan kulit wajah.

Dokter Idriss mengatakan retinol (retinoid yang dijual bebas) adalah bahan untuk mempercepat produksi kolagen pada kulit wajah.

" Retinol telah terbukti secara ilmiah dapat meratakan tekstur, garis halus, kerutan, dan bahkan ukuran pori," lanjut Idriss.

Rekomendasi produk retinol yang mengandung complex serum karena cukup menutrisi kulit wajah.

5 dari 5 halaman

Jangan terlalu dipikirkan

Ilustrasi© Shutterstock

Langkah terakhir ini tidak perlu menggunakan produk. Mulailah menjadikan perawatan rutin kulit sebagai sebuah kebiasaan. Jangan menganggapnya sebagai beban agar tidak membuatmu stres.

Dokter Rogers menyarankan untuk memulai hal kecil terlebih dahulu, seperti menemukan produk pencuci muka yang cocok dan gunakan setiap malam. Jika sudah merasa nyaman, kamu akan bisa melangkap ke tahap selanjutnya.

Nah, itu dia step skincare minimalis yang harus kamu lakukan setiap hari. Dijamin deh, bakal bikin kulit wajahmu lebih sehat dan glowing.

(Sah, Laporan: Delfina Rahmadhani)

Beri Komentar